Waktu Paling Tepat Service Shockbreaker Serta Tips Pemasangannya

Waktu Paling Tepat Service Shockbreaker Serta Tips Pemasangannya - MekanikmitsubishiWaktu Paling Tepat Service Shockbreaker Serta Cara Mudah Mengganti Shockbreaker

Mekanikmitsubishi.com – Shockbreaker merupakan komponen yang sering mengalami keausan dan kebocoran serta beberpa kerusakan lain saat kita membebani kendaraan mobil/motor dengan muatan berlebihan atau cukup ekstrim, dengan berboncengan banyak orang atau dengan membawa banyak barang melebihi kapasitan muatan maksimalnya.

Baca juga : Bocoran kelebihan dan kekurangan monoshock dan dualshock.

Faktor penyebabnya dari ban yang bergelombang juga dikarenakan adanya tekanan angin, stelan spooring yang tidak pas dan kualitas ban yang tidak bagus. Ban yang bergelombang karena shockbreaker ini biasanya karena keadaanya yang kurang prima.

Apabila keadaan shockbreaker pada mobil/motor mengalami gejala kerusakan atau tidak normal dari sisi mekanisme atau sisi part shockbreaker akan membuat tidak nyaman saat berkendara. Langkah untuk service shockbreaker juga tidak rumit tapi dengan peralatan yang lengkap.

Berikut ini waktu paling tepat service shockbreaker dan cara mudah mengganti shockbreaker :

Baca juga : Penyebab shockbreaker mudah bocor yang jarang diketahui.

Shockbreaker Diganti Jika Tidak Empuk Lagi Atau Ada Kebocoran

Biasanya saat melakukan service shockbreaker semua masalah akan segera diperiksa dan diselesaikan oleh mekanik. Untuk mengganti oli shockbreaker dilakukan jika sudah tidak empuk atau sudah ada kebocoran pada seal karena digunakan untuk jumping atau pemakaian yang tidak semestinya.

Cara Mudah Mengganti Shockbreaker Pada Kendaraan Bermotor

Saat service shockbreaker dan menganti oli mesin posisikan motor menggunakan standar tengah buka & copot ban depan, lepas bagian spakboard untuk mempermudah pergantian dan memasukan shockbreakernya. Gunakan kunci untuk mengendurkan baut L pada ujung bawah shockbreaker. Buka baut L yang sudah dikendorkan, tarik as shockbreaker atas sampai terlepas.

Bersihkan dengan menggunakan kain lap yang halus, periksa bagian seal masih bagus atau sudah rusak. Pasang kembali as kebagian bawah, masukan oli melewati baut L dan usahakan sesuai dengan volume oli untuk motor tersebut. Pasang kembali shockbreaker pada motor dengan benar. Tidak harus melakukan service shockbreaker jika hanya ingin membersihkannya saja.

Volume Oli Shockbreaker yang Baik

  • Grand 52 ml
  • Supra X/FIT 64 ml
  • Karisma 68 ml
  • New Tiger 135 ml
  • GL pro/max 157 ml
  • Mega Pro 159 ml
  • New Mega Pro 163 ml
  • Vega 61 ml
  • Vixion 230 ml
  • Scorpio Spoke 252 ml
  • Shogun 125/ F1 / Smash 51 ml
  • Thunder 250 250 ml
  • Blitz 52,7 ml
  • Ninja 250 310 ml
  • Pulsar 200 165 ml

Penyebab Kerusakan Shockbreaker

Kerusakan shockbreaker biasanya disebabkan terlalu sering melewati jalanan yang rusak, jalan berbatu dan jalan bergelombang. Rusaknya shockbeker juga biasanya karena seal yang sering kotor pada shockbreaker dan jarang dibersihkan dalam jangka waktu yang lama.

Debu dan kotoran yang mengering tersebut dapat menggores komponen seal pada shockbreaker saat sistem suspensi bekerja. Bocornya seal ini dapat menyebabkan oli shock keluar dan merusak schokbreaker oleh karena itu perlu dilakukan service shockbreaker.

Tanda Shockbreaker Rusak dan Harus Dilakukan Service Shockbreaker

  • Motor sering melewati jalanan tidak rata dan menghantam lubang
  • Motor terasa lebih keras saat digunakan
  • Adanya rembesan oli yang menetes
  • Tidak nyaman dipakai

Cara memperbaiki shockbreaker yang rusak dengan beberapa teknik yang dapat dilakukan. Bawa kendaraan pada ahli reparasi atau service shockbreaker. Shockbreaker yang rusak biasanya akan direkomendasikan untuk diganti yang baru karena jika dilakukan perbaikan biasanya hanya bersifat sementara saja dan hasil yang didapat tidak maksimal terkecuali masalah pada shockbreaker hanya sepele.

Biaya Ganti Shockbreaker

Mengganti shockbreaker dengan yang baru merupakan solusi paling baik jika kerusakan sudah parah, harga dari shockbreaker juga tidak mahal. Sepasang as shockbreaker dan sealnya biasanya Rp. 200.000 dan jika Anda melakukan service shocbreaker biasanya akan dibanderol dengan harga sampai dengan Rp. 50 .000 tergantung dari kerusakan tersebut.

Hasil dari service shockbreaker yang tidak diganti dengan part yang baru namum menggunakan part bekas tidak akan mendapatkan performa yang bagus. Untuk mengganti shockbreaker sebaiknya gunakan yang benar-benar baru dan berkualitas, usahakan penggunkaan part disesuaikan dengan karakter motor.

Demikian artikel ini yang menjelaskan mengenai beberapa penyebab shockbreaker rusak, dan waktu paling tepat service serta tisp pergantiannya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

Penyebab suspensi terdapat bunyi benturan dan tips mengatasinya.

Tanda-tanda shockbreaker mengalami kerusakan dan perlu penanganan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *