Wajib Tahu!! Kenali Penyebab Lampu Mobil Berembun

Kenali Penyebab Lampu Mobil BerembunKenali Penyebab Lampu Mobil Berembun Agar Bisa Menanggulanginya.

Mekanikmitsubishi.com – Mobil yang sering di pakai atau digunakan saat hujan atau ketika mobil anda melewati jalan pegunungan yang dingin akan berakibat pada berembunya lampu depan mobil anda. Ini terkadang bisa mengganggu dan sedikit bermasalah, karena jika berembun otomatis lampu mobil anda sedikit tidak terang.Dan ini tentu bisa membahayakan jika anda menggunakan mobil anda pada malam hari.Nah oleh karena itu, anda harus bisa kenali penyebab lampu mobil berembun supaya anda bisa mengatasinya.

Baca juga : Cara membersihkan jamur pada kaca mobil dengan batu ijo, Dijamin Ampuh..!!!

Lampu depan mobil yang berembun jika di biarkan memang bisa hilang sendiri namun tetap membutuhkan waktu yang lama sampai berhari-hari dalam cuaca yang panas. Berikut ini beberapa hal yang harus anda kenali penyebab lampu mobil berembun dan cara atau tips membersihkanya :

  1. Perbedaan Suhu Udara

Anda harus kenali penyebab lampu mobil berembun terlebih dahulu sebelum mengatasinya, penyebab yang pertama adalah karena adanya perbedaan suhu udara di dalam dan di luar.Perbedaan suhu inilah yang biasanya menyebabkan lampu mobil anda berembun.

Cara mengatasinya cukup mudah sekali dan sederhana, yaitu lepas semua lampu depan mobil anda, kabel-kabel dan soket.Tetapi harus dengan hati-hati ketika melepasnya.

Setelah terlepas semua bersihkan seluruh rumah lampu menggunakan air dan sabun detergen lembut yang sudah dicampur, yang paling penting bersihkan bagian dalamnya.Setelah dibersihkan menggunakan campuran air dan sabun detergen barulah bisa dikeringkan menggunakan kain lembut dan bersih.

  1. Adanya Celah Lubang

Penyebab lampu mobil berembun yang selanjutnya adalah dikarenakan adanya celah atau lubang kecil dibagian body atau rumah lampu depan mobil tersebut.

  1. Karet Pada Soket Bohlam Robek

Ini penyebab lampu mobil berembun yang sering kali diabaikan. Karet pada soket bohlam lampu yang robek atau sudah lama, akan membuatnya kurang rapat. Sehingga bisa menyebabkan lampu mobil anda berembun.

  1. Perekat Pada Lampu Kurang Pas

Yang terakhir, penyebab lampu mobil berembun adalah perekat pada lampu yang mungkin kurang pas atau sempurna, sehingga rumah lampu tersebut masih ada sedikit celah.Hal inilah yang bisa mengakibatkan lampu mobil berembun.

Itulah tadi adalah beberapa kemungkinan penyebab lampu mobil anda berembun.Setelah anda bisa kenali penyebab lampu mobil berembun, tentu anda juga harus bisa menghilangkan atau mengatasi masalah embun pada lampu mobil anda sendiri.

Sebenarnya penyebab utama lampu mobil berembun adalah terdapat uap air yang ada pada lampu yang kemungkinan masuk lewat celah yang ada pada rumah lampu mobil. Penjelasan ilmiahnya ialah apabila ada udara yang terperangkap di dalam bejana jika didinginkan maka akan terjadi yang namanya pengembunan. Hal ini juga bisa terjadi pada kendaraan anda.

Nah lampu mobil yang bagus adalah yang tidak memiliki celah untuk keluar masuknya air dari dalam atau dari luar.Tetapi terkadang tiba-tiba lampu mobil anda berembun, ini bisa jadi lampu bohlam mobil anda sudah harus diganti.

Baca juga : Cara memasang Runing Day LED pada mobil.

Untuk itu dianjurkan untuk pemasangan bohlam lampu sebaiknya dilakukan di siang hari atau di suhu yang panas, ini bertujuan untuk meminimalkan uap air dalam udara. Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengeringkan lampu atau bohlam mobil anda dengan hairdryer. Namun harus hati-hati jika akan melepas lampu bohlam, karena dikhawatirkan akan merusak bagian lampu bohlam mobil anda.

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda kenali penyebab lampu mobil berembun dan caramengatasinya. Semoga bermanfaat dan membantu.

Artikel terkait :

Cara poles kaca mobil yang baret akibat goresan benda tajam.

Kekurangan dan kelebihan mengganti lampu LED pada kendaraan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *