Tips Ringan Rawat Mesin Turbo Biar Awet Serta Cara Kerjanya

Tips Ringan Rawat Mesin Turbo Biar Awet Serta Cara Kerjanya - MekanikmitsubishiTips Ringan Rawat Mesin Turbo Biar Awet Serta Cara Kerjanya Pada Mesin Diesel

Mekanikmitsubishi.com – Turbo pertama kali dikembangkan oleh Df. Alfred J. Buchi tahun 1912. Turbocharger adalah alternativ yang paling baik dalam meningkatkan daya pacu mesin tanpa menambah bobot mobil. Ukuran compact-nya membuat pemasangan bisa lebih sederhana sehingga jauh lebih simpel.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi mobil diesel ngempos/tak bertenaga.

Cara kerja turbo pada mesin diesel adalah dengan mengkompresi udara ke dalam mesin dan meningkatkan molekul oksigen yang akan masuk ke silinder yang mana tingginya sebuah molekul oksigen yang masuk pada silinder tersebut, akan membantu mendorong tambahan pasokan BBM.

Sehingga semakin banyak BBM yang dibakar, daya produksi akan lebih meningkat  disamping itu, mesin turbo sebenarnya bisa menyebabkan tidak lancarnya aliran gas yang dibuang. Mesin turbo harus mengeluarkan tenaga yang lebih kuat untuk menangkal tekanan balik dari saluran pembuangan gas.

Resiko yang besar seperti ini bisa diatasi jika tepat dalam perawatannya. Untuk Anda pemilik mobil Ford Ranger, Mitsubishi L200 Strada, Kia Carnival, atau Isuzu Panther yang masih kebingungan merawat mesin turbo yang terdapat di dalamnya. Berikut adalah tips merawat mesin turbo agar selalu prima dan lebih tahan lama.

Cara merawat mesin turbo agar lebih tahan lama :

Baca juga : Bagaimana jadinya jika mesn diesel diisi dengan BBM jenis bensin.

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Mesin turbo memanfaatkan kinerja mesin untuk mengolah udara agar mendapatkan tekanan tinggi sehingga agar mesin berjalan lancar dan kuat, dibutuhkan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan  mesin turbo. Untuk bahan bakar yang bagus  digunakan dalam mesin ini adalah RON 95.

Karena kerja mesin turbo sangat berat, asupan bahan bakar yang bagus akan meninggikan performa kerja mesin agar bisa meningkatkan pembakaran lebih efektif. Untuk itu pemilihan bahan bakarnya pun tidak boleh sembarangan.

Gunakan Oli Mesin yang Tepat

Oli mesin adalah komponen yang sangat penting selain bahan bakar. Karena dengannya kinerja mesin menjadi lebih mudah dan tidak macet. Oli mesin membuat gesekan yang terjadi antar mesin bekerja dengan baik sehingga pengguna oli sangat menentukan kualitas kerja mesin.

Penggunaan oli pada mesin turbo tidak boleh sembarangan, sama halnya seperti bahan bakar. Oli yang digunakan dalam mesin turbo harus dengan kualitas yang terbaik agar mesin tidak cepat aus. Akan jauh lebih baik pengguna turbo menggunakan oli sintetik karena oli jenis ini memiliki daya tahan panas yang tinggi.

Baca juga : 5 cara mudah bedakan oli mesin yang asli dengan yang palsu.

Ganti Oli Secara Berkala

Selain memilih oli yang tepat, perhatikan juga waktu penggantian oli. Pastikan untuk mengganti oli  setelah mobil menempuh jarak yang jauh atau jika sudah menggunakan oli tersebut dalam jangka waktu lama pastikan untuk segera menggantinya.

Oli yang sudah tidak layak pakai juga bisa dilihat dari kekentalannya. Jika oli tersebut sudah mulai encer dan berwarna kehitaman, sebaiknya segera ganti oli mesin turbo Anda dengan yang baru. Karena oli yang masih layak pakai biasanya berwarna kuning kecoklatan. Baca juga : 5 tanda oli mesin mobil sudah layak untuk diganti.

Bersihkan Mesin dari Debu

Jika sampai benda asing seperti debu masuk secara berkala ke dalam mesin turbo akan menyebabkan bearing sehingga baling-baling dapat bergesekan dengan housing. Sehingga membersihkan mesin dari kotoran sangatlah diperlukan sesering mungkin.

Baca juga : Tips membersihakan mesin mobil sendiri dengan benar.

Apalagi jika Anda tinggal di daerah dengan kepadatan debu yang tinggi. Filter udara yang ada di dalam mesin haruslah sering dibersihkan. Ketika Anda pergi ke bengkel dan pihak bengkel ingin Anda mengganti filter udara, jangan segan untuk menggantinya agar mesin mobil bisa terpelihara dengan baik.

Mesin ini bekerja dengan cara memberi asupan udara dalam meningkatkan pembakaran. Sehingga, kerjasama antara bahan bakar dan filter udara haruslah maksimal.

Demikian ulasan artikel ini mengenai tips ringan rawat mesin turbo agar selalu prima dan awet serta cara kerja dari mesin turbo. Semoga ulasan yang kami bahas dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Tips mudah perawatan mobil matic sendiri.

Efek buruk sering geber-geber mobil diesel, jarang yang tahu hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *