Tips Pintar Mengendarai Mobil Saat Kondisi Jalan Sedang Macet

mekanikmitsubishi.comKemacetan lalu lintas di jalanan umum sudah menjadi hal yang biasa terjadi di kota-kota besar. Banyaknya kendaraan, terutama yang didominasi oleh mobil seakan terlihat seperti semut yang sedang berbaris. Dalam kondisi seperti ini, dibutuhkan ketenangan dalam mengemudikan mobil. Karena biasanya kondisi seperti ini mudah sekali menyulut emosi pengemudi lain yang juga ingin segera sampai di tujuan, sehingga akan mengemudikan mobilnya dengan seenaknya saja tanpa mempedulikan pengendara yang lain.

Jika Anda mengalami hal seperti ini, alangkah bijaknya jika Anda mengetahui beberapa tips di bawah ini agar hati dan pikiran Anda tetap tenang, mobil Anda terhindar dari kerusakan, dan Anda pun tetap bisa selamat sampai di tujuan. Nah, berikut ini tips pintar mengendarai mobil saat kondisi jalanan sedang macet:

  • Bagi Anda pengemudi mobil yang bertransmisi otomatis, sebaiknya tekan pedal akselerator mobil Anda sehalus mungkin. Meskipun mobil Anda bertransmisi otomatis dan ketika gear berada dalam posisi ā€œDā€ mobil sudah pasti akan berjalan dengan sendirinya, namun ketika Anda menekan pedal akselerator dengan halus, hal ini bisa mencegah pemborosan dalam pemakaian bahan bakar.
  • Untuk pengemudi mobil manual, pastikan jika posisi gear mobil Anda berada dalam kondisi netral. Selain menghemat bahan bakar, hal ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya keausan pada kampas rem dan kampas kopling.
  • Usahakan jangan terlalu sering menginjak atau memainkan pedal rem, karena lampunya bisa mengganggu pengemudi lain yang tepat di belakang mobil Anda. Selain itu, hindari melakukan pengereman secara mendadak, karena hal itu bisa mengagetkan pengemudi lain yang tepat berada di belakang mobil Anda, akibatnya bisa saja mobil Anda akan tertabrak dari belakang.
  • Gunakan lampu sein saat akan berpindah jalur. Nah, biasanya dalam kondisi macet, masing-masing pengemudi akan mencari celah yang kosong, akibatnya mobil Anda tidak memiliki cukup ruang untuk pindah jalur. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan lambaian tangan Anda sebagai bantuan lampu sein jika Anda ingin berpindah jalur. Hal ini sangat bermanfaat untuk meredam emosi pengemudi lain karena dianggap sopan dan sesuai dengan adat ketimuran orang Indonesia.
  • Jika saat macet kondisinya tidak terlalu panas atau malam hari, sebaiknya matikan AC mobil Anda untuk menghemat bahan bakar.
  • Tips yang terakhir, jaga hati dan pikiran Anda agar tetap positif sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa merugikan Anda dan pengemudi lain.

Nah, itulah beberapa tips pintar yang bisa Anda terapkan saat mengalami kemacetan di jalan. Jangan lupa juga untuk selalu mematuhi peraturan-peraturan lalu lintas. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu Anda mengatasi kemcetan di jalan, sehingga Anda pun bisa selamat sampai di tujuan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *