Tips Pintar Memilih Mobil Diesel atau Mobil Bensin

mekanikmitsubishi.comDalam dunia otomotif pada umumnya, ada dua jenis mobil yang paling umum sering kita ditemui di jalanan, yaitu mobil yang menggunakan bahan bakar bensin dan mobil dengan bahan bakar solar atau yang juga disebut dengan mobil diesel. Dilihat dari berbagai aspek, tentu saja antara mobil bensin dan mobil diesel memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Namun, alangkah baiknya bagi Anda yang hendak membeli sebuah mobil, terlebih dahulu mempertimbangkan akan kebutuhan dan fungsi dari mobil yang akan Anda beli tersebut. Nah, untuk membantu Anda sebelum menjatuhkan pilihan pada mobil diesel atau mobil bensin, pada artikel berikut ini penulis akan memberikan ringkasan singkat mengenai kedua jenis kendaraan tersebut

Mobil dengan mesin diesel mempunyai keunggulan yang terletak pada mesinnya, yang mempunyai kemampuan untuk menjaga dan mempertahankan mesin dalam kondisi yang sangat panas. Sedangkan mobil bensin kurang memiliki kemampuan dalam menjaga dan mempertahankan mesin dalam kondisi yang terlalu panas. Dan jika dilihat dari aspek ini, maka tentu saja mesin diesel lebih unggul dibanding mesin bensin.

Mengingat mesin diesel memiliki kemampuan lebih baik dalam mempertahankan kondisi mesinnya, maka hal ini juga berhubungan dengan konsumsi bahan bakarnya. Atau dalam artian mesin diesel bisa dibilang lebih irit dalam penggunaan bahan bakar daripada mobil bensin.

Mobil dengan mesin diesel memiliki tenaga yang lebih besar serta lebih fleksibel dalam penggunaan atau pengoperasiannya. Nah, karena dua faktor inilah yang menyebabkan mengapa mobil-mobil besar yang ada sekarang ini lebih memilih menggunakan mesin diesel daripada menggunakan mesin bensin.

Dari sedikit ulasan singkat tersebut di atas, terlihat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mesin diesel. Namun, dalam beberapa hal yang akan dijelaskan berikut ini, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mobil bensin dibanding mesin diesel.

Bunyi yang dihasilkan oleh mobil dengan mesin bensin memiliki suara yang lebih halus jika dibandingkan dengan mobil diesel. Selain itu, getaran yang dihasilkan oleh putaran mesin bensin juga tidak terlalu keras. Hal ini dikarenakan pembakaran pada mesin bensin memiliki tekanan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mobil diesel, sehingga suara yang dihasilkan oleh masing-masing mesin pun juga berbeda.

Jika dilihat dari segi bobot, maka mobil dengan mesin bensin relatif lebih ringan jika dibandingkan dengan mesin diesel. Hal ini ini dikarenakan mesin bensin tidak terlalu membutuhkan daya tahan yang lebih tinggi seperti pada mesin diesel, karena kompresi mesin bensin lebih rendah jika dibandingkan dengan mesin diesel.

Jika dilihat dari segi perawatan dan perbaikan mesin, maka mesin bensin relatif lebih murah jika dibandingkan dengan mesin diesel. Sebagai contoh, pada mobil dengan mesin diesel menggunakan sistem pembakaran atau pengapian injeksi yang perawatannya harus dilakukan secara rutin dan diteliti secara detail saat memperbaikinya.

Nah, itulah beberapa keunggulan dan kelemahan antara mobil dengan mesin diesel dan mesin bensin. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu Anda memilih mobil sesuai dengan kebutuhan dan keperluan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *