Tips Perawatan Mobil Matic Sendiri

mobil matic

Mobil adalah kebutuhan tersier yang mungkin saat ini sudah banyak orang yang menganggapnya sebagai kebutuhan primer.Hal ini berhubungan dengan kegunaan mobil yang di rasa sangat penting untuk kegiatan sehari-hari mereka.

Dengan memiliki mobil pribadi maka akan memperlancar kegiatan di banding dengan menggunakan kendaraan umum yang kadang harus memakan waktu lama serta kurangnya fasilitas memadai yang di sediakan.

Tidak hanya kaum Adam saja yang banyak menggunakan mobil sebagai transportasi pribadinya, namun saat ini kaum hawa juga tak kalah banyak yang menggunakan mobil.Untuk kaum hawa sendiri biasanya lebih memilih menggunakan mobil matic.Pertama karena penggunaannya yang lebih mudah serta perawatan mobil matic yang juga relatif lebih mudah dan simpel.

Untuk perawatan mobil matic agar tetap awet sebenarnya dapat anda lakukan sendiri.Karena perawatan ini adalah perawatan yang rutin dan wajib anda lakukan, sedangkan untuk perawatan mesin baru anda harus membawa ke bengkel mobil, kecuali anda mengetahui jelas urusan mesin sehingga bisa merawat dan memperbaikinya sendiri. Berikut beberapa perawatan mobil matic yang dapat anda lakukan sendiri :

  1. Uji jalan

Uji jalan ini perlu di lakukan sesering mungkin, tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada masalah dengan transmisinya.Cara melakukan uji jalan ini mudah, yaitu anda hanya perlu menjalankan mobil seperti biasa, lalu anda coba untuk memindahkan persneling. Saat anda melakukan perpindahan persneling anda harus mengamatinya dengan cermat, karena saat ini lah anda akan mengetahui apakah ada masalah atau tidak. Jika saat perpindahan persneling mobil anda mengeluarkan suara bising dan mobil sedikit bergoyang itu berarti ada masalah pada transmisi mobil.Untuk memperbaikinya segera bawa ke bengkel mobil kepercayaan anda.

  1. Rajin Ganti Oli

Meskipun merupakan perawatan mobil matic yang sederhana, namun ganti oli akan sangat berpengaruh besar terhadap keawetan mobil. Ini karena oli memiliki fungsi sebagai pelumas mesin yang dapat membuat mesin bekerja dengan lancar.Apa bila anda meremehkan perawatan yang satu ini maka mobil matic anda akan mengalami kerusakan pada transmisinya dalam jangka waktu yang cukup singkat. Untuk melakukan ganti oli adi sarankan maksimal setelah menempuh jarak 80.000-10.000 km.

  1. Memanaskan Mobil Sebelum di Gunakan

Perawatan mobil matic berikutnya sering anda lupakan dengan berbagai alasan, seperti terburu-buru dan lain-lain.Padahal jika anda tidak rajin memanaskan mobil setiap akan di gunakan terlebih dalam jangka waktu pajang, maka mobil akan mengalami masalah pada mesinnya. Panaskan mobil matic anda walau hanya 5 menit perhari akan sangat membantu keawetan mesin mobil anda. Saat memanaskan mobil matic, usahakan kuas transmisi berada pada posisi N.

  1. Teliti Dalam Menggunakan Persneling

Penggunaan persneling dengan baik juga merupakan perawatan mobil matic yang simpel namun akan mengakibatkan masalah besar jika tidak di lakukan dengan baik. Tips menggunakan persneling mobil matic yang benar adalah dengan menghindari persneling “P” ketika mobil matic belum benar-benar dalam posisi berhenti, lalu hindari juga persneling “D” saat sedang memarkirkan mobil cukup pindahkan ke “P” saja. Penggunaan persneling “D” saat memarkir mobil akan membuat kopling mobil menjadi cepat rusak.

Meskipun semua perawatan mobil matic di atas adalah perawatan yang sangat sepele dan mudah di lakukan, namun semua perawatan mobil matic di atas akan sangat berpengaruh terhadap keawetan mobil. Untuk itu lah anda sangat perlu melakukan perawatan mobil matic di atas, karena lebih baik merawat dari pada memperbaiki bukan?

Meskipun memiliki banyak keunggulan dan perawatan mobil matic yang sangat mudah, namun mobil matic juga memiliki beberapa kekurangan di banding mobil manual.Kekurangan mobil matic ini tentu harus anda ketahui untuk menjadi pertimbangan dalam memilih mobil. Berikut beberapa keunggulan dan kelemahan mobil matic :

  1. Keunggulan
  • Mudah di gunakan, mobil matic sangat mudah di gunakan jika di banding dengan menggunakan mobil manual.
  • Tidak repot, karena tidak perlu memindahkan transmisi secara otomatis dan hanya perlu belajar mengatur gas serta rem saja.
  • Nyaman dan tidak capek, di kota-kota besar yang sangat rentan akan kemacetan mobil matic sangat cocok di gunakan. Karena tidak perlu mengatur transmisi secara manual maka anda akan di beri kenyamanan maksimal dan terhindar dari kecapekan.
  1. Kekurangan
  • Boros bahan bakar, karena transmisi di atur oleh kendaraan maka mobil juga akan memakan bahan bakar lebih banyak di banding dengan mobil manual.
  • Akselerasi kurang, karena tidak bisa memainkan kopling saat mengendarai mobil matic, maka akselerasi mobil secara otomatis akan berkurang.
  • Engine brake, kebanyakan mobil matic tidak menggunakan engine brake (teknik pengereman dengan bantuan mesin) sehingga anda harus melakukan rem manual secara maksimal saat dalam jalanan menurun.

Dengan mengetahui keunggulan dan kekurangan mobil matic diharapkan anda bisa lebih memperhatikan perawatan mobil. Karena pada dasarnya kelemahan mobil tidak akan berdampak besar terhadap kenyamanan pengguna saat perawatannya di lakukan dengan baik.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *