Tips Perawatan Dan Manfaat Rutin Tegakkan Wiper Mobil

tips-perawatan-dan-manfaat-tegakkan-wiper-mobilTernyata Tegakan Wiper Saat Parkir Mobil Banyak Manfaatnya. Berikut Ini Diantaranya.

Mekanikmitsubishi.com – Wiper merupakan salah satu komponen pada mobil yang terbilang cukup vital. Wiper ini berfungsi untuk menyeka kaca ketika kaca mobil terkena air hujan. Wiper ini bisa lebih awet jika diperhatikan cara perawatanya.

Baca juga : Tips Cermat memilih wiper mobil dengan kualitas bagus tanpa tertipu merek.

Ternyata tegakan wiper saat parkir mobil yang banyak manfaatnya yang terkadang jarang diketahui oleh banyak orang. Jika karet wiper sudah mulai mengeras dan tidak diperhatikan akan merusak kaca mobil anda. Selain itu juga kinerja wiper tidak akan maksimal.

Titik-titik air yang ada pada mobil yang tidak terkena sapuan wiper tentu akan sangat mengganggu penglihatan saat berkendara. Apalagi jika kaca mobil sudah baret-baret yang disebabkan oleh karet wiper yang sudah keras akan lebih mengganggu.

Oleh karena itu anda harus benar-benar memperhatikan kinerja dari wiper mobil anda untuk mengetahui apakah masih optimal atau sudah tidak bekerja dengan baik.

Baca juga : Tips dan cara ketahui kondisi wiper masih bagus atau sudah rusak.

  1. Ganjal wiper ketika sedang parkir

Manfaat tegakan wiper saat parkir mobil yang pertama adalah dapat memperpanjang usia wiper. Untuk caranya sendiri anda harus mengganjal karet wiper tersebut dengan menggunakan busa atau yang lainnya. Ini bertujuan agar karet wiper tidak bersentuhan langsung dengan kaca yang bisa mengakibatkan karet wiper memuai. Karena jika karet wiper terkena paparan sinar panas matahari yang terlalu lama akan membuat wiper cepat rusak. Inti dari cara ini adalah dengan menegakkan wiper ketika sedang diparkir di tempat yang terkena sinar Ultra violet dari matahari langsung.

  1. Rutin cek kelenturan wiper

Selain manfaat tegakan wiper saat parkir mobil, anda juga harus memperhatikan umur atau usia pemakaian dari wiper itu sendiri. Untuk perawatan atau penggantian wiper sendiri sebaiknya diganti sekitar 6 sampai 7 bulan sekali. Karena jika terlalu lama digunakan dan tidak diganti karet wiper akan mengeras dan akan mengakibatkan kaca mobil baret-baret. Jika tidak diganti setelah pemakaian sekitar 6 sampai 7 bulan, wiper akan merusak kaca mobil yang mengakibatkan kaca baret-baret dan rusak. Hal itu tentu saja mempengaruhi kenyamanan berkendara, apalagi ketika turun hujan akan membahayakan.

  1. Rawat wiper dengan cairan khusus

Untuk memperpanjang usia wiper mobil selain dengan tips tegakan wiper saat parkir mobil, juga masih banyak cara lainnya. Misalnya saja dengan cara melumasi atau merawat wiper menggunakan cairan khusus. Tujuan dari pelumasan menggunakan cairan khusus ini adalah untuk menjaga kelenturan wiper agar wiper bisa bekerja maksimal dan baik. Untuk cairan pembersih wiper sendiri anda bisa mudah sekali mendapatkan di toko-toko yang menjual komponen-komponen atau bagian-bagian mobil atau bisa jadi beli di bengkel.

Dengan memperhatikan keawetan wiper dengan merawat atau dengan menegakkan wiper saat parkir mobil tentu anda akan lebih berhemat karena tidak sering mengganti wiper sebelum waktunya.

Waktu yang dianjurkan untuk penggantian wiper memang sekitar 6 sampai 7 bulan, namun jika anda ingin wiper berumur lebih dari itu anda harus rajin merawatnya dengan cara-cara di atas tadi. Karena kinerja wiper mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara anda.

Jika wiper tidak bekerja dengan baik dan maksimal, otomatis akan mengganggu perjalanan anda karena kaca mobil yang baret. Tidak hanya ketika hujan, ketika panas pun akan mengganggu bukan?

Demikian tadi adalah sekilas tips merawat dan manfaat tegakan wiper saat parkir mobil yang jarang diketahui. Semoga sedikit informasi di atas tadi bisa membantu dan bermanfaat untuk anda dalam melakukan perawatan pada wiper mobil.

Artikel terkait :

Tips dan cara agar wiper tak mudah kering dan menimbulkan suara berdecit,dan menjaga wiper tetap awet.

Bahaya menyalakan wiper saat terkena lemparan telur ( modus kejahatan baru ).

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *