Tips Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil

Tips dan Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil

 

Hal Penting Sebelum Membeli Mobil – produksi mobil di beberapa Negara berkembang mekanikmitsubishi.commengaalami peningkatan secara drastis dari tahun ke tahun. Khususnya di Indonesia. Kenaikan drastik ini terjadi karena adanya program pencanangan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Program ini berbasis mobil murah atau lebih sering disebut dengan mobil sejuta umat. Kedua merk mobil tersebut mampu memikat hati konsumen pasar lokal. Terbukt dari penjualanya pada tahun 2011 yang tembus hingga satu juta unit. Sebelumnya, Toyota juga pernah menembus angka penjualan yang tinggi ketika meluncurkan produk kebanggaanya, Toyota Kijang Kapsul.

 

Baca juga artikel mengenai cara melindungi mobil dari effek sinar matahari agar body mobil tetap terjaga.

 

Melihat kesuksesan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang di sambut baik di pasar lokal, beberapa produsen lain ikut melakukan serangan – serangan dengan produk unggulan mereka. Sebagai contoh, meluncurnya Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio membuat persaingan di pasar lokal semakin memanas. Belum lagi ditambah dengan adanya program LCGC yang mayoritas diisi oleh City car, api persaingan semakin membesar. Sisi positifnya, semua persaingan tersebut memicu adanya kreatifitas dari para produsen untuk mempromosikan produk unggulan mereka masing-masing kepada pasar.

Kemunculan mobil-mobil baru pastinya menyisihkan eksistensi mobil-mobil tua atau mobil lama. Sudah menjadi hukum mutlak bahwa sesuatu yang sudah lama akan digantikan dengan yang baru. Banyak pemilik mobil yang menjual mobil lamanya dan menggantikanya dengan yang baru. Ada pemilik yang menjual mobilnya karena memang sudah tua. Ini merupakan hal yang sangat wajar karena mobil yang sudah dipakai selama 5 tahun lebih biasanya mengalami penurunan baik pada performa, kualitas dan kenyamanan. Ada juga yang menjualobilnya karena faktor gaya hidup. Oleh karena itu saat ini menjamurlah mobil –mobil bekas. Nah, bagi anda yang tertarik untuk membeli mobil-mobil bekas, kali ini penulis memberikan beberapa tips dalam membeli mobil bekas agar anda tidak merasa kecewa di kemudian hari.

Cara paling tepat mengendarai ireyen mobil yang baru anda beli,karena hal ini pengendara sering kali salah kaprah dan keliru saat membeli mobil baru.

 

Periksa Eksterior Mobil

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika membeli mobil bekas adalah dengan memeriksa kondisi eksterior mobil. Apakah masih dalam keadaan bagus atau terdapat beberapa kerusakan. Sebisa mungkin hindari membeli mobil bekas terkena banjir dan mobil bekas tabrakan. Memang pada umumnya mobil bekas banjir dijual dengan harga yang lebih miring. Namun biasanya kekurangan mobil bekas banjir terletak pada system kelistrikanya. Rendaman air banjir akan menimbulkan korosi di bagian sensitif pada system kelisrian. Korosi semacam ini dapat menyebabkan korslet dalam jangka waktu lama. Sedangkan kekurangan mobil bekas tabrakan adalah terletak pada sasis mobil yang tidak lagi seimbang. Benturan keras saat tabrakan biasanya menyebabkan sasis mobil menjadi bengkok atau tidak balance.

 

Periksa Interior Mobil

Memeriksa interior mobil juga tidak kalah penting untuk anda lakukan ketika akan membeli mobil bekas. Mobil bekas di bawah 5 tahun pemakaian memang pada umumnya masih memiliki kondisi yang lumayan. Tapi lain cerita jika mobil yang akan anda beli mesinya sudah tergolong tua atau 5 tahunan. Maka anda wajib melakukan pengecekan secara detail. Lakukan pengecekan di ruangan kabin mobil. Periksa semua komponen mulai dari tombol konsol di dashboard, panel instrument dan system penerangan. Jika mobil memiliki fitur tambahan seperti fitur kursi elektrik, pastikan bahwa fitur ini masih berfungsi secara normal. Karena jika fitur ini rusak, anda harus mengeluarkan biaya yang tergolong mahal untuk mereparasi dan tidak sembarangan montir dapat menangani masalah ini. Hanya montir berpengalaman yang dapat mereparasi.

 

Periksa Mesin Mobil

Memeriksa mesin mobil memerlukan kejelian dan keahlian. Jika anda termasuk orang awam atau yang tidak tahu sama sekali tentang otomotif dan mesin mobil, maka sangat disarankan untuk membawa saudara atau teman yang paham dengan mesin. Jika tidak, maka anda bisa saja membeli mobil yang mesinya rusak. Nah disini pastilah anda yang akan dirugikan. Karena biaya reparasi mobil tidaklah murah. Ditambah lagi dengan biaya penggantian spare part atau komponen mesin. Bisa saja anda harus mengeluarkan uang berjuta-juta hanya untuk mereparasi mobil yang baru anda beli. Maka mengecek mesin mobil sebelum membeli sangatlah penting kan?

 

Periksa Odometer

Pada dasarnya, memeriksa odometer tidak kalah penting dengan memeriksa mesin mobil, dll seperti yang penulis sudah sebutkan diatas. Namun, langkah ini seringkali diabaikan dan dianggap tidak penting. Padahal, dengan memeriksa odometer anda dapat melihat secara langsung catatan perjalanan atau jarak yang sudah ditempuh oleh mobil saat dikendarai oleh pemilik sebelumnya. Disini anda juga harus tetap berhati-hati dan teliti, karena akhir- akhir ini ada oknum tertentu yang berbuat curang memundurkan angka pada odometer. Sehingga angka jarak tempuh pada odometer menjadi kecil. Oleh karena itu, belilah mobil bekas pada orang- orang atau showroom terpercaya yang memiliki reputasi baik.

 

Periksa kaca-kaca

Lanjutkan pemeriksaan anda pada kaca mobil. Lihatlah apakah ada goresan pada kaca atau tidak. Lihatlah kaca depan, kaca samping dan kaca belakang. Seringkali, pada kaca depan terdapat lubang berukuran sangat kecil yang disebabkan karena mobil sering melaju dibelakan mobil-mobil besar seperti container, truk gandeng, bus dll yang memercikkan pasir dari ban mereka. Sedangkan pada bagian kaca samping, kiri dan kanan, periksalah alur kaca. Apakah ada goresan yang disebabkan oleh karet seret atau tidak. Untuk kaca bagian belakang jarang ada masalah dengan lubang kecil atau goresan. Namun anda tetap perlu memeriksanya.

 

Periksa dokumen dan faktur

Langkah terakhir, periksalah dokumen dan faktur mobil. Langakh ini sangat penting untuk menghindari penipuan. Anda sebagai pembeli adalah satu- satunya orang yang akan dirugikan jika sampai terjadi penipuan atau pemalsuan dokumen mobil. Untuk itu anda harus aktif dan kritis menanyakan dokumen dan faktur mobil yang akan anada beli. Jangan tergiur mobil bekas dengan harga miring atau dijual dengan setengah harga dengan alasan pemiliknya sedang membutuhkan uang dan dokumen diurus belakangan. Kasus seperti ini sangat riskan. Bisa saja mobil tersebut mobil curian yang dijual kepada anda. Untuk lebih meyakinkan diri anda, silahkan lakukan pemeriksaan di kantor Satlantas terdekat dengan bantuan dari ahlinya. Jika anda masih ragu, maka langkah paling  amanadalah belilah mobil di showroom mobil bekas terpercaya.

Sekian beberapa tips dan hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil.

Baca juga artikel mengenai 4 langkah terbaik setelah membeli mobil baru sesuai prosedur perusahaan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *