Tips Olahraga Ringan Hilangkan Pegal-Pegal Di Sela Kemacetan

Tips Jitu Olahraga Ringan Untuk Hilangkan Pegal-Pegal Di Sela Kemacetan.

Mekanikmitsubishi.com – Bagi anda yang tinggal di kota besar, tentu sudah biasa dengan masalah kemacetan yang bisa menjebak anda ketika sedang melakukan perjalanan. Selain membosankan, kemacetan juga bisa membuat badan terasa pegal dan otot menjadi tegang serta kaku. Hal itu tentu sangat mengganggu dan juga mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Baca juga : Tips ampuh hindari mabuk sebelum dan saat bekendara.

Pegal-pegal yang dirasakan bisa menyerang di bagian bahu, lengan, leher, kaki, dan juga bagian punggung. Hal semacam itu wajar dan akan sering menghantui anda karena terlalu lama duduk di jok mobil. Oleh sebab itulah, anda harus meluangkan waktu beberapa jam untuk meregangkan otot dan melakukan pemanasan sebelum mengendarai mobil anda.

Namun, untuk anda yang tidak sempat melakukan pemanasan dan peregangan otot, anda bisa melakukan latihan kecil atau olahraga ringan di dalam mobil untuk menghilangkan pegal-pegal dan otot yang tegang di sela kemacetan tersebut. Berikut adalah beberapa tips olahraga ringan untuk menghilangkan pegal-pegal di sela kemacetan yang anda alami :

Baca juga : Tips aman saat terjadi kemacetan di jalan menanjak.

  1. Lakukan latihan pada bagian bahu

Untuk tips pertama, angkat kedua tangan anda sejajar dengan bahu. Kemudian letakkan kedua telapak tangan anda ke depan. Lakukan latihan ini dengan gerakan naik turun secara bergantian juga perlahan untuk menghilangkan pegal-pegal yang menyerang bagian bahu, lengan dan juga tangan.

Lakukan latihan ini sebanyak 5 sampai 10 kali agar pegal-pegal berkurang dan perlahan menghilang. Selain bisa dengan cara tersebut, anda juga bisa melakukan latihan dengan meregangkan dan melemaskan otot yang ada di sekitar bahu.

Caranya adalah dengan mengangkat dan silangkan kedua lengan tangan saling menggenggam. Jika anda melakukanya dengan benar, punggung bagian atas atau bagian belikat akan terasa rileks dan juga nyaman kembali.

  1. Latihan pernafasan

Untuk latihan pernapasan ini, anda bisa memulai dengan menarik kepala ke bagian atas atau langit-langit mobil anda. Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan kemudian kembungkan atau kembangkan bagian dada anda. Untuk lamanya sekitar 5 detik saja, setelah itu buang nafas melalui mulut dengan perlahan seperti saat anda meniup lilin.

Ulangi latihan pernafasan ini selama 5 sampai 10 kali untuk meningkatkan dan menambah pengembangan paru-paru anda. Selain itu juga bisa menyeimbangkan fungsi pernafasan dan akan memberikan efek relaksasi untuk anda ketika terjebak macet.

  1. Luruskan kaki

Untuk meregangkan dan menghilangkan pegal-pegal di bagian kaki, anda bisa melakukan latihan dengan cara meluruskan kaki anda ke lantai mobil. Setelah kaki diluruskan pada lantai mobil, posisikan badan dan sandarkan pada jok mobil hingga mentok ke belakang dan gunakan punggung untuk tumpuan sebagai pusat beban.

Setelah itu, pegang dengan erat setir mobil anda dan tahan selama 5 sampai 10 hitungan, pada saat bersamaan anda harus menahan nafas. Gerakan atau latihan ini bisa anda jadikan latihan dan olahraga ringan untuk mengurangi pegal-pegal pada bagian pinggang, pergelangan tangan, dan juga kaki.

  1. Bungkukan badan

Tips olahraga ringan hilangkan pegal-pegal disela kemacetan yang terakhir adalah dengan membungkukkan badan dengan cara menarik perut sampai tangan anda menyentuh bagian pergelangan kaki. Tahan latihan ini sekitar 5 sampai 10 hitungan, kemudian setelah itu posisikan badan untuk duduk seperti semula. Latihan ini bisa mengurangi ketegangan otot pada bagian bahu dan bagian pinggang anda.

Demikian tadi beberapa tips olahraga ringan yang bermanfaat untuk hilangkan pegal-pegal di sela kemacetan yang biasanya menyerang bagian bahu, lengan, pinggang, dan bagian kaki. Semoga membantu dan bermanfaat.

Baca juga :

Tips mengemudi saat mudik,hindari lelah dan kantuk.

beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mudik untuk kenyamanan dan keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *