Tips Mudah Merawat Knalpot Mobil yang Baik dan Benar

mekanikmitsubishi.comBagi sebagian orang, mungkin masih banyak yang menganggap jika knalpot pada mobil mereka yang jarang digunakan tidak akan menyebabkan masalah. Hal ini merupakan anggapan yang kurang benar, justru pada kondisi seperti ini, knalpot mobil rawan mendapatkan masalah, karena knalpot bisa berkarat yang akhirnya menyebabkan keropos.

Nah, bagi Anda yang mengalami kondisi seperti tersebut di atas atau memang ingin memberikan perawatan untuk knalpot mobilnya sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah bijaknya jika Anda mengetahui beberapa tips merawat knalpot mobil yang baik dan benar berikut ini:

Gunakan sikat kawat, amplas halus, dan lap

Ketiga alat tersebut bisa digunakan untuk membersihkan knalpot bagian luar yang berkarat. Anda bisa membersihkannya dengan cara menge-lap, menyikat secara rutin agar tidak terjadi karatan. Dan jika sudah timbul karat, Anda juga bisa meng-amplas-nya secara rutin untuk mengilangkan karat.

Gunakan cairan anti karat

Apabila mobil Anda terkena air hujan, sebaiknya segera cuci mobil Anda dengan menggunakan air bersih dan shampo khusus mobil (banyak dijual di pasaran). Kemudian keringkan seluruh bagian mobil Anda hingga benar-benar kering, setelah itu semprotkan cairan anti karat (juga banyak dijual di pasaran)pada bagian-bagian mobil yang memerlukan.

Masukkan beberapa tetes oli ke dalam lubang knalpot

Cara ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya karat di bagian dalam knalpot. Jika Anda sudah melakukan hal ini dan kemudian hendak menyalakan mesin mobil, Anda tidak perlu kuatir jika dari knalpot Anda akan mengeluarkan asap putih, karena hal ini merupakan hasil pemuaian dari oli yang sudah Anda masukkan ke dalam lubang knalpot tadi untuk merontokkan karat di bagian dalam lubang knalpot.

Panaskan mesin mobil

Meskipun Anda jarang menggunakan mobil Anda, tapi jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil Anda secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya karatan pada beberapa bagian mobil, termasuk knalpot. Langkah yang bisa Anda lakukan setelah memanaskan mesin mobil dan hendak mematikannya kembali, yang perlu dicatat adalah pada saat Anda hendak mematikan mesin mobil, injak pedal gas hingga mencapai rpm tertinggi sebanyak dua kali, setelah itu matikan mesin mobil Anda. Hal ini berguna untuk menghilangkan kandungan air yang masih tersisa di bagian dalam knalpot.

Nah, itulah beberapa tips mudah yang baik dan benar yang bisa Anda lakukan untuk merawat knalpot mobil Anda. Semoga dengan adanya artikel sederhana tersebut di atas bermanfaat dan bisa membantu Anda.

3 comments

  • Adrian

    Tips yang terakhir, menginjak gas sampai RPM tertinggi lalu mematikan mesin, apa benar harus begitu? Saya lihat lebih banyak di situs web lain yang menganjurkan agar mesin dimatikan waktu RPM Mobil sudah rendah.

    Reply
    • permainanbayilucu

      terimakasih sebelumnya mas Adrian,saya klarifikasi bahwa yang Anda sebutkan memang benar begitu..
      perkenalkan Saya adalah seorang penulis artikel dan mekanik mobil,yang kebetulan saya tinggal di lingkungan yang sesuai dengan bassic saya,dari keluarga sampai pergaulan saya.
      oia…mengenai pertanyaan yang tadi Anda ajukan,dengan penuh kekurangan mungin artikel kami yang ditulis kurung diperjelas dengan kata-kata “catatan : mematikan mobil ketika RPM sudah pada stasioner”.

      dan saya perjelas bahwa sangat tidak tepat mematikan mesin dalam RPM yang tinggi,..

      semoga jawabannya memuaskan,…
      terimakasih sudah membaca artikel kami…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *