Tips Mimilih Dan Cara Ampuh Agar Kaca Helm Tidak Kendor

Tips Ampuh Agar Kaca Helm Tidak Kendor Dan Harga Kaca Helm Anti Gores

Tips Mimilih Dan Cara Ampuh Agar Kaca Helm Tidak Kendor - MekanikmitsubishiMekanikmitsbishi.com – Pemakaian helm sendiri merupakan salah satu syarat untuk keselamatan utama yang berhubungan langsung dengan fisik pengguna terutama bagian kepala. Fungsi utama dari helm tersebut yakni untuk melindungi kepala, memproteksi kepala dari angin dan debu yang ada dijalanan serta benturan benda asing yang kemungkinan menimpa pengendara sepeda motor saat berkendara.

Ada beberapa masalah pada helm, dan tidak sedikit dari orang-orang yang merasakan kaca helm tidak kencang ( kendor ), apalagi saat melewati jalanan berlubang. Tentu rasanya tidak nyaman sekali bukan? Apalagi menggunakan kaca helm yang berwarna hitam pekat, tentu juga akan menghalangi pandangan yang jelas. Dari pada Anda membeli yang baru dengan merogoh kocek cukup banyak. Lebih baik diperbaiki sendiri saja.

Baca juga : Kelebihan idling stop dan sistem kerjanya serta pengaruh terhadap umur aki.

Seperti kendaraan mobil dan motor, helm juga membutuhkan perawatan supaya tetap nyaman digunakan. Banyak pengguna yang mengabaikan kondisi pada bagian kaca helm ini, yang akhirnya menimbulkan masalah seperti kaca helm  baret-baret yang mengganggu visibilitas.

Tips Ampuh Agar Kaca Helm Tidak Kendor

Sebelum melakukan perbaikan pada kaca helm, sebaiknya terlebih dahulu untuk sediakan kunci L atau obeng “untuk obeng disesuaikan dengan baut pengunci kaca helm”. Dua buah plastik minuman ringan dan gunting.

Buka kedua sisi kuping pada kaca helm dengan perlahan, karena pada beberapa merk yang murah biasanya akan mudah slek setelah dilepas. Bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel sebelum melakukan pemasangan kembali dan cari bekas gerigi kaca helm kemudian pasang. Pastikan seal tape tidak menutupi lubang kuping dari helm.

Sedangkan untuk menghilangkan goresan pada kaca helm dimulai dengan melepaskan kaca terlebih dahulu. Siapkan amplas super halus, sabun cair, kain lap katun dan cairan polesh/white compound. Cucilah kaca helm dengan air mengalir kemudian amplas kaca helm yang masih basah dengan perlahan sembari diguyur air.

Berikan white compound dan oleskan pada bagian kaca, gunakan katun untuk memoleskan cairan, lakukan secara perlahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal mulai dari ujung pojok sampai bagian tengah kaca.

Tips Memilih Helm dan Kaca Helm yang Baik

Baca juga : Waktu paling tepat service shockbreaker dan tips pemasangannya.

Terkadang seseorang saat membeli kaca helm dengan alasan tergores, kusam, pecah dan hanya ingin mengganti kaca dengan warna yang berbeda. Tapi sebelum memutuskan untuk membeli kaca helm yang baru perhatikan hal-hal mulai dari kualitas, keamanan dan kenyamanan kaca helm.

  • Kaca helm harus dilengkapi sinar UV
  • Lapisan anti gores
  • Bentuk yang terlalu cembung
  • Jangan memilih kaca helm yang terbuat dari polycarbonate daur ulang
  • Kaca yang bagus memiliki ketebalan minimal 2 mm
  • Pastikan tidak mudah turun dan terkunci bagus untuk helm doble visor
  • Perhatikan kualitas helm
  • Perhatikan kekuatan tempurung helm

Peran Penting Kaca Helm

Peran penting kaca helm ini dapat melindungi wajah dan mata dari angin, batuan halus, debu dan sinar matahari secara langsung. Sedangkan beberapa model dari kaca helm sendiri seperti visor atau kaca helm bening, kaca gelap/smoke visor dan kaca bening warna-warni.

Untuk helm retro ada kaca yang seperti bentuk bra, bentuk seperti paruh burung dan kaca jenis bogo. Helm yang bagus biasanya memiliki kaca yang lentur yang tidak membuat kaca mudah pecah.

Harga Kaca Helm dan Helm

Sekarang ini banyak sekali yang menjual kaca dengan harga kaca helm anti gores mulai dari kaca visor Rp. 10.000 sampai Rp. 75.000.  Sedangkan harga untuk helmnya sendiri sangat bermacam-macam. Untuk Helm INK dijual dengan harga mulai dari Rp. 282.000 sampai dengan yang paling mahal Rp. 1.329.000.

Helm GM memiliki harga mulai dari Rp. 225.000 sampai dengan Rp. 375.000. Helm KYT dengan harga Rp. 222.000 sampai Rp. 513.000. Helm cakil memiliki harga rata-rata Rp. 300.000. Setiap harga dari helm masih dapat berubah sewaktu-waktu tanpa sepengetahuan kita.

Demikian ulasan kali ini yang membahas mengenai cara memperbaiki kaca helm yang kendor dan tips memilih kaca helm beserta harganya. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Bocoran kelebihan dan kekurangan mobil berteknologi hibrida.

Apa itu ABS,sistem kerja ABS dan kelebihan pengereman dengan teknologi ABS.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *