Tips Merawat Shockbreaker Mobil Agar Tetap Sehat dan Tidak Mudah Bocor

mekanikmitsubishi.comShockbreaker merupakan salah satu komponen yang menunjang kaki-kaki mobil yang bisa membuat kita nyaman saat berkendara, tentunya jika shockbreaker masih berfungsi dengan optimal maka akan mampu menjaga kestabilan dan meredam mobil dari goncangan-goncangan saat melewati jalanan yang tidak rata.

Jika dilihat dari fungsi dan manfaatnya, maka komponen yang satu ini merupakan salah satu komponen vital mobil yang membutuhkan perawatan agar tetap berfungsi otpimal. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan dan perhatian lebih untuk menjaga shockbreaker mobil Anda agar tidak mudah bocor, tetap sehat dan prima, sehingga perjalanan Anda saat berkendara tetap nyaman dan menyenangkan.

Nah, pada artikel kali ini penulis akan membahas bagaimana cara merawat shockbreaker mobil Anda agar tidak mudah bocor, tetap prima, sehat, awet dan tahan lama. Berikut ini tips-tipsnya:

Untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kebocoran pada shockbreaker mobil anda, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara sebisa mungkin menghindari melewati jalanan yang tidak rata, bergelombang atau berlubang. Dan jika memang mobil Anda terpaksa harus melewati jalanan yang rusak tersebut, usahakan saat melewatinya dengan kecepatan yang serendah mungkin. Hal ini akan membantu meringankan kerja shockbreaker mobil Anda yang harus menahan goncangan mobil.

Tips selanjutnya adalah sebaiknya jangan memberikan beban pada shockbreaker mobil Anda dengan beban yang melebihi standar yang telah ditentukan. Karena shockbreaker memiliki kekuatan berapa beban maksimal yang harus ditahannya. Jika beban yang ditahan shockbreaker terlalu besar, maka tentunya hal ini akan mengakibatkan kekuatan shockbreaker menjadi berkurang. Dan jika shockbreaker mobil Anda terus menerus digunakan dan diberi beban berlebih, maka tidak menutup kemungkinan dalam waktu singkat shockbreaker mobil Anda akan rusak, bocor, mati atau lembek.

Dan untuk tips yang terakhir adalah pastikan untuk selalu mengecek karet pelindung yang ada di tabung shockbreaker mobil Anda. Karet tersebut berfungsi untuk menjaga shockbreaker agar tetap bersih dari kotoran yang akan masuk ke dalam shockbreaker. Karena jika karet pelindung shockbreaker rusak, maka kotoran akan mudah masuk ke dalam dinding shockbreaker. Nah, jika kotoran-kotoran yang menempel tersebut lalu bergesekan dengan dinding tabung shockbreaker, maka bisa dipastikan lama-lama dinding shockbreaker akan aus dan terkikis, yang akhirnya menyebabkan kebocoran pada shockbreaker mobil Anda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat shockbreaker mobil Anda agar tidak mudah bocor dan tetap sehat. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu shocbreaker mobil Anda tetap sehat, sehingga Anda tetap bisa nyaman dan menyenangkan saat berkendara. Semoga bermanfaat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *