Tips Merawat Mobil Secara Berkala Agar Performa Mesin Tetap Terjaga

tips-jitu-merawat-mobil-secara-berkala-agar-performa-mesin-tetap-terjaga-mekanikmitsubishiIni Dia Tips Jitu Merawat Mobil Secara Berkala Agar Performa Mesin Tetap Terjaga.

Mekanikmitsubishi.com – Bagi anda para pengguna setia mobil, perawatan mobil secara berkala tentu menjadi hal wajib yang tak boleh anda lupakan begitu saja. Dengan merawat mobil menggunakan cara yang baik dan benar (yaitu sesuai dengan buku panduan pemilik), maka kondisi komponen dalam mobil anda tetap terjaga dan kenyamanan berkendara pun dapat anda nikmati setiap saat.

Baca juga : Cara mudah membersihkan mesin mobil dengan aman.

Kerusakan pada komponen mesin merupakan salah satu akibat dari kurangnya perawatan yang dilakukan. Hal ini menyebabkan komponen cepat aus bahkan harus diganti dengan yang baru sebelum habis masa pakainya. Kelalaian ini tak jarang mengakibatkan gangguan seperti rem blong, bahan bakar boros, ban aus secara tidak wajar, dan turun mesin.

Nah untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin yang dapat mengganggu performa mobil anda, beberapa tips jitu merawat mobil secara berkala di bawah ini akan memandu anda mendapatkan performa mobil prima setiap saat. Mau tau apa saja tipsnya? Yuk, simak info menarik selengkapnya di bawah ini:

Baca juga : Tips dan cara diagnosis kerusakan mesin mobil dari suaranya.

  1. Membersihkan eksterior pada kendaraan anda

Ketika membersihkan eksterior mobil, gunakanlah busa berbahan microfiber agar tidak menggores permukaan kendaraan. Saat mencuci dengan tangan, pastikan mesin dalam kondisi dingin. Hal ini untuk menghindari kemungkinan tangan yang terkena panas dari mesin.

  1. Membersihkan interior kendaraan anda

Untuk membersihkan bagian interior pada kendaraan anda, penggunaan vacuum cleaner adalah solusinya. Karena vacum cleaner mampu menghisap debu dan kotoran kecil yang menempel di karpet dan kursi. Cara menggunakan vacum cleaner ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengusap sisa debu dengan kain lembut yang sudah dibasahi menggunakan air hangat. Lap dengan lembut untuk membantu proses pengeringan. Anda juga bisa memarkirkan mobil yang sudah dibersihkan di bawah tempat yang teduh (area terbuka).

  1. Ganti oli

Oli merupakan salah satu komponen pada mobil yang wajib diganti secara berkala. Jika penggantian oli tidak diganti secara rutin, maka kekentalan oli akan berubah. Kondisi tersebut menyebabkan penumpukan kotoran serta lumpur pada mesin. Akibatnya akan memicu suara kasar, mesin rusak, bahkan sulit untuk di starter.

  1. Penambahan cairan pendingin pada radiator

Mengecek cairan pendingin pada radiator sangat penting untuk dilakukan guna menghindari panas yang berlebih alias overheating. Pastikan cairan dingin memadai berada di level antara full dan low. Periksa kondisi cairan pendingin setelah mesin dalam keadaan off. Dan buang jauh-jauh kebiasaan membuka tutup radiator saat kondisi panas.

  1. Eksterior baterai (AKI)

Aki punya peran yang sangat penting dalam menjaga performa mobil anda. Ya, komponen in berfungsi memasok tenaga listrik yang nantinya akan menghidupkan mesin dan perangkat listrik. Periksalah baterai minimal sebulan sekali, hal ini merupakan antisipasi apabila terdapat kesalahan yang fatal dalam baterai. Seperti baterai yang volume electrolytenya menurun dan baterai tidak dapat di charge secara cukup, kondisi baterai memburuk, serta pelepasan dan kapasitas yang menurun. Pastikan cairan baterai memadai antara garis upper lever dan lower lever.

Ciri-ciri baterai yang kondisinya masih baik yakni tidak berkarat, dan tidak terdapat sambungan yang longgar, retak, atau bocor.

  1. Pemeriksaan minyak pelumas

Cairan minyak pelumas yang mutlak diperiksa secara berkala ialah power steering, minyak rem, dan air pendingin mesin. Minyak pelumas bertugas merawat mesin maupun komponen lainnya agar tetap prima. Perhatikan spesifikasi dari oli pendingin yang akan dipakai oleh kendaraan anda. Jangan sampai anda tertipu dengan membeli coolant oli yang abal-abal.

Demikian adalah beberapa tips mudah merawat mobil agar performanya tetap prima. Lakukan perawatan secara berkala dengan cara yang benar pula tentunya. Selamat mencoba.

Artikel terkait :

Tips dan cara menangani mesin mobil bergetar dengan mudah dan aman.

5 cara membedakan oli asli dengan oli palsu dengan mudah dan akurat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *