Tips Merawat Mobil Matic Agar Tidak Gampang Rewel

mobil maticTips Merawat Mobil Matic Agar Tidak Gampang Rewel Paling Simpel.

Mekanikmitsubishi.com – Sebenarnya jika dibandingkan dengan mobil manual, mobil bertransmisi matic memiliki tingkat kenyamanan yang lebih. Akan tetapi, mobil matic lebih merepotkan dan membutuhkan perawatan yang extra dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Oleh sebab itu, penting sekali bagi anda yang menggunakan mobil bertransmisi matic mengetahui cara atau Tips merawat mobil matic agar tidak gampang rewel.

Baca juga : Beberapa masalah serius yang akan dihadapi jika mobil jarang dipakai.

Mobil dengan transmisi matic juga memiliki kelemahan, diantaranya yaitu boros di bahan bakar dan ketika melewati jalan tanjakan kurang bertenaga. Untuk itu, bagi anda yang memiliki mobil bertransmisi matic harus rutin melakukan perawatan jika sudah ada tanda tarikan mobil mulai menghentak dan mulai berat. Itu tandanya anda harus segera melakukan perawatan atau melakukan Tips merawat mobil matic agar tidak gampang rewel.

Dan berikut ini adalah beberapa Tips merawat mobil matic agar tidak gampang rewel yang bisa anda lakukan untuk perawatan dan keawetan mobil matic anda :

  1. Rutin cek oli

Perawatan mobil bertransmisi matic yang paling penting adalah penggantian oli. Anda harus benar-benar memperhatikan dan rutin mengecek oli, jika oli mobil sudah saatnya ganti sebaiknya segera diganti. Karena, jika mengabaikan penggantian oli akan mengakibatkan kerusakan-kerusakan atau masalah di bagian sistem transmisi pada mobil anda. Karena itulah anda harus tahu cara atau Tips merawat mobil matic agar tidak gampang rewel dan tidak mengalami kerusakan.

Tips lainnya adalah anda harus mengganti oli mobil anda sesuai atau yang khusus dengan mobil matic. Untuk rekomendasi di setiap penggantian oli sebaiknya dilakukan ketika jarak tempuh mobil anda sudah mencapai 80.000 km sampai dengan 100.000 km.

Baca juga : Cara mengecek kualitas oli mesin dengan mudah dan akurat.

 

  1. Memanasi mesin mobil

Perawatan yang kedua dengan memanasi mesin mobil ketika akan berpergian juga menjadi salah satu Tips merawat mobil matic agar tidak gampang rewel yang penting sekali. Karena jika menyepelekannya lama kelamaan akan berakibat buruk pada mobil matic anda. Namun perhatikan posisi mobil matic anda ketika sedang dipanasi, pastikan tuas transmisi berada di posisi N.

Baca juga : Bolehkan geber-geber mesin mobil saat dipanaskan? berikut penjelasanya.

 

  1. Perhatikan penggunaan perseneling

Yang selanjutnya anda harus lebih teliti saat menggunakan perseneling. Jangan sampai menggunakan perseneling ā€˜Pā€™ ketika mobil belum benar-benar berhenti. Karena, ketika anda mengabaikan dan membiarkan itu terjadi secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada perseneling mobil matic anda.

Tidak kalah pentingnya adalah anda juga harus menghindari menggunakan atau memasukan persenling ketika sedang memarkirkan mobil matic anda. Karena jika dilakukan terus-terusan akan cepat membuat kopling mobil matic anda mengalami kerusakan. Itulah cara atau Tips merawat mobil matic agar tidak gampang rewel yang ketiga.

Baca juga : Cara paling mudah deteksi kerusakan transmisi mobil matic.

 

  1. Uji jalan

Tips merawat mobil matic agar tidak gampang rewel yang terakhir adalah dengan melakukan uji jalan dalam beberapa bulan sekali. Caranya sangat mudah sekali, anda hanya menjalankan mobil matic seperti biasanya. Kemudian, coba pindahkan atau masukan perseneling mobil matic anda. Perhatikan langkah tersebut dan cermatilah dengan teliti, jika anda menemukan suara bising dan mobil matic sedikit agak goncang ketika melakukan perpindahan perseneling itu bisa menajdi tanda atau ciri ada kerusakan pada bagian transmisi mobil.

Jika sudah begitu, segerlah bawa mobil matic anda ke bengkel untuk dilakukan atau diberikan perawatan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi pada bagian transmisi mobil matic anda. Karena, transmisi pada mobil matic merupakan bagian yang sangat penting atau vital sekali.

Itulah tadi empat tips merawat mobil matic agar tidak gampang rewel yang bisa anda lakukan dengan mudah. Namun jika kerusakan sudah pada transmisi mobil, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk menghindari kerusakan-kerusakan pada bagian yang lain. Semoga bermanfaat dan membantu.

Artikel terkait :

5 cara bikin mesin mobil awet!!!! tak banyak yang tau tips dan triknya.

Tips ampuh hindari dampak buruk jika tangki bahan bakar jarang diisi penuh.

Bahaya mengerikan jika mobil sering telat ganti oli.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *