Tips Merawat Mobil Berwarna Hitam Agar Tetap Berkilau

mekanikmitsubishi.comSetiap pemilik kendaraan bermotor, khususnya mobil, pasti akan senang dan puas jika melihat mobil yang dimiliki tampil bersih, mulus dengan warnanya yang berkilau. Salah satu warna yang menunjang penampilan mobil agar terlihat lebih kinclong adalah warna hitam. Untuk mendapatkan mobil warna hitam agar tetap tampil mulus dan berkilau tentu saja dibutuhkan perawatan lebih.

Nah, pada artikel kali ini penulis akan mengulas bagaimana cara merawat mobil berwarna hitam yang baik dan benar agar tetap tampil mulus dan berkilau. Berikut ini tipsnya:

Sebaiknya cuci mobil setiap pagi atau sore hari. Kemudian seka menggunakan lap khusus yang berbahan microfiber hingga benar-benar kering. Hal ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya jamur yang bisa berkembang dengan sangat cepat. Jamur tersebut bisa terjadi jika ada air di permukaan cat mobil yang menguap karena terkena panas sinar matahari.

Saat proses menyeka, lakukan dengan gerakan searah. Hal ini untuk menghindari menimbulkan baret di permukaan cat mobil. Oleh karena itu, lap khusus tersebut sangat dibutuhkan karena membuat kotoran mudah terperangkap sehingga mudah dibuang.

Sebaiknya lakukan juga proses paint protection dan detailing. Karena lapisan pernis pada cat mobil berwarna hitam sangat tipis sehingga bisa membuat mobil terlihat lebih cepat kusam. Hal ini bertujuan agar lapisan pernis tetap terjaga ketebalannya serta mampu menghilangkan baret dan swirl. Proses detailing idealnya dilakukan setidaknya setahun sekali.

Saat mencuci mobil, sebisa mungkin hindari penggunaan sabun yang berbahan deterjen. Sifat kimiawi yang terkandung dalam deterjen jika digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama bisa membuat lapisan pada cat mobil menjadi lebih cepat kusam. Disarankan untuk menggunakan shampo khusus mobil atau sabun yang berbahan dasar air yang saat ini mulai banyak dijual di pasaran

Ketika hendak membersihkan kotoran yang melekat pada cat mobil dengan menggunakan kemoceng, sebaiknya cukup diseka saja, jangan ditekan berlebihan. Karena kotoran yang terperangkap di kemoceng lalu digunakan menyeka dengan tekanan yang berlebih bisa menimbulkan baret.

Sebelum menutup mobil dengan menggunakan sarung mobil, pastikan terlebih dahulu jika mobil sudah dalam keadaan benar-benar bersih dari debu. Karena debu mudah tertimbun dalam waktu yang cepat. Pilihlah sarung mobil yang terbuat dari bahan yang halus agar tidak sampai menggores lapisan cat mobil.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil yang berwarna hitam. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu agar mobil warna hitam Anda tetap tampil berkilau.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *