Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel Paling Tepat

beberapa-tips-merawat-mobil-bermesin-diesel-paling-tepat-yang-jarang-diketahui-mekanikmitsubishiBeberapa Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel Paling Tepat Yang Jarang Diketahui.

Mekanikmitsubishi.com – Diesel merupakan mesin pemicu kompresi yang berbahan bakar solar. Biasanya pada jaman dulu mesin diesel di gunakan untuk menggerakkan mobil-mobil besar seperti truck. Akan tetapi di zaman yang serba modern ini banyak kendaraan roda empat yang juga menggunakan diesel sebagai tenaga penggeraknya.

Kelebihan Dan Perubahan Mesin Diesel Terbaru

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi mobil diesel ngeempos / kurang bertenaga.

Bahkan sekarang ini teknologi diesel telah berkembang dan mampu menghasilkan suara mesin yang halus. Selain itu asap yang keluar juga tidak terlalu kotor dan hitam. Mobil saat ini memang diciptakan dengan teknologi yang canggih, sehingga dalam proses pembakaran mesin juga menggunakan komponen yang canggih pula.

Namun yang perlu Anda tahu bahwa mesin mobil diesel itu perlu dirawat supaya tidak terjadi kerusakan. Karena pada dasarnya setiap kendaraan pasti memerlukan perawatan. Dan berikut ini adalah tips merawat mobil bermesin diesel paling tepat.

Baca juga : Ini rahasianya, lebih bagus mana mesin mobil diesel vs bensin.

  1. Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

Memanaskan mesin kendaraan kurang lebih 10 menit akan memberikan pelumasan pada komponen mesin mobil. Selain itu memanaskan mesin mobil selama 10 menit juga akan mencegah terjadinya kaget pada komponen mesin yang bergesekan.

  1. Mengganti Filter Solar Secara Rutin

Tips yang kedua dalam merawat mesin mobil ini merupakan tips yang sangat penting, karena bisa menjaga supaya mesin mobil tetap awet. Mengganti filter solar secara berkala atau rutin bisa mencegah banyaknya kotoran yang masuk ke dalam mesin diesel mobil. Karena itu, bersihkan mesin mobil secara teratur supaya kinerja mesin tetap baik dan terhindar dari kerusakan.

  1. Menggunakan Oli Mesin yang Sesuai Dengan Jenis Diesel

Supaya kinerja diesel baik, sebaiknya gunakan oli mesin sesuai dengan mesin diesel yang dipakai pada mobil. Karena oli yang digunakan pada diesel juga akan mempengaruhi kinerjanya, jadi pilihlah yang tepat.

  1. Hindari Penggunaan Mobil Hingga Tangki Solar Kosong

Tips merawat mobil bermesin diesel yang keempat adalah dengan mencegah tangki solar kosong. Supaya mesin mobil terhindar dari pengembunan yang dapat merusak filter solar mobil, maka hindarilah memakai mobil hingga tangki solarnya minim. Jika solar kira-kira akan habis, segera isilah.

  1. Gunakan Solar Dengan Kualitas yang Baik

Agar mesin diesel tetap bersih dan kinerjanya baik, sebaiknya gunakan solar yang berkualitas baik seperti Solardex. Solardex dari pertamina adalah solar yang berkualitas baik dan aman digunakan untuk diesel mobil yang Anda miliki.

  1. Gunakan Spare Part Asli Untuk Mesin Mobil yang Anda Miliki

Jika Anda hendak mengganti spare part mesin mobil yang dimiliki, maka gantilah dengan spare part yang asli dan memang cocok untuk mesin mobil yang Anda miliki.

  1. Hindarilah Mematikan Mesin Mobil Setelah Selesai

Tips yang terakhir yaitu jangan langsung mematikan mesin setelah selesai digunakan. Sebaiknya jangan langsung mematikan mesin mobil setelah selesai digunakan, biarkan kurang lebih 5 menit supaya tetap menyala baru dimatikan. Apabila Anda mematikan mesin mobil langsung setelah selesai digunakan, berarti Anda tidak memberikan waktu untuk mendinginkan komponen pada mesin. Hal ini akan membuat mesin cepat rusak dan berumur pendek.

Perawatan rutin pada mesin mobil diesel mungkin sedikit merepotkan untuk dilakukan. Akan tetapi semua upaya perawatan tersebut memiliki tujuan supaya mesin tetap tahan lama atau awet. Dengan demikian kinerjanya juga akan bagus dan Anda akan nyaman dalam memakai mobil yang dimiliki.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui mengenai beberapa tips merawat mobil bermesin diesel agar performa mesin tetap terjaga. Semoga dengan adanya informasi ini bisa semakin menambah wawasan Anda, khususnya dalam hal merawat mesin mobil diesel.

Artikel terkait :

Berikut ini efek buruk akibat geber-geber mobil diesel yang jarang diketahui.

Jangan keliru, Berikut ini tips pintar memilih mobil diesel atau mobil bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *