Tips Merawat dan Menjaga Power Steering Mobil Tetap Awet

mekanikmitsubishi.comPower steering merupakan salah satu komponen penting yang banyak digunakan oleh mobil-mobil modern. Power steering berfungsi untuk membantu pengemudi menjaga kestabilan mobil saat berjalan dan membantu memudahkan pengemudi saat melakukan putaran setir ketika hendak berbelok. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, power steering akan mudah mengalami kerusakan. Tanda-tanda jika power steering mengalami kerusakan maka setir akan bergetar, sehingga bisa membahayakan pengemudi karena akan sulit mengontrol laju mobilnya. Selain itu, biasanya juga akan muncul suara-suara tak wajar, seperti suara “tek-tek” dan sebagainya.

Untuk mengantisipasi hal ini terjadi pada mobil Anda, tentunya dibutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga agar kerja power steering mobil Anda tetap normal. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah sebisa mungkin untuk tidak melewati atau menghindari jalan yang rusak, berlubang atau bergelombang. Dan jika memang terpaksa harus melewati jalan yang rusak tersebut, usahakan melewatinya  dengan kecepatan mobil yang serendah mungkin. Karena guncangan dan hentakan keras yang dialami oleh as steering bisa menyebabkan kerusakan pada power steering. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih awal pada power steering mobil Anda.

Selain itu, sebisa mungkin juga untuk menghindari jalanan dengan banjir yang cukup tinggi.  Hal ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada power steering karena komponen motor listrik dipasang tepat di as setir yang posisinya sejajar dengan as roda. Nah, jika banjir yang mobil Anda lewati cukup tinggi, maka air akan dengan mudah membasahi atau merendam komponen tersebut. Dan jika sampai komponen tersebut basah, maka pastinya komponen motor listrik tersebut harus diganti dengan yang baru karena memang komponen motor listrik tersebut tidak bisa diperbaiki.

Sama halnya dengan berbagai komponen pada mobil lainnya yang memiliki masa pemakaian atau batas pemakaian, perangkat elektronik pada power steering juga memiliki batas pemakaian, biasanya maksimal batas pemakaiannya lebih kurang lima tahun atau setelah pemakaian mencapai 100.000 km. Jadi, jika sudah mencapai angka tersebut, sebaiknya komponen tersebut diganti agar kondisi power steering mobil Anda tetap berfungsi normal.

Nah, itulah beberapa cara merawat dan menjaga power steering mobil Anda agar tetap awet dan berfungsi secara optimal. Bagi Anda yang memiliki mobil Mitsubishi Pajero Sport yang hendak melakukan penggantian oli power steering, Anda juga bisa mengetahui langkah-langkah mudah mengganti oli power steering mobil Mitsubishi Pajero Sport Anda. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu Anda agar power steering mobil Anda tetap awet. Semoga bemanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *