Tips Menjaga Suhu Kabin Mobil Di Saat Musim Panas

tips-menjaga-suhu-kabin-mobil-di-saat-musim-panas-mekanikmitsubishiTips Jitu Menjaga Suhu Kabin Mobil Di Saat Musim Panas.

Mekanikmitsubishi.com – Musim kemarau identik dengan hawa yang panas dan gerah di sekitar kita. Suhu pada kabin mobil juga tak luput dari efek ini. Meskipun ada AC yang sudah dihidupkan, rasa panas pada saat musim kemarau masih saja mengganggu kenyamanan berkendara. Terlebih bagi anda yang hampir seharian menghabiskan waktu untuk bekerja dan harus berjibaku dengan kemacetan di ibukota. Wah, sudah pasti keadaan ini sangat menyiksa anda bukan?

Baca juga : Tips ampuh hilangkan bau menyengat dari kabin mobil.

Apalagi ditambah dengan efek rumah kaca dan pemanasan global di sana sini. Ya, cerobong asap pabrik dan kegiatan industri lain juga menjadi salah satu penyebab mengapa panas semakin tidak kondusif.

Nah bagi anda yang menjadikan mobil sebagai alat transportasi sehari-hari namun sering kali kesulitan mengatasi suhu kabin pada musim panas yang sering mengganggu, kini anda tak perlu khawatir lagi. Beberapa tips ampuh menjaga suhu kabin mobil di saat musim panas yang akan kami paparkan bisa anda jadikan panduan agar suhu di dalam kabin mobil anda tetap sejuk pastinya.

  1. Parkirkan mobil di tempat yang tidak panas dan sejuk

Memarkirkan mobil ditempat yang sejuk akan menghindarkan mobil anda dari sinar ultraviolet dan radiasi panas matahari. Anda bisa menempatkan mobil di bawah pohon yang rindang atau di dalam parkiran gedung. Hal ini secara tidak langsung akan mengurangi penggunaan AC, selain itu cat pada mobil anda pun tetap terjaga.

  1. Bukalah kaca mobil

Dengan membuka kaca mobil, suhu di dalam kabin anda akan seimbang. Hal ini terjadi karena ada pertukaran dengan udara luar yang memaksa udara panas untuk keluar melalui kaca jendela yang dibuka setinggi 5-10 cm.

  1. Gunakan kaca film

Selain memberikan kesan yang modis untuk mobil anda, kaca film juga menawarkan keuntungan yang tak kalah menggiurkan. Kaca film ini mempunyai kemampuan untuk mengatur suhu panas dan sinar ultraviolet yang hendak masuk ke dalam mobil.

Gunakanlah kaca film dengan merk yang bagus. Perhatikan juga tingkat kegelapan kaca film, kaca film yang terlalu gelap akan mengganggu jarak pandang anda.

Baca juga  : Bocoran kelebihan dan kekurangan kaca film mobil dan beberapa jenisnya.

  1. Nyalakan AC apabila mobil di parkir di tempat yang panas

Menyalakan AC saat memarkir mobil di tempat yang panas akan mengurangi rasa gerah di dalam kabin mobil.

  1. Gunakan pelindung kaca

Pelindung kaca pada bagian depan mobil juga dapat mengurangi panas yang berlebihan dalam dashboard depan. Ada baiknya jika anda menggunakan bahan kain berwarna terang untuk melindungi dashboard dan kemudi mobil.

  1. Gunakan jok kulit yang berkualitas tinggi

Kemampuan yang dimiliki jok kulit ini terbilang ampuh untuk mengatasi rasa gerah di kabin mobil saat musim panas. Ya, ini karena jok kulit mampu menyerap lebih banyak panas. Sehingga anda pun akan merasa nyaman duduk di atas jok walaupun udara di luar panas.

  1. Pengecekan cairan pendingin secara berkala

Salah satu tips untuk mengurangi rasa panas di dalam mobil ialah dengan rutin mengecek level pendingin secara rutin. Tambahkan cairan coolant apabila terlihat kurang.

  1. Kertas electrostatic

Kertas ini berupa lembaran tipis yang menempel pada kaca dan mengusir panas matahari dan radiasi ultraviolet tanpa mengganggu visibilitas kaca. Kertas electrostatic tidak menutup jendela namun membuat perbedaan jarak pandang.

Demikian beberapa tips jitu menjaga suhu kabin mobil di saat musim panas yang bisa anda jadikan panduan agar kabin anda tetap sejuk setiap saat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Bocoran cara pedagang bikin kabin mobil bekas seperti baru lagi.

Tips merawat dan membersihkan jenis-jenis jok mobil.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *