Tips Menghindari Mabuk Sebelum Dan Saat Berkendara

 

mabuk kendaraan

Sahabat setia Mekanikmikmitsubishi.com : Kali ini saya akan memberi beberapa tips menghindari mabuk sebelum dan saat berkendara. Sebagian orang mungkin kebiasaan ini sangat mengganggu aktivitas keseharian,apalagi jika kita dituntut untuk sering melakukan perjalanan jauh atau lama. Mabuk sendiri disebabkan oleh adanya gangguan rangsangan pada sensor otak seseorang.

Mabuk perjalanan bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Adapun beberapa faktor pemicu mabuk saat berkendara yakni :

a) Faktor Keturunan : Jika orang tua Anda mengalami mabuk perjalanan kemungkin Anda akan mengalaminya

b) Perut Dalam Keadaan Kosong : Perut kosong sangat rentan dan memicu mabuk perjalanan dikarenakan perut Anda akan labil jika terlalu banyak udara dalam perut Anda.

c) Kondisi Tubuh Menurun ( daya kekebalan tubuh menurun ) : Hal ini paling banyak mempengaruhi seseorang mengalami mabuk perjalanan.

d) Faktor Makanan : Beberapa jenis makanan bisa memicu seseorang mengalami mabuk perjalanan contohnya : makanan yang terlalu pedas,asam,atau berbau menyengat ( hal ini perpengaruh sesuai dengan pribadi masing-masing )

c) Bau Menyengat : Bau yang menyengat seperti bau buah durian sangat memicu mabuk perjalanan bagi sebagian orang dikarenakan bau yang terlalu tajam,adapula yang mengalami mabuk perjalanan dikarenakan bau wewangian yang menyengat.

Sekarang saya akan bahas pemecahan masalahnya,sebagai mantan pemabuk berat saat berkendara beberapa tahun saya mencari informasi bahkan konsultasi dengan ahli lambung untuk menyembuhkan kebiasaan ini. Saya sendiri sangat malu dan terganggu dengan hal ini, sampai-sampai saya menolak pekerjaan dikarenakan saya tidak sanggup berlama-lama naik kendaraan. Parahnya lagi perjalanan yang ditempuh 15 menit pun mabuk sering saya alami.

 

Beberapa Tips Mencegah Mabuk Sebelum Berkendara.

Untuk Anda yang pemabuk berat saat berkendara baik mengunakan kendaraan umum/pribadi sebaiknya sangat memperhatikan hal ini. Ada pepatah “sedia payung sebelumk hujan” pepatah ini saya terapkan pada prinsip hidup saya,dan hal ini sangat membantu memecahkan berbagai masalah.

Hal yang sering kita abaikan untuk mencegah mabuk perjalanan yakni persiapan sebelum berkendara/melakukan perjalanan. Diantara tips utama menghindari mabuk sebelum berkendara ialah:

a) Kondisikan fisik dan mental Anda : mengkondisikan fisik sebelum melakukan perjalanan diantaranya menghindari makanan atau minuman yang memicu terjadinya mabuk perjalanan. Banyak makanan dan minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan,makanan dan minuman yang terlalu banyak juga biasa menjadi faktor mabuk perjalanan.

Usahakan perut terisi makanan,( ingat jangan terlalu banyak ) makan makan yang netral,maksudnya tidak berbau menyengat atau mengandung asam yang tinggi. jika perlu minum obat sesuai anjuran dokter.

Anda tau bahwa sesuatu terjadi dikarenakan opsesi mereka terhadap apa yang ia pikirkan. Begitu pula dengan hal ini,jangan berfikiran Anda akan mengalami hal-hal yang buruk. Biasakan tubuh dan mental anda relax. Karena jika Anda sebelum dan saat melakukan perjalanan memikirkan hal yang negatif/berfikir Anda akan mengalami mabuk,mabuk dan mabuk niscaya otak anda akan merespon negatif dikarenakan mabuk terjadi karenan rangsangan sensor keotak mengalami gangguan ( bisa terjadi melalui bau,gerakan atau pikiran )

b) Persipkan senjata anda untuk mencegah mabuk kendaraan : Banyak cara seseorang untuk menghindari mabuk kendaraan. Sampai-sampai ada cara yang untik untuk mencegahnya. Berikut diantara cara seseorang mencegah mabuk perjalanan :

  1. makan makanan yang pedas seperti : lutis atau rujak.
  2. mengunakan benda : semisal memakai sabuk,pengganjal perut.
  3. mengunakan obat : baik obat dalam bentuk pil,koyo atau balsam ( gunakan 15menit sebelum masuk kendaraan )

Akan tetapi dari beberapa cara diatas tergantung kecocokan seseorang. Sanya sendri meminum obat anti mabuk,makan buah bengkoan/timun dan memaikai ikat pinggang.

 

Untuk Tips mengatasi Mabuk saat Berkendara yakni :

  1. Usahakan memilih tempat duduk yang stabil yakni di bagian tengah bus,jangan duduk diatas roda ban kendaraan karena posisi ini sangat mudah bergoyang.
  2. Pusatkan perhatian anda melihat pemandangan atau bercanda dengan teman,buat suasana jadi santai relax dan menyenangkan.
  3. Hindari mimun dan makan makanan yang memicu mabuk seperti yang saya sebutkan sebelumnya.
  4. Cari tempat yang sirkulasi udaranya cukup dan tidak pengap.
  5. Hindari bau-bau yang menyengat pemicu mabuk kendaraan.
  6. Mengolah pernapasan dengan benar,hirup udara yang dalam dan buang secara perlahan.
  7. Siapkan obat, sebelum mabuk Anda mencapai klimak sebaiknya segera mimum obat pencegah mabuk.
  8. Jika Anda sudanh mengalami gejala mabuk sebaiknya Anda berusaha tidur.

 

Sekian beberapa Tips Menghidari Mabuk Sebelum Dan Saat Berkendara,semoga tips Saya bisa membantu untuk mencegah mabuk berkendara. Jika kita yakin kita sembuh,niscaya hal tersebut akan terwujud. Maka pastikan diri Anda yakin dengan usaha dan doa untuk menghilangkan kebiasaan mabuk kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *