Tips Mengendarai Mobil Saat Sedang Berpuasa

mekanikmitsubishi.comKetika tiba waktunya bulan puasa, bukan berarti aktifitas atau kegiatan apapun menjadi berkurang. Bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa, aktifitas harus tetap berjalan seperti saat tidak berpuasa, tapi mungkin diperlukan beberapa tips tambahan untuk menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Karena memang tidak bisa dipungkiri ketika seseorang yang sedang berpuasa membutuhkan stamina fisik dan psikis yang lebih dari biasanya, termasuk saat sedang mengendarai mobil.

Nah, pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang tips mengendarai mobil bagi yang sedang berpuasa agar puasanya lancar dan berkendara pun menjadi nyaman tanpa ada gangguan. Kenapa hanya berkendara mobil saja kok masih membutuhkan tips? Ya, karena puasa dan menyetir saling terkait. Berkendara membutuhkan stamina, konsentrasi, dan mental. Jika saat berpuasa tiba-tiba ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi di jalan, misalnya ada gangguan yang bisa menimbulkan emosi bagi pengemudi, maka bisa dipastikan puasanya menjadi batal.

Oleh karena itu, untuk mengatasi bagaimana caranya berkendara tapi tidak sampai menyebabkan puasa seseorang menjadi batal, berikut ini tipsnya:

Sebelum berkendara, sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisi mobil. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya gangguan atau kerusakan mobil saat di jalan. Pastinya Anda tidak ingin berkendara saat sedang berpuasa di panasnya sinar matahari lalu tiba-tiba mobil Anda mogok di jalan.

Saat bersantap sahur, usahakan menghindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, karena akan menyebabkan seseorang mudah terserang kantuk. Perbanyaklah mengkonsumsi protein dan cairan. Karena pada saat seseorang sedang berpuasa dan energinya terkuras, biasanya akan lebih mudah menahas lapar daripada menahan haus. Oleh karena itu, cairan sangat penting untuk menjaga tubuh dari dehidrasi.

Saat berkendara dalam keadaan sedang berpuasa, pastikan terlebih dahulu jarak tempuh tujuan Anda. Anda harus bisa mengukur kemampuan kondisi tubuh Anda dengan jarak yang akan Anda tempuh, karena mengemudikan mobil dibutuhkan stamina dan kesabaran. Jika jarak tempuh Anda terlalu jauh, pastikan untuk istrirahat sesering mungkin. Jika normalnya orang yang sedang mengemudikan mobil diharuskan istirahat setiap empat jam sekali, maka Anda bisa beristirahat setiap tiga jam sekali.

Jangan memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat yang bisa menyebabkan emosi Anda naik, seperti saling mendahului dan lain sebagainya. Ingat, keselamatan Anda dan keluarga lebih penting. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui tips berkendara saat kondisi jalan sedang macet.

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan ketika berkendara dalam keadaan sedang berpuasa. Jangan sampai terjadi sesuatu hal yang mengakibatkan nilai ibadah puasa Anda berkurang. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu Anda berkendara dengan aman, nyaman, selamat sampai di tujuan dan puasa Anda pun lancar. Semoga bermanfaat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *