Tips Mengenal Ciri Shockbreaker Bekas Yang Baik Dengan Mudah

mekanikmitsubishi.comTips Dan Trik Mengenal Ciri Shockbreaker Bekas Yang Baik Sendiri Denga Mudah

Mekanikmitsubishi.com – Seperti halnya komponen lain yang ada pada motor, shockbreaker pun memiliki batas usia. Sehingga ketika anda sudah merasa tidak nyaman ketika menggunakan sepeda motor dibagian shockbreakernya. jadi sebaiknya segera membawa ke tukang bengkel atau menggantinya.

Baca juga : Tips dan langkah mengetahui kerusakan pada komponen bearing roda dengan mudah. 

Ada beberapa penyebab shockbreaker mengalami kerusakan, selain karena faktor usiashockbreaker juga bisa cepat rusak jika kendaraan sering di gunakan untuk membawa barang dengan beban yang terlalu berat. Atau bisa jadi karena motor terbiasa jalan dijalan yang rusak dan masuk ke dalam lubang dengan keras.

Nah untuk itu, anda harus bisa mengenal ciri shockbreaker bekas yang baik jika akanmenggantinya agar tidak tertipu. Tentu shockbreaker untuk motor matik dan motor bebek ataupun sport beda dalam jenisnya. Untuk memilih shockbreaker pun harus disesuaikan panjang, sama atau tidak dengan shockbreaker sebelumnya.

Tips untuk membeli shockbreaker aftermarket di toko biasa bukan di bengkel resmi sebaiknya langsung minta dipasang langsung ditempat anda membelinya.Dan pastikan jika pemasangan shockbreaker tersebut benar-benar stabil.

Suspensi pada mobil memang harus dirawat secara berkala, oleh karena itu dianjurkan untuk anda untuk selalu cek dahulu jika motor akan anda gunakan.Tetapi sebelum itu anda harus bisa mengenali ciri shockbreaker bekas yang baik. Berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya :

  1. Tidak tersendat

Mengenal ciri shockbreaker bekas yang baik yang pertama adalah periksa shockbreaker anda dengan cara menarik ataupun menekan jika anda merasa ada tahanan tetapi tidak tersendat, jika tersendat itu menandakan bahwa shockbreaker itu rusak. Pengecekan ini berlaku untuk shockbreaker jenis Double Action.

  1. Cat

Untuk shockbreaker bekas yang baik, anda sebaiknya mengecek pengecatanya. Anda harus memperhatikan catnya, anda harus memastikan bahwa shockbreaker yang akan anda beli bukan hasil cat ulang.

  1. As tengah harus mulus

Ciri-cirishockbreaker bekas yang baik yang selanjutnya adalah dengan mengenali as tengahnya.Pastikan as bagian tengahnya mulus tidak ada cacat.

  1. Tidak mudah goyang

Shockbreaker bekas yang baik juga bisa dicek dengan cara melewati polisi tidur. Jika pada bagian belakang terasa melintir goyang seperti mau nyalip atau lari sendiri, itu tanda shockbreakertersebut telah rusak.

  1. Rembesan oli

Ciri shockbreaker bekas yang baik juga ditandai dengan tidak adanya rembesan oli.Jika terdapat rembesan oli shockbreaker di bagian bawah, itu pertanda bahwa shockbreaker sudah tidak baik lagi untuk digunakan.

  1. Masih dalam keadaan baik

Untuk mengenalishockbreaker bekas yang baik anda juga bisa dengan melihat pada produk shockbreaker tersebut.Jika memiliki tanda pengelupasan lubang pada baut bawah, itu artinya shockbreaker tersebut sudah tidak layak pakai.

  1. Banyaknya pantulan

Shockbreaker bekas yang baik juga ditandai dari banyaknya pantulan. Dalam hal ini,banyak orang yang menganggap bahwa shockbreaker yang rusak itu keras, dikarenakan bunyinya semakin sering terdengar.Padahal sebenarnya bunyi yang sering terdengar itu karena diakibatkan seringnya guncangan pada motor.

Itulah tadi beberapa hal yang harus anda perhatikan jika akan membeli shockbreaker bekas tetapi kualitasnya masih baik. Karena jika anda tidak teliti justru akan membuat motor anda menjadi tidak enak di pakai dan tidak nyaman.

Oleh sebab itu anda harus mengenal ciri shockbreaker bekas yang baik agar tidak salah dalam membelinya.Selain itu juga jika anda mengetahui ciri shockbreaker anda rusak tentu anda bisa langsung membawa ke bengkel untuk di perbaiki.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda, dan semoga membantu anda dalam memilih jenis shockbreaker yang baik untuk kendaraan bermotor anda.

Artikel terkait :

Komponen utama sistem suspensi kendaraan roda empat.

Tips terbaik merawat sockbreaker dengan mudah agar tidak mudah bocor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *