Tips Mengemudi yang Aman Saat Mudik

mekanikmitsubishi.comMengemudikan kendaraan di jalan umum tentu saja harus mematuhi segala peraturan lalu lintas yang ada. Terlebih lagi mengemudikan kendaraan di jalanan umum pada saat mudik, pastinya selain mematuhi aturan lalu lintas juga harus memahami bagaimana cara mengemudikan kendaraan dengan baik dan benar. Karena pada saat arus mudik biasanya jalanan menjadi macet, semrawut dan lain sebagainya, yang tentu saja membutuhkan kondisi mobil dan stamina pengemudi yang fit.

Seringkali terjadi pada seseorang yang dirasa sudah mahir mengemudikan kendaraan, lalu akhirnya malah kurang memperhatikan atau mengabaikan cara mengemudikan kendaraannya dengan baik, benar, dan aman. Dan tentu saja hal ini selain berpotensi akan membahayakan diri sendiri juga akan membahayakan pengguna jalan yang lain.

Nah, agar Anda tetap merasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan serta meminimalisir hal-hal yang tidak Anda inginkan, alangkah baiknya jika terlebih dahulu Anda memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal kecil  sebelum melakukan perjalanan atau keberangkatan. Salah satu hal kecil tapi utama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek semua komponen atau kondisi kendaraan Anda.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa bagian ban, tekanan anginnya, minyak rem, dan atau jika memungkinkan pastikan juga jika tidak ada kebocoran oli. Tentu saja semua ini akan bermanfaat bagi Anda selama dalam perjalanan. Seandainya pun terjadi gangguan darurat ketika dalam perjalanan, pastinya Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu.

Ketika kendaraan Anda sudah dirasa aman, langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah mempertimbangkan kebiasaan Anda yang kurang baik saat menyetir. Misalnya saja merokok, menerima telepon/SMS, makan, minum, atau mungkin bercanda yang terlalu berlebihan saat sedang mengemudikan kendaraan. Sebaiknya hindari hal-hal yang kurang bermanfaat dan pastikan untuk terus berkosentrasi saat mengemudikan kendaraan. Hal ini tentu saja bisa menghindarkan atau meminimalisir dari segala hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi dan menimpa Anda selama dalam perjalanan, termasuk kecelakaan.

Setelah Anda memperhatikan dan melakukan beberapa hal tersebut di atas, sebaiknya juga jangan lupa untuk mematikan mesin mobil Anda ketika sedang berhenti lebih dari satu menit. Hal ini bertujuan selain untuk menghemat konsumsi bahan bakar, juga bermanfaat untuk meminimalisir keausan yang terjadi pada mesin mobil Anda. Karena ternyata mobil yang berhenti selama tiga menit dalam kondisi mesinnya masih hidup, itu sama halnya dengan mobil yang berjalan sejauh 1 km dengan kecepatan 50 km/jam.

Nah, itulah beberapa hal kecil yang perlu Anda perhatikan dan lakukan saat mengemudi agar tetap aman dan nyaman, dan Anda pun bisa selamat sampai tujuan. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *