Tips Mengemudi Mobil Saat Berhenti di Tanjakan Dengan Setengah Kopling

Bagi pengguna kendaraan bermotor, terutama mobil, mungkin pernah mengalami ketika mobil yang dikendarai harus berhenti di tanjakan saat jalanan macet atau sebagainya. Sebagai pengemudi pemula atau yang kurang pengalaman, pastinya situasi yang demikian ini akan cukup membuat panik si pengemudi, karena jika salah mengemudikan, tentu saja mobil bisa berjalan mundur dan menabrak mobil yang berada tepat di belakangnya.

Sebenarnya saat mobil harus berhenti di tanjakan ketika jalanan macet atau sebab lain bukanlah sesuatu yang menyulitkan pengemudi, dengan catatan si pengemudi tidak terlalu panik dan mengerti teknik atau caranya. Salah satu cara yang bisa dan biasa dilakukan oleh kebanyakan pengemudi adalah dengan menggunakan cara setengah kopling.

Cara yang satu ini bisa dilakukan jika kondisi jalan tidak mengalami kemacetan yang terlalu parah atau berhenti di tanjakan dalam waktu yang singkat kemudian mobil akan berjalan lagi. Biasanya cara yang satu ini diaplikasikan jika keadaan jalanan tidak menanjak terlalu tinggi. Karena jika menggunakan cara yang setengah kopling ini ketika jalanan mengalami kemacetan yang parah, maka bisa menyebabkan keausan pada kampas kopling.  

Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan kombinasi antara fungsi pedal gas dan juga fungsi pedal kopling. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah ketika mobil sudah berada di tengah-tengah tanjakan, segera hentikan laju mobil Anda dengan cara menahan gas dan menginjak kopling dalam waktu yang bersamaan.

Pada saat menginjak kedua pedal tersebut, usahakan untuk tidak menekan pedal gas terlalu dalam atau terlalu rendah/kecil, harus pas dan seimbang antara tekanan gas dan kopling sehingga mobil bisa berhenti saat itu juga. Jika mobil sudah berhenti, tahan kedua posisi pedal tersebut agar mobil tidak bergerak sesuai dengan kondisi.

Dan jika Anda ingin mobil melaju kembali, lepas secara perlahan pedal kopling dan seimbangkan pergerakan mobil dengan menambah tekanan pada pedal gas. Pada posisi ini maka secara otomatis mobil akan bergerak maju secara perlahan, tergantung pada pengendalian Anda saat melepas pedal kopling dan tekanan pada saat menginjak pedal gas. 

Nah, itulah tips singkat mengemudikan mobil saat harus berhenti di tanjakan dengan menggunakan setengah kopling. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *