Tips Mengemudi Mobil Saat Berhenti di Tanjakan Dengan Rem Tangan

Setelah pada artikel sebelumnya penulis membahas bagaimana “tips mengemudikan mobil saat harus berhenti di tanjakan dengan teknik setengah kopling”, maka pada artikel kali ini penulis akan membahas bagaimana tips dan cara mengemudikan mobil saat harus berhenti di tanjakan dengan menggunakan rem tangan.

Berkendara di jalanan yang penuh dengan tanjakan tentunya akan memberikan tantangan tersendiri bagi si pengemudi. Apalagi jika si pengemudi belum begitu mahir dalam mengemudikan mobil, tentu saja hal ini akan membuat si pengemudi harus menggunakan berbagai teknik agar mobil yang dikendarai tidak bergerak mundur.

Oleh karena itu, agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman ketika menghadapi situasi seperti tersebut di atas, tidak ada salahnya dan alangkah baiknya jika Anda mengetahui tips mengemudi mobil saat harus berhenti di tanjakan dengan menggunakan rem tangan berikut ini:

Langkah pertama kali yang harus Anda lakukan adalah tentu saja dengan menggunakan hand rem atau rem tangan. Caranya, hentikan laju mobil Anda terlebih dahulu dengan menginjak pedal rem dan pedal kopling pada saat yang bersamaan. Lalu, segera tarik tuas rem tangan untuk menghentikan pergerakan atau mengendalikan posisi mobil saat berada tepat di tengah tanjakan.

Kemudian segera netralkan posisi gigi persneling. Nah, pada kondisi ini mobil sudah cukup aman dengan beberapa catatan Anda tidak membawa beban terlalu berat, karena ada batas maksimal yang bisa ditahan oleh hand rem mobil Anda. Tapi, jika hal ini terjadi pada Anda, Anda bisa meminta bantuan penumpang atau orang lain untuk memberikan rem tambahan berupa ganjalan dari batu atau apa saja pada roda-roda belakang mobil Anda. Hal ini bertujuan untuk membantu kerja rem tangan pada mobil Anda agar tidak terlalu menahan berat berlebih.

Dan jika Anda ingin mobil melaju kembali, langkah pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan memindahkan posisi persneling ke gigi satu. Lalu tekan pedal gas dan seimbangkan atau kurangi tekanan pada pedal kopling hingga mobil terasa bergetar. Dan jika mobil sudah dalam keadaan aman, segera lepaskan atau turunkan posisi handrem / rem tangan secara perlahan sambil tetap mempertahankan tekanan pada pedal gas dan kopling. Pada kondisi inilah biasanya mobil akan bergerak mundur. Oleh karena itu, agar mobil tidak bergerak mundur, tambah tekanan lebih dalam pada pedal gas, sehingga mobil akan berjalan maju dengan pelan dan tidak bergerak mundur.

Nah, itulah beberapa tips mengemudikan mobil saat harus berhenti di tanjakan dengan menggunakan rem tangan. Tips ini sangat bermanfaat jika digunakan pada jalanan tanjakan yang mengalami kemacetan. Anda juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda ketika mengemudikan mobil berhenti saat di tanjakan dengan membaca artikel sebelumnya “tips mengemudikan mobil saat harus berhenti di tanjakan dengan teknik setengah kopling”. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *