Tips Mengatasi Mobil Mudah Mogok Di Tengah Jalan

tips-mengatasi-mobil-mudah-mogok-di-tengah-jalan-mekanikmitsubishiTips Dan Cara Mengatasi Mobil Yang Mudah Mogok Di Tengah Jalan.

Mekanikmitsubishi.com Jika Anda sudah memiliki mobil ada baiknya anda mengetahui hal-hal mendasar mengenai mobil tersebut agar ketika terjadi masalah ketika sedang mengendarainya, Anda sudah bisa melakannya setidaknya antisipasi sehingga tidak akan merugikan atau melukai diri Anda sendiri ataupun pengendara yang lainnya.

Baca juga : Penyebab dan cara mudah mengatasi mobil mogok sulit distarter.

Tidak jarang rasanya anda menjumpai mobil yang mogok di tengah jalan sehingga menimbulkan kemacetan yang terkadang membuat jengkel. Itu sebabnya, Anda harus mengetahui beberapa tips mengatasi mobil yang sedang mogok di tengah jalan. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan anda tidak lagi merasa kesulitan yang terlalu ketika mengalami mogok kendaraan.

Adapun beberapa tips dan cara mengatasi mobil mogok ditengah jalan ialah sebagai berikut :

Baca juga : Apakah mobil matic boleh diderek saat mogok,dan apa efek dan penyebabnya?

  1. Mengamankan Posisi Mobil

Hal paling utama yang harus Anda lakukan ialah mengamankan posisi mobil Anda terlebih dahulu. Jika sudah merasakan keanehan pada mobil ketika sedang dikendarai, sebaiknya langsung bersiap untuk mengambil jalur pinggir dan menghentikannya pada posisi yang sudah dianggap aman dan tidak akan mengganggu lalu lintas.

Barulah kemudian keluar dan lakukan pengecekan mendasar pada mobil Anda. Untuk melakukan pengecekan ini, anda dituntut untuk mengetahui keadaan mobil Anda sendiri.

  1. Memeriksa Bagian Pengapian

Salah satu hal yang paling sering menjadi penyebab mogoknya kendaraan ialah terjadi masalah pada bagian pengapian. Periksa bagian platina, komponen distributor, dan juga tidak ketinggalan dengan businya. Anda bisa mengecek busi dengan mencabutnya dan kemudian membersihkannya. Hati-hati juga karena hal ini bisa saja terasa panas untuk tangan Anda.

Jika memang tidak terdapat masalah yang berarti, barulah Anda bisa memulai untuk mengecek bagian lainnya. Karena mesin mobil saling berhubungan, maka Anda harus lebih teliti ketika melakukan pengecekan pada setiap bagiannya.

  1. Periksa Pemasok Bahan Bakar

Hal lain yang juga sangat memungkinkan menjadi penyebab mogoknya kendaraan ialah permasalahan yang terjadi pada komponen pemasok bahan bakar. Komponen tersebut seperti pompa bensin dan karburator. Masalah pada karburator biasanya terjadi karena terlalu banyaknya bensin atau terlalu sedikit. Namun sekarang sudah tidak semua mobil menggunakan karburator karena dirasa kurang efektif.

Memeriksa bagian ini juga sebenarnya tidak membutuhkan keahlian yang mendetail, yang terpenting Anda sudah mengetahui bagian mendasar pada elemen pemasok bahan bakar.

  1. Periksa Bagian Penyuplai Daya

Komponen lain yang juga tidak kalah penting dalam hidupnya mesin mobil ialah komponen pada penyuplai daya. Jika terjadi masalah di dalamnya, tidak heran jika mesin mobil akan langsung bermasalah sehingga mobil akan menjadi mogok.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan pada bagian ini ialah memeriksa sambungan yang ada pada bagian tutup kepala aki, karena bisa saja tutup ini menjadi kendur. Jika memang menjadi kendur, maka langsung saja kencangkan kembali bagian tersebut.

  1. Periksa Mesin Apakah Over Heating

Masih ada hal lain yang juga bisa membuat mobil menjadi mogok, yakni mesinnya yang sudah over heating alias terlalu panas. Hal ini bisa terjadi jika mobil sudah sangat lama dikendarai tanpa beristirahat, ditambah lagi dengan cuaca yang sedang panas.

Anda bisa mengecek hal ini melalui jarum indikator untuk temperatur mesin. Jika jarumnya sudah lebih dari posisi setengah, bisa dikatakan bahwa mesin tersebut sudah overheating. Maka segeralah mencari tempat yang teduh untuk menghentikan laju mobil Anda dan membiarkannya menjadi lebih dingin terlebih dahulu.

Nah, cukup mudah bukan untuk mengatasi mobil yang tiba-tiba saja mogok di tengah jalan? Akan jauh lebih baik lagi jika anda melakukan pengecekan pada beberapa komponen yang sudah disebutkan tadi sehingga dapat menghindari hal seperti ini.

Artikel terkait :

Penyebab dan cara mudah menjumper aki mobil dengan aman.

Cara mengatasi dan mendeteksi mobil mogok dengan mudah.

Tips mengemudi saat mudik,hindari lelah dan mengantuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *