Tips Memilih Pembersih Mobil Yang Bagus

sabun mobil

Kebersihan merupakan hal yang harus benar-benar di perhatikan oleh semua orang dan di setiap kesempatan. Karena kebersihan in lah yang akan menggambarkan diri anda sesungguhnya di depan orang lain. Saat anda tampil bersih dan rapi maka orang lain akan terkesan dan beranggapan bahwa anda adalah orang yang selalu menjaga kebersihan.

Akan tetapi sesungguhnya kebersihan tidak hanya pada tubuh anda, barang atau alat yang anda gunakan sehari-hari juga harus bersih agar menjadi satu kesatuan yang serasi dan indah di pandang.Salah satu benda yang harus selalu terlihat bersih agar penampilan anda selalu oke adalah mobil anda.

Pembersihan mobil sebenarnya sangat mudah dan sederhana, jadi tidak akan ada alasan untuk anda malas membersihkan mobil. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, proses pembersihan mobil sebenarnya sangat tergantung dengan pemilihan bahan pembersih yang tepat. Tips memilih pembersih mobil yang tepat harus anda ketahui agar anda tidak salah memilih pembersih mobil yang justru akan merusak cat mobil anda. Berikut beberapa tips memilih pembersih mobil yang wajib anda ketahui :

  1. Alkohol 50 – 90 %

Kandungan alkohol dalam pembersih mobil harus benar-benar anda perhatikan Sebab jika anda tidak memperhatikan tips memilih pembersih mobil yang satu ini maka akan berdampak besar pada mobil anda. Misalnya jika anda menggunakan pembersih mobil yang memiliki kandungan alkohol lebih dari 90 % maka berpotensi mengakibatkan goresan pada mobil anda, terutama bagian kaca mobil. Sebaliknya jika kandungan alkohol kurang dari 50% maka hasil pembersih mobil tersebut akan kurang maksimal.

  1. Mengandung Mengkilap Cat

Selain berfungsi untuk menghilangkan kotoran pada body mobil, alangkah baiknya jika pembersih mobil yang anda gunakan juga memiliki fungsi lain yaitu untuk mengkilapkan body mobil anda. Pembersih mobil yang sekaligus mengandung pengkilap ini sudah banyak beredar di pasaran sehingga mudah untuk anda mendapatkannya.

  1. Mengandung amonia

Pembersih mobil yang bagus selalu mengandung amonia sebagai bahan bakutambahannya. Amonia ini adalah bahan yang bisa membersihkan body mobil anda secara maksimal dan cepat mencegah penempelan kotoran pada body mobil.Namun usahakan memilih pembersih yang mengandung amonia tidak terlalu banyak, karena anomia dalam jumlah banyak dan terlalu pekat berbahaya.

3 Tips memilih pembersih mobil di atas merupakan tips yang simpel namun jika tidak di perhatikan akan membuat mobil anda berkurang keindahan serta kebersihannya. Tips memilih pembersih mobil tersebut dapat anda terapkan saat memilih pembersih mobil buatan pabrik, hindari pemilihan pembersih mobil yang merupakan buatan perorangan karena biasanya tidak tercantum kandungan bahan sehingga anda tidak bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tersebut.

Namun untuk anda yang lebih suka menggunakan pembersih mobil buatan perorangan, maka membuat pembersih mobil sendiri lebih di sarankan di banding dengan membeli pembersih mobil tanpa merk atau produk yang belum terkenal. Berikut cara membuat pembersih mobil sendiri :

  1. Pembersih mobil 1

Cara membuat pembersih mobil sendiri yang pertama diperuntukkan untuk kaca mobil.Yang harus anda siapkan pertama-tama adalah air destilasi.Penggunaan air destilasi ini bertujuan untuk menghindari penumpukan mineral yang terkandung dalam air.Setelah itu campurkan cuka apel kedalam air tersebut, aduk hingga cuka apel tercampur rata dengan air.Setelah pembersih kaca jadi, masukkan kedalam alat semprotan dan gunakan untuk membersihkan kaca secara rutin.Kandungan cuka pada pembersih ini juga dapat menghilangkan jamur yang membandel pada kaca mobil.

  1. Pembersih mobil 2

Cara membuat pembersih mobil selanjutnya juga tidak kalah mudahnya. Jika di pembersih mobil buatan sendiri sebelumnya hanya menggunakan 1 bahan campuran yaitu cuka apel, di pembersih mobil yang ke 2 ini anda akan menggunakan 2 bahan campuran yaitu sabun cuci piring cair dan amonia. Cara pembuatannya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok sabun cuci piring pada 1 liter air, lalu di lanjutkan dengan mencampurkan 1/3 cangkir amonia.Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan gunakan untuk membersihkan seluruh bagian body mobil.

  1. Pembersih mobil 3

Bahan selanjutnya yang di gunakan untuk membuat pembersih mobil adalah alkohol. Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa pembersih mobil akan bekerja maksimal jika memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Cara membuat pembersih mobil sendiri menggunakan alkohol sangat simpel yaitu dengan mencampurkan air bersih dengan mencampurkan alkohol 70% pada air bersih, lalu kocok hingga tercampur rata dan gunakan untuk membersihkan mobil.

Dengan mempelajari cara membuat pembersih mobil sendiri anda memiliki beberapa keuntungan sekaligus yaitu pembersih memiliki kandungan bahan yang pas sehingga mobil akan bersih maksimal. Selain itu, dengan membuat pembersih mobil sendiri anda juga akan menghemat dana yang di keluarkan.

Namun jika anda ingin yang mudah dan simpel, maka gunakan saja pembersih mobil buatan pabrik. Asalkan anda memperhatikan tips memilih pembersih mobil di atas.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *