Tips Memilih dan Menentukan Kredit Mobil yang Tepat 

mekanikmitsubishi.comDi era yang semakin maju dan modern seperti sekarang ini, mobil bukan lagi hanya sekedar menjadi gaya hidup semata, akan tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan manusia untuk menunjang segala aktivitasnya. Meskipun demikian, mengingat harga mobil yang ditawarkan masih tergolong tinggi, maka banyak diantara para produsen mobil yang menawarkan pembelian dengan sistem kredit.

Tujuan utama dari sistem kredit ini tentu saja agar mobil yang mereka tawarkan laku tidak hanya bagi sebagian orang yang mampu membelinya secara cash saja, melainkan juga untuk membuka kesempatan bagi orang lain yang juga ingin memiliki mobil namun dengan dana terbatas yang hanya mampu untuk mengangsur mobil tersebut secara bertahap sesuai dengan pendapatan mereka dan dalam jangka waktu tertentu.

Pembelian mobil dengan sistem kredit ini juga bisa meringankan beban mereka yang membutuhkan mobil untuk segmen komersial maupun bisnis. Sehingga mereka juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa memiliki dan menikmati beragam manfaat yang didapat dari mobil tersebut, misalnya untuk menjalankan atau memperbesar usaha mereka dengan cara-cara yang lebih terjangkau.

Namun dengan semakin maraknya iming-iming yang menggoda yang coba ditawarkan oleh penyedia sarana kredit terkadang malah membingungkan calon konsumen untuk memilih sistem kredit yang tepat. Jika salah dalam memilih tentu saja akan menimbulkan masalah finansial yang bisa mempengaruhi dan mengganggu kondisi keuangan Anda akibat adanya hutang kredit.

Oleh karena itu, agar tidak terjebak ke dalam penawaran-penawaran kredit yang menggiurkan yang akhirnya malah menimbulkan masalah di masa yang akan datang, berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat hendak memilih kredit mobil yang baik dan tepat:

Pahami dan Pelajari Terlebih Dahulu Penyedia Sarana Kredit

Saat sekarang ini hanya tersedia dua lembaga di Indonesia yang menyediakan sarana kredit mobil.

Yang pertama adalah lembaga keuangan bank (perbankan). Untuk sektor yang pertama ini mereka akan lebih berhati-hati ketika hendak mengucurkan kredit yang akan digunakan untuk pembiayaan kepemilikan mobil bagi perseorangan. Dan akhir-akhir ini beberapa bank sudah mulai menawarkan kredit kepemilikan kendaraan (mobil) bagi masyarakat individu.

Yang kedua adalah Payment Agent (lembaga pembiayaan). Lembaga ini biasanya memiliki keterkaitan dengan perusahaan yang berkecimpung di industri otomotif, sebagai dealer maupun Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

Pilih Mobil yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Jangan hanya terjebak dengan gaya hidup semata. Sebagian orang masih banyak yang memilih dan membeli mobil bukan berdasarkan pada manfaat dan kebutuhan, namun lebih hanya karena gaya hidup atau gengsi. Hal ini justru akan menjadikan mobil yang telah dipilih kehilangan manfaat dan malah akan membebani si pemilik.

Berbagai jenis mobil yang ditawarkan yang beredar di pasaran telah di desain dengan fungsi dan tujuan masing-masing. Pertimbangkan terlebih dahulu dengan seksama dari berbagai aspek saat akan membeli mobil, misalnya seperti kondisi medan yang akan dilalui, berapa orang yang akan diangkut, aktivitas seperti apa yang akan dilakukan, dan dari berbagai aspek lainnya.

Pilih Harga Mobil yang Sesuai

Jika sudah diputuskan mobil yang dibutuhkan atau diinginkan, lakukan beberapa survey terlebih dahulu untuk memperoleh penawaran harga yang paling ideal dari harga mobil tersebut. Informasi harga bisa diperoleh dengan mengunjungi dan bertanya langsung ke beberapa dealer yang menyediakan mobil yang sudah dipilih. Bisa juga melakukan survey dengan mengunjungi situs-situs yang memberikan informasi penting terkait  harga mobil yang sudah dipilih melalui internet.

Perhitungkan Besaran Uang Muka dan Angsuran

Sebelum terjadi akad kredit, tentukan terlebih dahulu berapa besaran uang muka yang sanggup dibayarkan. Bagi pihak bank atau leasing, besaran uang muka yang akan dibayarkan menunjukkan tanda keseriusan dalam mengambil kredit. Artinya jika sudah serius untuk menyerahkan besaran uang muka yang sudah ditentukan, berarti calon konsumen juga dinilai serius untuk selalu menyanggupi membayar kewajibannya menyicil angsuran setiap bulannya.

Besarnya angsuran yang harus dipenuhi tiap bulan juga dapat dihitung berdasarkan besaran uang muka dan jangka waktu kredit. Sesuaikan besaran uang muka dan jangka waktu kredit agar juga bisa ditentukan berapa besaran angsuran tiap bulannya yang sanggup dibayarkan tanpa harus membebani hingga mempengaruhi kondisi finansial.

Teliti Ketika Melakukan Proses Pengajuan Kredit

Lembaga pembiayaan atau penyedia sarana kredit yang baik akan selalu berusaha untuk melindungi hak-hak calon debiturnya serupa dengan usaha yang dijalankan untuk melindunginya dari potensi kerugian yang akan ditimbulkan dari kredit tersebut.

Ciri-ciri penyedia sarana kredit yang baik adalah terbuka dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan calon konsumennya, prosedur yang logis, dan adanya kesesuaian antara iklan yang dipromosikan dengan kenyataan. Dalam hal ini sebaiknya calon debitur mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang kritis yang tidak atau kurang jelas. Jangan lupa juga untuk membaca dengan baik semua ketentuan dan pahami apa yang telah dijelaskan oleh pihak penyedia sarana kredit.

Yang menarik dari penyedia sarana kredit adalah ketika pihaknya teliti ketika hendak menyaring calon debiturnya, biasanya penyedia sarana kredit tersebut semakin baik melindungi hak-hak calon debiturnya dalam perjanjian kredit. Jangan pernah ragu jika proses pengajuan kredit yang akan dilalui panjang, bertele-tele, atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi calon debitur terlalu banyak.

Pilihlah Suku Bunga Terendah

Sebelum akad kredit, alangkah baiknya jika mengetahui dan mempelajari terlebih dahulu beberapa hal tentang suku bunga kredit yang ditawarkan oleh sarana penyedia kredit.

Ada dua macam suku bunga kredit, yakni tetap (flat rate) dan mengambang (floating rate). Sebisa mungkin pilihlah suku bunga yang menawarkan bunga paling rendah, sehingga tidak sampai membebani dalam memenuhi kewajiban angsuran setiap bulannya.

Ilustrasi yang umum pada kredit mobil dengan suku bunga tetap: misal suku bunga 6,25% per tahun selama tiga tahun masa kredit. Maka calon debitur harus membayar bunga sebesar 6,25% per tahun atas hutang pokok pinjaman setelah dikurangi dengan uang muka.

Sedangkan untuk suku bunga mengambang, relatif berubah terhadap perubahan yang telah ditetapkan oleh suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) sebagai bank sentral. Kemudian sarana penyedia kredit akan menyesuaikan suku bunga yang akan mereka tentukan sendiri untuk menjaga dan mempertahankan profit margin tertentu. Dengan demikian untuk suku bunga dari jenis kredit ini bisa mengalami fluktuasi. Bisa merugikan tapi juga bisa menguntungkan.

Tentukan Asuransi yang Tepat

Ketika seseorang memutuskan untuk mengambil kredit mobil, tentunya akan mengenal asuransi yang juga menyertai kredit tersebut.

Dalam hal ini, terdapat dua jenis asuransi kendaraan bermotor yang umumnya akan ditawarkan, yakni Total Los Only dan All Risk. Untuk All Risk, kendaraan akan dilindungi dari resiko kecelakaan, bencana alam, dan huru-hara. Cakupannya lebih luas. Sedangkan untuk Total Loss Only, kendaraan hanya akan dilindungi terkait dengan pencurian yang masa perlindungannya sampai 12 tahun.

Semoga dengan adanya tips tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda yang hendak memilih dan menentukan kredit mobil yang tepat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *