Tips Memilih Beberapa Tipe Ban Mobil Yang Tidak Bising

Tips Memilih Beberapa Tipe Ban Mobil Yang Tidak Bising - MekanikmitsubishiTips Memilih Ban Mobil yang Tidak Bising dan Berkualitas

Mekanikmitsubishi.com – Ban mobil adalah elemen yang paling penting untuk sebuah kendaraan tidak hanya mobil namun hampir setiap kendaraan transportasi. Sebaik apapun mobil yang dikendarai, jika ban mobil mengalami masalah atau salah dalam memilih ban mobil maka akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda saat berkendara. Selain itu, ban mobil yang bermasalah juga bisa membahayakan nyawa pengemudi.

Baca juga : Rahasia umur ban kendaraan panjang dengan perawatan khusus.

Tidak sedikit pemilik mobil yang bingung ketika akan membeli ban untuk mobil mereka. Seperti, tipe apa yang cocok digunakan untuk mobil tertentu atau jenis ban apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sehingga, untuk membeli ban setidaknya Anda harus memiliki beberapa pengetahuan tips membeli ban mobil dan kelebihan masing-masing jenisnya.

Karena akibat jika salah memilih ban mobil adakalanya ban akan menjadi bising dan tidak enak saat digunakan berkendara. Pada dasarnya, ban yang digunakan untuk sehari-hari haruslah lebih nyaman. Banyak sekali ban mobil dijual di pasaran, tetapi tidak semuanya bagus dan berkualitas sehingga perlu kejelian dalam pemilihannya.

Berikut ini informasi dan tips mengenai jenis ban mobil yang bagus, tidak bising dan berkualitas :

Baca juga :Tips dan cara merawat ban serep mobil selalu prima dan tak kadaluarsa.

Alur Tidak Melintang dan Profil Tapak Bulat

Bambang Hermanurhadi seorang Manager Training PT. Sumi Rubber Indonesia dalam viva otomotif mengatakan bahwa, desain alur ban mobil sangat berpengaruh pada kebisingan yang dihasilkan saat berkendara.

Ban mobil dengan alur melintang akan membuat udara pada ban terjebak saat digunakan untuk berkendara dan pada akhirnya menghasilkan guncangan yang menyebabkan suara bising pada ban.

Memilih ban mobil dengan tapak bulat adalah cara yang tepat saat membeli ban. Karena dengan profil bulat ketika melewati jalan bergelombang akan membuat kejutan besar terserap dan suara bising bisa lebih diminimalisir.

Pilih Kode P

Saran penggunaan ban mobil sebenarnya sudah terdapat di bagian laci,  pintu dan tutup tangki bahan bakar di bagian belakang. Jika Anda menemukan kode P195/55/R15 84V. Kode ini berbeda untuk setiap mobil, tetapi hurup P pada kode tersebut selalu menunjukan singkatan passanger, yang artinya mobil tersebut didesain untuk mobil penumpang.

Mobil seperti SUV/MPV sangat direkomendasikan untuk menggunakan berkode P. Pada ban biasanya juga terdapat kode S yang menandakan kecepatan tempuh ban per km/jam.

Ban Mobil Tipe All Terrain

Jika Anda sering melewati jalan tanah dan berkerikil tipe ban A/T atau all terrain adalah pilihan yang tepat karena jenis ban ini memiliki tipe yang kuat untuk melalui kondisi jalan-jalan seperti itu. Begitu juga jika tinggal di tempat yang sering terkena banjir. Menggunakan ban jenis ini akan sangat membantu melewati medan jalan yang berair. Jenis ban ini juga tidak terlalu berisik jika digunakan di jalan aspal biasa.

Ban Untuk Off Road

Jika Anda ingin menggunakan mobil untuk kegiatan off road, lebih baik gunakan ban tipe M/T atau Mud Terrai. Ban ini dirancang untuk melewati medan-medan yang berlumpur dan bebatuan. Ban tipe M/T Mud Terrai terkenal sangat kuat dan kokoh menempuh medan yang sulit dilewati.

Tetapi pastikan gunakan sesuai kebutuhan. Karena jika Anda menggunakan ban ini di jalan raya sangtlah tidak tepat. Meskipun kuat di medan berlumpur dan bebatuan serta berpasir, ban ini akan licin dan memiliki daya cengkram lemah ketika digunakan di jalan raya.

High Terrain Untuk Jalan Aspal

Untuk Anda pemilih mobil MPV ban yang cocok untuk Anda adalah tipe H/T atau High Terrain. Tipe ban ini akan cocok digunakan pada mobil-mobil seperti Avanza, Pajero, Terios, Rush, atau Inova. Motif kembang yang dimiliki ban mobil tipe H/T High Terrain akan membuat perjalanan Anda semakin nyaman dan tidak berisik.

Sikian pembahasan artikel ini menegenai tips memilih jenis ban mobil paling tepat, tidak bising dan berkualitas sesuai kebutuhan Anda. Semoga penjelasan mengenai tips memilih ban mobil bermanfaat unruk pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Trik baru membeli ban mobil dengan ujung kuku, yang mulai boming dikalangan pembeli.

Cara cek konsidi ban mobil yang sudah layak untuk diganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *