Tips Memasang Velg, Cermati Ukuran Dan Keserasian

tips-memasang-velg-cermati-ukuran-dan-keserasian-mekanikmitsubishiTips Memasang Velg Cermati Ukuran Dan Keserasian. 

Mekanikmitsubishi.com – Velg adalah salah satu bagian kendaraan yang tidak akan terpisahkan dari ban. Velg juga merupakan bagian kendaraan yang bisa memberikan kesan keindahan tersendiri pada kendaraan. Velg mobil memiliki beberapa warna seperti hitam, silver, dan lain sebagainya.

Sekarang dunia otomotif sangat berdampak pada produk aftermarket. Perlu Anda tahu juga bahwa di tahun 80 an dan 90 an ukuran velg mencapai 13 sampai 14 inchi. Sedangkan di tahun 2000 an, ukuran velg sebesar15 hingga 16 inchi. Dan ukuran tersebut adalah ukuran vleg standar saat ini.

Baca juga : Tips dan cara ampuh hilangkan noda aspal pada velg dan body mobil denagn mudah.

Perbedaan ukuran velg dari tahun ke tahun tersebut terjadi karena tuntutan dari kebutuhan kendaraan itu sendiri. Semakin canggih kendaraan, maka ukuran velg pun juga akan memengaruhi. Contohnya saja, untuk mobil dengan kecepatan yang tinggi maka membutuhkan diameter velg yang semakin besar, hal ini dilakukan guna menjaga kestabilan kendaraan itu sendiri.

Akan tetapi walaupun diameter velg saat ini sudah semakin besar, tetap saja banyak orang yang ingin menggunakan velg dengan ukuran yang lebih besar lagi. Banyak orang yang mencari velg dengan ukuran besar dengan tujuan untuk bergaya dan tren masa kini.

Bagi Anda yang suka mengganti-ganti velg mobil, berikut ini adalah informasi mengenai tips memasang velg,cermati ukuran dan keserasian :

Baca juga : Tips mimilih velg mobil berkualitas bagus dengan harga terjangkau.

  1. Samakan diameter ban luar dengan ban dalam setelah menggunakan velg ban baru. Hal ini dilakukan supaya ground clearance bisa sesuai dengan kondisi awalnya. Apabila ukuran velg ban 195/55/R15, maka ada tiga pilihan yaitu 205/40/R17, 195/45/R16, dan 225/35/R18. Jangan bingung ketika Anda akan memilih ukuran velg yang mana, karena pasti akan diberikan rekomendasi dari dealer yang menjual velg.
  2. Ingat, velg yang Anda pilih sebaiknya mempunyai lubang baut roda yang masuk tanpa longgar. Hal tersebut berguna agar velg tidak terlepas dari as roda kendaraan.
  3. Periksalah titik tengah velg karena harus terhubung pada tonjolan as roda supaya porosnya tetap simetris. Perhatikan pula ruang velg dengan as roda, sebab makin luas bidang velg akan kokoh.
  4. Pilih offset dengan benar supaya velg mempunyai ruang luas yang tidak beradu dengan fender, suspense, dan juga caliper rem.
  5. Setiap velg mempunyai kapasitas berat yang beda, apabila kapasitas berat velg lebih kecil dari berat mobil, maka bisa berbahaya sebab velg dapat pecah.

Perubahan yang terjadi pada velg serta ban mengakibatkan munculnya plus-minus. Misalnya akselerasi menjadi lambat sebab naiknya rolling resistance. Traksi akan naik karena kontak permukaannya luas. Kemudian traksi yang naik akan membuat jarak pengereman menjadi terpangkas. Namun peranti rem harus kerja keras untuk mengimbangi momen inersia dari velg yang besar .

Ban profil yang rendah biasanya juga akan mengurangi kenyamanan sebab getaran tidak bisa dihilangkan. Akan tetapi keamanan dalam mengerem serta stabilitas menjadi naik. Jika ban tiba-tiba saja meletus dalam perjalanan, ground clereance tidak akan anjlok, sebab jarak velg dan jalan dekat.

Itulah informasi yang dapat Anda ketahui tentang tips memasang velg,cermati ukuran dan keserasian. Semoga ulasan diatas tadi, bisa memberikan referensi yang bermanfaat. Sehingga kita bisa tahu bagaimana cara mencermati dan juga menyerasikan velg kendaraan, baik mobil ataupun motor.

Baca juga :

Mengapa mobil perlu perawatan spooring dan balancing,dan berapa biaya yang dibutuhkan..?

Penyebab,dan cara ampuh mengatasi understreer dan overstreer dengan mudah.

Gejala dan masalah sistem pengereman ABM cakram dan tromol.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *