Tips Melindungi Mobil Dari Efek Panas Sinar Matahari

mekanikmitsubishi.comSekarang ini, hampir semua wilayah di Indonesia sedang dilanda cuaca panas yang sangat menyengat. Panas matahari di tengah siang hari bisa mencapai suhu hingga 35 derajat celcius. Bagi para pemilik kendaraan, khususnya mobil, kondisi seperti ini bisa berdampak buruk terhadap interior dan eksterior mobil, terutama jika mobil berada tepat di bawah terik sinar matahari. Bahkan, di dalam kabin mobil suhunya bisa mencapai hingga 70 derajat celcius.

Dampak buruk yang disebabkan oleh panas sinar matahari biasanya akan mempengaruhi eksterior mobil, seperti cat mobil yang menjadi kusam, bagian-bagian yang terbuat dari karet, seperti wiper akan mengeras dan tidak elastis sehingga jika digunakan akan menggores kaca mobil. Selain itu, terkena panas sinar matahari yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan kerusakan pada interior mobil.

Oleh karena itu, untuk mencegah dan melindungi interior dan eksterior mobil Anda dari dampak buruk yang diakibatkan oleh panas sinar matahari, alangkah bijaknya jika Anda memperhatikan tip-tips berikut ini:

Biasakan untuk selalu menempatkan atau memarkir mobil Anda di tempat yang teduh atau yang terhalang dari terkena sinar panas matahari langsung. Saat memarkir mobil di garasi rumah Anda, alangkah baiknya jika terdapat kanopi di atasnya. Karena meskipun mobil Anda sudah ditutupi oleh cover mobil tanpa ada kanopi di atasnya, hal ini masih belum menjamin mobil Anda akan terhindar dari dampak buruk panas sinar matahari.

Saat memarkir mobil di mall atau gedung perkantoran, manfaatkanlah fasilitas tempat parkir di basemant. Karena biasanya masih ada sebagian orang yang enggan untuk memakir mobilnya di basemant dengan berbagai alasan, seperti kurang praktis dan sebagainya. Padahal hal ini justru akan lebih menguntungkan si pemilik mobil karena mobilnya akan terlindungi dari terkena panas sinar matahari.

Namun jika ternyata pada saat kondisi tertentu Anda hendak memarkir mobil dan sulit menemukan tempat yang teduh, maka sebaiknya lakukanlah beberapa tips berikut ini:

Pertama. Sebelum meninggalkan mobil, usahakan untuk selalu menegakkan wiper agar wiper tidak bersentuhan langsung dengan kaca mobil. Hal ini bertujuan untuk mencegah karet wiper agar tidak mengeras atau bentuknya menjadi tidak rata karena menempel pada kaca mobil yang panas karena terkena panas sinar matahari.

Kedua. Sebaiknya lapisi kaca mobil Anda dengan memasang kaca film yang mampu mengurangi paparan sinar matahari masuk ke dalam kabin mobil. Meskipun kaca film yang berkualitas harganya relatif mahal, tetapi akan sangat berguna agar interior mobil Anda terhidar dari efek buruk yang diakibatkan oleh panas sinar matahari yang masuk ke dalam kabin mobil Anda.

Ketiga. Untuk merawat cat dan bodi mobil, sebaiknya lakukanlah poles bodi secara rutin. Dengan melakukan hal ini, maka cat mobil Anda memiliki lapisan pelindung. Saat ini sudah banyak tersedia salon mobil yang menawarkan perawatan bodi mobil dengan paket hemat yang bisa Anda manfaatkan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Keempat. Bila tempat parkir mobil Anda sudah dirasa aman, sebaiknya turunkan sedikit kaca pintunya. Hal ini akan lebih baik lagi jika mobil Anda sudah dilengkapi dengan talang air atau side visor. Alat ini fungsinya sangat banyak. Saat musim hujan tiba, dapat mencegah dan mengurangi masuknya air dari samping ke dalam kabin saat hujan turun, sedangkan di musim kemarau bisa mengurangi udara yang pengap di dalam kabin mobil saat di parkir di terik panas matahari.

Dengan membuka sedikit keempat kaca pintu mobil sampai batas talang air, maka sirkulasi udara di dalam kabin menjadi lancar sehingga suhu di dalam kabin juga tidak terlalu panas dan kabin mobil pun terhindar dari udara yang pengap..

Kelima. Saat parkir di panas terik matahari, sebaiknya hindari meletakkan barang-barang yang mudah terbakar atau meledak di dalam kabin. Barang-barang tersebut bisa berupa korek api, spray atau botol parfum yang tekanannya akan meningkat saat terkena panas berlebih, serta barang-barang elektronik seperti ponsel yang menggunakan baterai.

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menghindari dampak buruk pada eksterior dan interior mobil Anda akibat terkena panas sinar matahari berlebih. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *