Tips dan cara sederhana mencegah mobil terbakar akibat korsleting listrik.

tips-dan-cara-sederhana-mencegah-mobil-terbakar-akibat-korsleting-listrikTips Dan Cara Sederhana Mencegah Mobil Terbakar Akibat Korsleting Listrik Dengan Ampuh Yang Wajib Diketahui.

Mekanikmitsubishi.com – Secara umum sebuah produsen kendaraan sudah menerapkan system keamanan dan kenyamanan,tak lain halnya dengan system kelistrikan. Tentunya kelistrikan pada mobil sudah dirancang khusus dengan mengutamakan faktor keselamatan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Baca juga : Tanda-tanda power window akan rusak yang Anda harus amati.

Untuk mencegah mobil terbakar akibat dari konrsleting/hubungan arus pendek pada system kelistrikannya maka ada beberapa tips dan langkah mudah yang bisa kita lakukan sebagai tindakan pencegahan. Namun tidak dipungkiri bahwa terdapat kasus tertentu yang mengakibatkan terjadinya korsleting pada system kelistrikan mobil saat terjadi kecelakaan,bertabrakan misalnya atau bahkan tanpa adanya sebab kecelakaan. Korsleting listrik berakibat timbulnya percikan bunga api yang bisa merambat ke bagian kelistrikan lain,hal ini sangat memungkinkan terjadinya mobil terbakar lebih-lebih jika percikan bunga api mengenai bahan bakar.

Berikut ini penjelasan rinci mengenai tips dan cara sederhana mencegah mobil terbakar akibat hubungan arus pendek atau korsleting listrik secara ampuh.

Baca juga :

Penyebab dan cara merawat aki agar awet dan tahan lama.

Tips ampuh usir tikut penggigit kabel kelistrikan mobil.

  1. Buat Sekring Tambahan.

Jika Anda menambhakan aksesori mobil,misalnya memodifika lampu dan klason sebaiknya pasangkan sekring tambahan sebagai pengaman jika terjadi korsleting. Lebih baiknya lagi jika Anda tidak menggunakan jalur kabel standar pabrikan yang sudah tersedia pada system kelistrikan mobil. Lebih baik hubungkan langsung dengan kabel aksesorinya. Mengapa lebih aman tanpa langsung memakai jalur kabel standar..? hal ini tentu akan menambah beban arus pada kobel standar,padahal kabel yang berlebihan beban arus listrik menyebabkan panas pada kabel,dan lama-lama mengeras dan sangat mudah dan rentan terbakar.

  1. Pakai Bola Lampu Standar.

Jangan sekali-kali Anda memodifikasi menggunakan lampu yang lebih terang atau mengganti bola lampu yang lebih besar. Mengapa..? karena ukuran bola lampu dan tingkat cahaya lampu mempengaruhi kinerja sekering dan kabel kelistrikanya. Kekuatan kabel dan sekring tentu menjadi alasan utamanya. Solusi jika Anda tetap ingin memodifikasi dengan lampu dan cahaya yang lebih terang maka  tips dan cara terbaiknya yakni menambahkan aksesori yang berkualitas dengan menggunakan rangkaian khusus yang dianjurkan ahlinya.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan mengganti lampu mobil dengan LED.

  1. Setting Kabel Kelistrikan.

Hal yang tak kalah penting dari pencegahan korsleting dan terbakarnya mobil yakni dengan menambahakan pelindung kabel kelistrikan. Rangkaian tambahan biasanya menggunakan jalur yang berbeda dari jalur kelistrikan standar. Biasanya jalur ini rawan sekali terjadinya gesekan antar komponen. Perlu untuk diaplikasikan pelindung kabel yang tahan panas,tahan gesek dan tidak mudah panas/meleleh. Penempatan kabel yang presisi dan rapi akan sangat mudah membantu dalam perawatan dan perbaikan dan disamping itu kabel tersebut akan bertahan lebih lama dan aman.

  1. Pengecekan Visual.

Sebisa mungkan Anda rutin melakukan pengecekan visual terhadap kondisi kabel-kabel pada kelistrikan mobil. Tidak jarang terjadi kabel terkelupas,terdapat gigitan tikus atau kurang kencang pada sambungannya. Jika terdapat kabel yang meleleh,mengeras,terkelupas atau kelainan lainnya segera perbaiki dengan selotip khusus listrik. Dan jika Anda kurang yakin atau menemukan kejanggalan dan kerusakan cukup parah sebaiknya konsultasikan pada bengkel resmi. Dan lakukan pergantian.

  1. Service Berkala

Sebagai pengendara yang baik tentunya kita selalu melakukan service secara rutin dan tepat waktu. Setiap Anda melakukan service pasti pihak bengkel mengecek secara keseluruhan system kelistrikan mobil Anda. Dari kondisi baterai,lampu-lapu,klakson,dan kelistrikan lainya. Hal ini sangat membantu untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang berakibat mobil terbakar karena kelainan pada system kelistrikan akan terdeteksi dengan mudah sebelum masalah yang ditimbulkan menjalar ke bagian lain.

Baca juga : Tips perawatan dan manfaat tergakkan wiper saat parkir yang jarang diketahui.

 

Secara umum tips dan cara pencegahan mobil terbakar akbat hubungan arus pendek / korsleting listrik yakni menggunakan sistem kelistrikan standar yang telah dianjurkan pabrikan. Adapun jika Anda memodifikasi mobil terutama pada bagian yang bersangkutan dengan kelistrikan sebainya terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahlinya.

Baca juga :

Tips merawat mobil yang sering dijemur / terkena sinar matahari.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *