Tips Dan Cara Rawat Ban Serep Mobil Agar Tak Kedaluwarsa

Berikut Ini Ada Beberapa Tips Dan Cara Merawat Ban Serep Agar Tak Kedaluwarsa

Tips Dan Cara Rawat Ban Serep Mobil Agar Tak Kedaluwarsa - Mekanikmitsubishi

Mekanikmitsubishi.com – Memiliki mobil memang menyenangkan dan membuat bangga. Tapi untuk memiliki mobil kita juga harus mampu untuk memiliki tanggung jawab dalam merawatnya.

Mulai dari perawatan mesin, bodi hingga unsur lain seperti ban dan interior dan Anda pasti tahu kalau sebuah mobil haruslah memiliki ban serep. Ban serep ini wajib ada sebagai cadangan jika ban utama yang dipakai sedang ada masalah seperti bocor, kurang angin dan sebagainya terutama jika Anda mengalami masalah di tempat yang tidak tepat seperti jauh dari bengkel ban.

Baca juga : Cara cek kondisi ban mobil yang sudah layak untuk diganti.

Karena itu Anda harus menjaga baik-baik kondisi ban serep mobil. Tapi meski begitu terkadang ada juga orang yang mengabaikan perawatan ban serep ini atau juga karena tidak mengetahui bagaimana cara untuk merawatnya, jadi membiarkannya begitu saja.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan kepada Anda beberapa hal seputar tips dan cara merawat ban serep agar selalu awet dan prima.

Bungkus Ban Serep dengan Cover

Jika Anda menyimpan ban serep di bagian belakang mobil, maka Anda bisa menutupinya dengan memakai cover. Hal ini untuk mencegah agar ban tidak terkena sinar matahari terus menerus yang bisa membuatnya cepat rusak. Faktor alam, seperti sering terkena sinar matahari dan hujan membuat ban mengalami penurunan kualitas

Rutin Cek Kondisi Ban Serep

Jika ban serep Anda disimpan di bagian belakang mobil dan tidak tertutupi maka ada kemungkinan akan sering kena hujan dan juga panas dari matahari. Hal ini akan sangat berpengaruh pada elastisitas dan kekuatan ban.

Karenanya, Anda harus  selalu memperhatikan kondisi dari ban mobil Anda. Bersihkan ban yang berdebu dari lumpur dan berbagai hal yang kotor. Untuk menjaga keelastisannya Anda juga harus memberi pelembab ban atau cairan khusus yang bisa Anda beli di aksesoris dan perawatan mobil atau juga bisa membelinya secara Online.

Memeriksa tekanan angin secara rutin

Karena ban serep ini hnya sebagai cadangan, bukan berarti Anda boleh membiarkannya, karena meskipun jarang digunakan Anda harus rutin untuk memeriksa tekanan angin yang ada pada ban. Sehingga ban akan tetap terjaga. Karena jika tidak, maka ketika ban serep ini sangat dibutuhkan, Anda malah tidak akan bisa menggunakannya. lakukan pengecekan dengan rutin setiap  3 minggu sekali atau 1 bulan sekali.

Tekanan angin pada ban serep sebaiknya lebih tinggi daripada ban utama yang dipakai. Kira-kira sekitar 40psi. karena hal ini untuk mengatisipasi jika dalam waktu lama ban tidak digunakan, kemungkinan akan mengalami penurunan tekanan angin dengan sangat perlahan.

Menyediakan Tool Kit Bongkar Pasang Ban

Untuk urusan ban, pasti kita juga akan membahas seputar peralatan untuk bongkar pasangnya karena hal ini pasti selalu ada kaitannya dengan ban serep. Di dalam sebuah mobil wajib hukumnya selalu ada peralatan untuk bongkar pasang ban karena ini sangat diperlukan saat Anda ingin mengganti ban utama dengan ban cadangan.

Jika peralatan bongkar pasang ban ini luput dari perhatian Anda dan tidak tersedia di mobil, maka akan sangat percuma meskipun Anda merawat ban serep setiap hari, karena tanpa alat ban tidak akan bisa Anda pasangkan.

Lakukan Rotasi Ban Serep

Ban yang tidak pernah dipakai, biasanya akan mengalami pengerasan pada konstruksinya sehingga bentuknya akan jadi tidak bulat sempurna dan pada akhirnya seringkali ban serep jadi oleng saat dipakai.

Untuk mencegah serta mengantisipasi hal yang demikian ini, maka sebaiknya Anda perlu melakukan rotasi ban serep secara bergantian dengan ban utama yang sering dipakai.

Dengan cara ini, maka Anda bisa menjaga bentuk ban agar putarannya tidak oleng dan juga bisa menjaga daya elastisitas ban yang tetap baik. Ban akan selalu prima dan keausan ban mobil akan terjaga satu sama lain.

Demikian pembahasan kali ini mengenai beberapa tips dan cara merawat dan menjaga ban serep mobil dengan benar dan aman, sehingga timbul perasaan nyaman bagi pengemudi dan hilangnya rasa was-was saat beperrgian jauh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih

Artikel terkait :

Ini dia beberapa alasan tukang tambal ban, mengapa pentil ban dioles air liur saat tambal ban.

Cara mudah dongkrak mobil dengan baik dan benar.

Kelebihan dan kekurangan velg racing dari velg jari-jari.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *