Tips Dan Cara Mudah Pilih Ban Bekas Masih Layak Pakai

tips menguntungkan cara memilih ban bekas yang masih layak pakai - MekanikmitsubishiTips Menguntungakan Cara Pilih Ban Bekas Yang Masih Layak Pakai Dengan Harga Terjangkau

Mekanikmitsubishi.com – Servis sepeda motor ataupun mobil adalah hal yang harus dilakukan secara berkala. Selain untuk meningkatkan performa, hal tersebut juga dilakukan untuk tetap menjaga keamanan pengendara. Salah satu komponen yang harus diganti secara rutin adalah ban. Apalagi ketika kondisi ban sudah tipis.

Namun, harga ban tidak bisa dikatakan murah. Sehingga Anda bisa menggunakan opsi membeli ban bekas untuk mengganti ban lama Anda yang sudah tipis. Selain harganya murah, Anda juga bisa mendapatkan ban yang berkualitas jika bisa memilihnya dengan benar.

Nah, artikel ini akan membantu Anda dalam tips menemukan ban bekas yang masih layak pakai dengan membahas hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih ban bekas.

Baca juga : 4 kebiasaan buruk yang menyebabkan ban mobil mudah pecah.

Berikut ulasannya:

  1. Tampilan fisik.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih ban bekas adalah tampilan fisiknya. Pastikan alur dan serat komponnya tidak ada kerusakan. Sebab, kerusakan tersebut akan mengakibatkan ban menjadi tidak stabil ketika diisi dengan angin.

Anda juga harus memperhatikan kondisi struktur dari ban bekas. Ban memiliki struktur utama dari serat-serat kawat yang disebut belt. Fungsinya untuk membuat ban berbentuk bulat sehingga bisa bergulir dengan baik.

Anda sebaiknya tidak membeli ban sipa atau yang sudah rusak strukturnya. Ciri-ciri ban sipa adalah bentuknya tidak sempurna bulat karena adanya beberapa bagian ban yang bergelombang.

Cara mengeceknya tidak bisa dilakukan secara langsung. Anda perlu memasang ban tersebut di dalam pelek lalu diputar untuk mengetahui adanya kerusakan struktur pada ban bekas.

  1. Hindari ban vulkanisir atau rekondisi

Ban vulkanisir atau rekondisi adalah ban yang sudah gundul namun diperbaiki alurnya sehingga memiliki tampilan seperti ban baru. Membeli ban vulkanisir memang hemat di kantong, sebab harganya sangat murah dibandingkan harga ban pada umumnya. Akan tetapi ban vulkanisir memiliki banyak kelemahan diantaranya lebih mudah meletus.

Hal tersebut dikarenakan ban vulkanisir merupakan ban yang ditambahi karet pelapis dengan melalui proses pemanasan dan tidak akan dapat menyatu seperti keluaran dari pabrik. Ban vulkanisir tidak akan tahan panas dan lapisannya akan mudah lepas.

Untuk membedakan ban vulkanisir dan asli dapat dilakukan dengan mudah secara kasat mata. Dilihat dari samping, kembang dari ban vulkanisir nampak tidak menyatu. Anda juga akan melihat sebuah garis tipis seperti karet tempelan yang telah disatukan. Harganya jauh lebih murah dari ban asli meskipun bekas.

  1. Menaksir umur ban.

Untuk memperkirakan umur ban, Anda bisa mengamati kode pada dinding ban. Anda bisa mengetahui mengenai tahun produksi dan hal-hal yang menyangkut informasi ban tersebut. Anda juga perlu mengetahui batas kadaluarsa dari ban yang akan Anda beli.

Batas kadaluarsanya adalah tiga tahun sejak ban diproduksi. Atau ketika telah menempuh jarak sekitar 60.000 Km.

Demikian informasi mengenai tips menguntungkan cara memilih ban bekas yang masih layak pakai. Semoga artikel ini bisa membantu Anda terhindar dari memilih ban bekas yang sudah tidak layak pakai.

Artikel terkait :

Beberapa penyebab dan cara mengatasi ban mobil sering aus sebelah.

Berikut ini cara mudah membaca kode ban kendaraan standar internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *