Tips dan Cara Mudah Membersihkan Kerak Pada Mesin Kendaraan

Tips dan Cara Mudah Membersihkan Kerak Pada Mesin Yang Aman

Tips dan Cara Mudah Membersihkan Kerak Pada Mesin Kendaraan - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com – Saat mengendarai motor dalam keadaan baru, tentu anda merasakan sensasi bersih dan halus pada bagian mesinnya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, pernahkah anda menyadari bahwa apabila kondisi mesin yang sekarang menjadi kurang bertenaga atau mengalami penurunan performa? Bisa saja, hal tersebut dikarenakan keadaan mesin kendaraan anda yang berkerak dan kotor akibat sering dikendarai untuk melewati medan berat sehingga noda yang ada di sekitar jalanan berpindah pada seluruh body kendaraan dan bagian dalamnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika mendapati mesin motor dalam keadaan kotor dan berkarat?. Tenang saja, berikut akan kami dibagikan beberapa tips dan cara membersihkan kerak pada mesin motor anda agar bisa terlihat kinclong kembali.

Baca juga : Cara mudah membersihkan mesin mobil sendiri dengan aman.

 

  1. Shampoo

Cara membersihkan kerak pada mesin yang pertama yakni anda bisa memanfaatkan shampoo khusus untuk mengatasi kerak mesin yang membandel tersebut. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, gunakan shampoo khusus tersebut untuk mencuci motor setelah itu anda bisa menggosok-gosokannya secara perlahan. Anda bisa mendapatkan shampoo khusus tersebut pada bengkel maupun toko aksesoris motor. Penggunaan shampoo ini bertujuan untuk meluruhkan kerak yang sudah terlanjur mengeras sehingga ketika digosok noda yang menempel akan segera hilang.

 

  1. Sabun cuci piring

Apabila sudah mencoba dengan menggunakan shampoo hasilnya masih belum maksimal, anda masih bisa mencoba cara membersihkan kerak pada mesin yang lain. Anda bisa memanfaatkan sabun cuci piring cair dimana produk tersebut mempunyai daya bersih yang tinggi.

Cara menggunakannya pun mudah sama halnya dengan anda membersihkan kerak motor dengan menggunakan shampoo.  Anda bisa mengolesnya terlebih dahulu untuk selanjutnya baru digosoknya secara perlahan dan membilasnya hingga bersih

 

  1. sodium cyclamate

Bahan kimia yang mempunyai nama lain biang gula ini juga bisa anda jadikan cara untuk membantu menghilangkan kerak membandel pada mesin motor anda. cara membersihkan kerak pada mesin dengan menggunakan bahan ini pun mudah, pertama anda bisa mempersiapkan seperempat bungkus sodium cyclamate yang dicampurkan pada air panas sedikit saja. Selain itu, anda bisa menambahkan setengah sendok makan detergen dan aduk hingga detergen tersebut larut. Untuk selanjutnya, anda bisa mengoleskan bahan tersebut pada bagian motor yang berkerak dan tunggu hingga menit. Langkah terakhir, anda bisa membilasnya dengan air bersih.

 

  1. Pembersih keramik

Cara ini bisa dibilang sebagai cara pamungkas karena dengan cara ini dijamin mesin motor anda akan hilang dengan cepat. Namun, anda harus berhati-hati ketika membersihkan dengan bahan tersebut karena pembersih keramik ini mempunyai fek samping merusak cat motor.

Cara membersihkan kerak pada mesin dengan pembersih keramik yaitu anda bisa mencapurkan obat pembersih keramik dengan air panas, setelah itu anda bisa mengaduknya  secara merata. Persiapkan sikat gigi untuk menjangkau kerak di bagian celah kecil yang sulit dijangkau. Untuk bagian yang membandel anda bisa menggosoknya agar terlihat bersih.

 

Pada initnya membersihkan kerak pada mesin kendaraan tidaklah sulit jika kita mau mencoba, banyak berbagai cara baru dan terbilang ampuh membersihkan kerak yang lama membandel. Demikian ulasan artikel kali ini yang membahas  tips dan cara ampuh membersihkan kerak pada mesin kendaraan dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel :

Tips membersihakan kolong mobil tanpa merusak lapisan anti karat.

Berikut ini adalah faktor paling utama yang mempengaruhi tenaga mesin.

Cara mudah merawat dan membersihkan busi yang benar, banyak yang tidak tahu!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *