Tips Dan Cara Mudah Jaga Pelek Krom Tetap Kinclong

tips-mudah-jaga-pelek-krom-tetap-kinclong-mekanikmitsubishiTips Mudah Jaga Pelek Krom Tetap Kinclong Paling Ampuh

Mekanikmitsubishi.com – Di musim hujan perawatan mobil tidak harus fokus di bagian body mobil saja, namun bagian mobil yang lain juga penting untuk diperhatikan. Apalagi mobil yang menggunakan pelek dengan lapisan krom, tentu harus wajib dirawat agar tidak rusak. Karena krom adalah lapisan yang memerlukan perawatan ekstra dan tidak mudah seperti halnya pelek yang dilapisi cat biasa.

Baca juga : Penyebab dan trik ampuh hilangkan baret pada velg mobil.

Ada teknik sendiri untuk membersihkan bagian pelek mobil yang dilapisi krom, tidak boleh sembarangan dalam membersihkanya. Untuk itu anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan krom agar tetap kinclong dan bersih. Namun, hindari membersihkan pelek krom dengan menggunakan detergent atau bahan kimia, karena lapisan krom akan terkikis.

Dan berikut adalah beberapa tips mudah jaga pelek krom tetap kinclong:

Baca juga : Trik ampuh hilangkan noda aspal pada velg dan body mobil dengan mudah dan aman.

  1. Bedak bayi atau tepung kanji

Tips pertama agar lapisan krom yang ada di pelek tidak mengelupas dan tetap kinclong adalah jangan gunakan air yang bertekanan tinggi. Gunakan air yang mengalir untuk membersihkanya terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa memanfaatkan sabun cuci piring untuk membuang lemak atau oli yang ada di pelek krom tersebut.

Setelah bersih, lap bagian pelek krom menggunakan bedak bayi atau bisa dengan tepung kanji. Pelek krom tidak akan mengelupas jika dibersihkan dengan kedua bahan tersebut, karena bedak bayi dan tepung kanji memiliki komponen yang lembut. Ketika memoles pelek menggunakan bahan tersebut, sebaiknya dengan gerakan memutar.

  1. Krom Polisher

Chrome Polisher adalah produk buatan pabrik yang dibandrol dengan harga 60 sampai 150 ribu. Produk buatan ini bisa juga untuk membersihkan dan menjaga krom agar tetap kinclong dan awet pastinya. Untuk teknik penggunaanya cukup mudah dan sederhana, yaitu dengan bantuan media kertas atau tisu.

Tuangkan cairan Chrome Polisher pada kertas atau tisu yang sudah anda siapkan kemudian poles pelek krom mobil anda. Setelah selesai memoles dengan Chrome Polisher, diamkan beberapa saat sampai kering. Setelah kering bersihkan pelek mobil anda dengan menggunakan kain yang berbahan halus dan bersih.

  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga bisa anda manfaatkan untuk menjaga dan membersihkan pelek krom agar tetap kinclong dan bersih. Caranya cukup mudah sekali, tuangkan minyak kayu putih ke media yang sudah anda siapkan.

Setelah itu oleskan ke bagian pelek krom mobil anda yang kotor dan biarkan beberapa saat sampai menguap. Setelah kering, anda bisa langsung membersihkan dengan menggunakan kain halus dan juga bersih.

  1. Pasta gigi warna putih bukan yang gel

Dengan pasta gigi ternyata juga bisa untuk merawat dan membersihkan pelek krom mobil yang kotor. Namun, pasta gigi yang digunakan harus warna putih dan bukan yang gel. Untuk medianya anda harus siapkan lap yang berbahan katun bersih dan tentu saja halus. Caranya adalah oleskan pasta gigi di permukaan lap katun yang sudah anda siapkan.

Setelah itu, poleskan ke bagian pelek krom dengan hati-hati jangan terlalu keras. Butiran miron yang ada pada pasta gigi dipercaya bisa menghilangkan kotoran dan bisa membuat pelek krom kinclong kembali. Setelah diolesi pasta gigi tersebut, diamkan beberapa saat baru bisa bersihkan dengan menggunakan lap yang halus dan bersih.

Selain harus menjaga pelek krom agar tetap kinclong, anda juga harus menghindari larutan dengan kadar asam tinggi mengenai pelek krom mobil anda. Jika pelek krom terkena air hujan, sebaiknya langsung bilas menggunakan air bersih dan kemudian keringkan dengan lap.

Demikian tadi adalah beberapa tips menjaga pelek krom agar tetap kinclong. Semoga bisa menjadi referensi untuk anda dan bisa bermanfaat.

Artikel terkait :

Tips memilih pembersih mobil yang bagus.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengansuransikan kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *