Tips Dan Cara Mudah Hapus Karat Pada Lapisan Krom Kendaraan Dengan Aman

tips-dan-cara-mudah-hilangkan-karat-pada-lapisann-krom-dengan-benar-dan-amanBegini Tips Dan Cara Mudah Hilangkan Karat Pada Lapisan Krom Kendaraan Dengan Benar Dan Aman.

Mekanikmitsubishi.com – Pada kendaraan tentu banyak di jumpai bagian yang terbuat dari logam. Biasanya bagian tersebut dilindungi dengan lapisan krom agar tidak mudah rusak terkena gesekan. Namun tahukah anda bahwa bagian tersebut juga bisa rusak karena adanya perubahan musim.

Baca juga : Tips mencegah karat pada body mobil paling ampun dan aman.

Adanya hal ini kerap membuat para pemilik kendaraan menjadi was-was yaitu adanya gempuran karat. Proses pengkaratan tersebut muncul ketika kendaraan terkena air hujan dan tidak langsung di bilas yang membuat lapisan krom terjadi korosi.

Jika anda mengalami hal tersebut pada kendaraan anda, sekarang anda tidak perlu khawatir. Pasalnya anda bisa melakukan cara mudah hapus karat pada lapisan krom kendaraan anda. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa peralatan rumah tangga untuk membantu mengerjakan kegiatan tersebut. Berikut beberapa tips dan cara mudah hapus karat pada lapisan krom terutama pada kendaraan dengan benar dan aman yang bisa anda praktekkan.

Baca juga :

Tips dan cara mudah usir tikus penggigit kabel kelistrikan mobil secara ampuh.

Tips dan cara mudah mencegah kolong mobil berkarat saat musim hujan.

  1. Alumunium Foil

Cara mudah hapus karat pada lapisan krom yang pertama yaitu anda bisa mempersiapkan alumunium foil. Bahan alumunium akan langsung bereaksi dengan karat secara kimiawi yang akan menghasilkan material yang mudah di gosok hingga mengelupas. Meskipun di gosok, bagian yang di gosok tersebut tidak akan mengalami baret pada permukaan krom karena aluminium bersifat lembut dari logam.

 

  1. Bersihkan Bagian Kromium

Sebelum anda memulai membersihkan bagian karet tersebut, sebaiknya anda membersihkannya terlebih dahulu dari kotoran dengan menggunakan air sabun, sampo, maupun sabun cuci kendaraan. Cara mudah hapus karat pada lapisan krom ini akan memudahkan anda mencari bagian yang berkarat dengan menggunakan alumunium foil.

 

  1. Celupkan Foil Ke Dalam Air

Setelah di bersihkan, anda bisa menggunakan air untuk mencelupkannya. Untuk hasil terbaik anda bisa menggunakan air garam karena air garam mengandung elektrolit yang bisa mempercepat proses kimia. Caranya, robek alumunium foil secukupnya saja, kemudian gosokan pada area yang mengalami karatan.

 

  1. Gosokan Alumunium Foil Pada Bagian Yang Berkarat

Penerapannya cukup mudah, anda tinggal menggosokkan dengan cara maju mundur pada area yang berkarat. Ketika menggosokkan tersebut anda tidak perlu menggunakan tekanan yang berlebihan. Namun cara mudah hapus karat pada lapisan krom yang perlu di perhatikan yaitu pada sekitar area yang berkarat tebal di butuhkan tekanan yang lebih dan waktu penggosokan yang lebih lama.

 

  1. Mencelupkan Alumunium Foil Ke Dalam Air Lagi Ketika Mulai Mengering

Ketika anda mendapati bagian yang berkarat tersebut pada area lekukan yang alam, maka anda bisa mencoba menggumpal potongan alumunium foil. Bagian dari ujung gumpalan tersebut akan membantu cara mudah hapus karat pada lapisan krom dengan cara memperhalus permukaan logam. Anda bisa sesekali berhenti untuk membuang residu dari karat yang telah mengelupas.

Ketika residu karat menjadi tebal, anda bisa berhenti terlebih dahulu dan menyeka permukannya dengan menggunakan lap ataupun tisu. Dengan cara mudah hapus karat pada lapisan krom ini anda bisa melihat sisa karat dan meneruskan menggosok dengan alumunium foil.

 

  1. Bilas Permukaaan Kromium

Setelah semua karat pada bagian kromium sudah hilang, anda bisa membersihkannya dengan cara menyeka permukaan kromium dengan menggunakan lap bersih agar bisa terlihat sisi kilapnya. Jika tidak ada lap anda bisa menggantinya dengan menggunakan tisu atau dengan pengering rambut.

Itulah beberapa tips dan cara mudah hapus karat yang aman pada lapisan krom yang bis anda coba untuk membantu menghilangkan karat pada kendaraan anda. semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya dan selamat mencoba.

Artikel terkait :

Tips membersihkan kolong mobil tanpa merusak lapisan anti karat.

Beberapa efek bahaya sering mencuci kendaraan yang wajib diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *