Tips dan cara membuka mur / baut lawas yang sudah korosi,aus dan patah

tips-dan-cara-serta-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-membuka-mur-atau-baut-lawas-yang-sudah-korosiaus-dan-patahTips dan cara serta Hal yang perlu diperhatikan saat membuka mur / baut lawas yang sudah korosi,aus dan patah.

Mekanikmitsubishi.com – Tak sedikit masyarakat tertarik untuk memelihara benda tua yang antik dan memiliki nilai sejarah, serta kenangan sendiri. Tak lain halnya sebuah kendaraan motor atau mobil yang memiliki usia tua. Kita pasti tau bahwa memelihara kendaraan bermotor ataupun mobil yang sudah berumur membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang sedikit berdeda dengan kendaraan keluaran terbaru. Hal ini disebabkan oleh usia kendaraan tersebut yang memiliki ketahanan komponen yang berbeda.

Baca juga : Bahaya mobil sering dicuci yang wajib diketahui.

Seperti komponen baut kendaraan misalnya, dengan tambahnya umur dan usia pakai, komponen ini rentan sekali mengalami kerusakan. Baik disebabkan oleh korosi ( internal ) ataupun dari foktor external ( saat membuka atau menup baut ).

Berikut ini akan saya jelaskan mengenai trik, tips dan cara mudah melepas mur / baut kendaraan yang sudah lama/lawas agar tetap aman dan tidak rusak ( slek ).

Sebelum kita praktek membuka mur / baut lawas pada sebuah kendaraan alangkah baiknya kita lebih sabar dan sangat berhati-hati saat membukanya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dan tahapan mengendorkan / mengencangkan baut lawas kendaraan agar aman dan tidak dol / slek.

Baca juga : Tips dan cara membersihkan mesin mobil sendiri dengan aman dan benar.

  1. Anda wajib memperhatikan kondisi mur / baut yang akan dikendorkan atau dikencangkan. Kenapa hal ini sangat perlu,sebab usia kendaraan yang sudah tua memiliki mur / baut yang mudah aus bahkan kondisinya sudah korosi. Kita perlu mengira-ngira kekuatan dan kondisi baut sebelum Anda bertindak atau mencoba membuka baut dengan alat. Saat Anda yakin kondisi mur / baut tersebut kondisinya masih kuat maka barulah Anda melepasnya dengan kunci sesuai ( jika posisi dan letak mur dan baut bisa menggunakan kunci Ring,usahakan Anda menggunakan kunci type ini agar kepala mur / baut tetap terjaga dan tidak aus dan timbul slek )

 

  1. Jika Anda memperhatikan kondisi mur / baut sudah berkarat ( korosi ),sebaiknya Anda lebih bersabar dan berhati-hati karena kondisi mur / baut yang berkarat menjadikan proses melepas / memasang lebih sulit. Tipsnya yakni hilangkan karat terlebih dahulu pada mur / baut menggunakan cairan khusus penghilang karat seperti WD-40 atau yang lainya ( jika kebetulan tidak memiliki cairan penghilang karat,Anda bisa memanfaatkan oli bekas dan solar untuk menghilangkannya,bahkan cairan minyak kayu putih,minyak goring,dan masih banyak yang lainya bisa digunakan sebagai pengganti darurat jika cairan pembersih karat tidak Anda miliki ). Setelah dirasa cukup barulah Anda mencoba melepas/mengencangkan komponen mur dan baut ini.

 

  1. Namum jika mur / baut sudah aus dan slek bahkan patah, Anda membutuhkan sedikit usaha untuk melepasnya. Banyak sekali trik dan cara melepas baud yang sudah aus dan slek bahkan kepala baud dalam kondisi sudah patah. Berikut beberapa tips dan cara menangani kepala mur / baut yang sudah aus bahkan patah dan tidak berbentuk lagi.

Tips dan cara yang pertama membuka mur / baut yang sudah aus atau patah yakni : Menggunakan obeng ketok untuk membuka baut yang sudah aus ( belum parah), cara yang kedua : membuat jalur atau celah minus dengan gergaji besi dengan kedalaman tertentu lalu Anda membukanya dengan obeng min dan betel jika tidak memiliki obeng ketok. Cara yang ketiga yakni : dengan proses pemanasan/dilas. Cara yang keempat adalah : dengan menyambungkan leher baut yang patah dengan baut baru. Dan cara paling akhir jika proses mebuka mur / baut dirasa sangat sulit yakni : merusak seluruh komponen mur / baut dengan bor,lubangi leher baut dengan mata bor berdiameter lebih kecil dari baut lalu Anda bisa menggunakan tab untuk membuat alurnya. *( semua cara diatas bisa Anda gunakan tergantung dengan kondisi atau lokasi mur / baut yang akan dibuka )

 

Demikian artikel yang saya sajikan mengenai Tips,trik dan cara melepas mur / baut pada lawas atau pada kendaraan mobil tua yang sudah aus,korosi hingga dalam kondisi patah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Artikel terkait :

Tips dan cara sederhana mencegah kolong mobil berkarat disaat musim penghujan.

Tips dan cara mudah hapus karat pada lapisan krom kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *