Tips Dan Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Baik dan Benar

tips-dan-cara-membersihkan-mika-lampu-mobil-yang-baik-dan-benarTips Dan Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Baik dan Benar.

Mekanikmitsubishi.com – Mika lampu mobil atau istilah kerenya lens tentu sudah tak asing lagi bagi anda bukan? Mika lampu merupakan bagian eksterior pada mobil yang juga harus diperhatikan perawatannya. Perawatan mika lampu yang luput akan memunculkan goresan dan kesan buram yang dapat menurunkan performa cahaya lampu mobil.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan lampu LED yang jarang kita ketahui.

Kondisi mika lampu yang buram atau tergores ini disebabkan oleh jamur yang berkembang biak. Efeknya dapat mengganggu pandangan anda, karena kurang jelas saat ingin melihat situasi diluar.

Sebenarnya ada cara jitu yang patut anda coba untuk mengembalikan performa mika lampu anda bagus seperti sedia kala. Berikut ini langkah membersihkan mika lampu mobil dengan teknik yang baik dan benar untuk membuat head lamp pada mobil anda kinclong kembali.

Baca juga : Tips aman berkendara saat menembus kabut asap.

  1. Siapkan alat – alatnya

Ya, anggap saja anda akan berperang melawan jamur jahat yang menempel di head lamp mobil anda. Sudah pasti anda ingin menang bukan? Kalau iya, berikut ini adalah daftar perlengkapan alat yang musti anda siapkanĀ :

  1. Kain katun yang berbahan halus
  2. Kompon, digunakan untuk memoles cat
  3. Detergen pekat atau sabun krem
  4. Kaus halus
  5. Wadah untuk menampung air
  6. Lap chamois

Proses membersihkan mika lampu mobil.

  1. Setelah alat perangnya siap, kini lanjut ke tahap berikutnya. Lepas mika lampu dari dudukanya agar proses pembersihan dapat dengan mudah menjangkau semua bagian, terutama bagian dalam yang sulit dibersihkan.
  2. Gunakan detergen pekat atau sabun krem untuk mencuci seluruh bagian mika lampu yang terbuat dari plastik. Proses pembersihan ini bertujuan untuk mengurangi flek jamur yang menempel pada lampu. Lakukan langkah ini secara berulang-ulang untuk memastikan head lamp mobil anda bersih dari jamur. Untuk menjangkau bagian dalam, anda bisa menggunakan kaus/kain halus agar semua kotorannya terangkat sempurna.
  3. Setelah melakukan 3 langkah untuk membuat head lamp mobil tampak kinclong sesuai dengan panduan di atas, keringkan mika beberapa saat di bawah sinar matahari. Atau anda juga bisa mengeringkannya dengan menganginkan hingga kering. Hal ini bertujuan untuk melihat goresan-goresan yang terdapat pada mika lampu.
  4. Selanjutnya, alat perang kompon yang akan beraksi. Oleskan kompon pada permukaan mika. Lalu gunakan kain halus untuk menggosok permukaan lampu. Gosok permukaan mika dengan cara memutar ke kanan berulang. Hindari memutar terlalu keras, hal ini berpotensi merusak head lamp mobil anda.
  5. Jika baret mika lampu pada mobil terlihat cukup parah, anda bisa memanfaatkan amplas kertas yang dicampur dengan air. Kemudian gosok perlahan permukaan mika. Hindari menggosok permukaan mika terlalu lama, hal ini akan menyebabkan penipisan pada mika. Jadi, anda harus berhati-hati sekaligus teliti ya?
  6. Proses yang terakhir setelah melakukan langkah-langkah yang dijamin hasilnya akan mutakhir dengan panduan 6 langkah di atas ialah melakukan pencucian. Cucilah lampu mobil menggunakan detergen pekat dan bilas hingga bersih. Kemudian lap menggunakan lap chamois untuk menghindari baret halus saat proses pengeringan berlangsung.
  7. Pasang kembali mika lampu pada dudukan mobil dengan benar.

Bagaimana? Cara merawat dan membersihkan mika lampu mobil agar performanya tetap terjaga ternyata bukan hal yang ribet dan sulit ya? bahkan anda bisa melakukannya di waktu luang. Bahan dan alat yang digunakan pun mudah didapatkan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, praktekkan agar head lamp mobil anda tampak kinclong seperti baru.

Artikel terkait :

Cara mendeteksi dan penyebab lampu rem mobil mudah mati/putus beserta solusinya.

Berikut ini beberapa penyebab lampu mobil berembun dan tips jitu mengatasinya.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *