Tips Dan Cara Memanaskan Mobil Yang Baik Dan Benar

bagiamana-cara-memanaskan-mobil-yang-baik-dan-benar-sebelum-digunakan-mekanikmitsubishiTips Dan Cara Memanaskan Mobil yang Baik dan Benar.

Mekanikmitsubishi.com – Memanaskan mobil adalah hal yang sangat penting, terutama untuk jenis mobil injeksi dan matic. Karena dengan rutin melakukan pemanasan pada mesin akan membantu sirkulasi oli pelumas untuk melumuri semua bagian ruang komponen di dalam mesin mobil. Sehingga seluruh komponen mobil tetap terjaga kondisinya dan aman dari kemungkinan gesekan atau  benturan dengan komponen lain.

Baca juga : Penyebab dan cara mudah mengatasi mobil tidak bisa di starter.

Kegiatan memanaskan mobil ini bisa dibilang perawatan untuk mobil kesayangan anda. Perawatan ini bisa dilakukan dengan langkah yang mudah yaitu hanya menyempatkan waktu kurang dari 5 menit sebelum mobil digunakan. Mudah bukan? Meskipun begitu, anda juga memerlukan teknik atau cara yang tepat untuk memanaskan mobil anda. Kenapa? Sebab hal ini juga menentukan keberlangsungan komponen mobil anda dengan kata lain keawetannya.

Lalu bagiamana cara memanaskan mobil yang baik dan benar sebelum digunakan? Pasti penasaran kan? Yuk langsung saja simak tips simple memanaskan mobil selengkapnya di bawah ini:

Baca juga : Tips dan cara terbaik merawat mobil bekas yang jarang diketahui.

  1. Panaskan mobil selama kurang lebih 5 menit

Memanaskan mobil sekitar 5 menit sebelum berkendara adalah hal penting yang perlu anda perhatikan. Anda juga bisa melihat jarum indikator suhu yang terpasang pada mobil. Apabila jarum indikator sudah menunjukkan 1/3 maka mobil sudah siap untuk dikemudikan. Hindari memanaskan mobil yang terlalu lama, hal ini dapat mengakibatkan mesin mobil over heating.

  1. Hindari menekan pedal gas

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggih, mobil juga di desain menggunakan teknologi baru yang lebih memudahkan penggunanya. Mobil dengan  sistem pembakaran injeksi adalah contohnya. Perubahan sistem ini juga membuat cara pemanasan mobil berubah. Lalu bagaimana caranya? Yakni anda cukup membiarkan mesin mobil menyala pada keadaan konstan, jadi anda tak perlu menginjak pedal gas saat proses pemanasan ini berlangsung. Pedal gas bisa diinjak sebelum mesin dinyalakan.

  1. Mematikan AC mobil

Pastikan AC mobil anda dalam keadaan off sebelum proses pemanasan mobil berlangsung. Menghidupkan mobil saat AC masih menyala berpotensi mengakibatkan rusaknya sebagian komponen AC. Resiko lain yang lebih berat ialah AC rusak atau mati total. Kenapa? Menghidupkan AC saat suhu mobil belum dalam kondisi normal akan membuat kinerja mesin makin berat.

Baca juga : Pengecekan,Perbaikan serta Perawatan berkala AC mobil yang benar.

  1. Panaskan mobil di area terbuka

Tips yang satu ini sering kali masih disepelekan oleh sebagian orang. Jika Anda salah satunya, sebaiknya buang jauh-jauh kebiasaan ini. Memanaskan mobil di area tertutup,sebab hal ini berpengaruh buruk terhadap kesehatan anda. Terlebih bagi anda yang sedang tidak fit atau bahkan menderita penyakit pernapasan. Asap mobil yang dikeluarkan melalui knalpot mengandung gas berbahaya yang apabila terhirup akan mengganggu kesehatan anda.

Jadi, ada baiknya jika Anda memanaskan mobil di area terbuka.

Memanaskan mobil dengan cara yang benar akan mencegah komponen pada mobil anda mengalami keausan. Wah, hal ini tentu sangat merugikan bukan? Bayangkan saja anda harus mengeluarkan budget yang lebih untuk beberapa komponen mobil yang rusak sebelum waktunya. Komponen mobil yang aus juga akan mempengaruhi performa mobil dan membuat anda tidak nyaman dalam berkendara. Terlebih bagi anda yang menggunakan mobil sebagai alat transportasi sehari-hari.

Manfaat lain yang bisa anda peroleh dengan memanaskan mesin secara rutin ialah dapat menghindari kebocoran komperhensi. Ya, keadaan mesin mobil yang telah panas kontan menyebabkan pembakaran bahan bakar menjadi lebih prima. Sehingga konsumsi bahan bakar pun lebih hemat.

Demikian artikel mengenai tips dan cara terbaik memanaskan mobil dengan benar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Geber-geber mobil saat dipanaskan agar mesin cepat panas,bolehkan?

Cara sederhana dan mudah bikin polusi gas buang mobil Anda makin kecil.

Bahayakah air menetes dari ujung kenalpot mobil terutama pada pagi hari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *