Tips dan Cara Hemat BBM Saat Lalui Tanjakan

Tips dan Cara Hemat BBM Saat Lalui Tanjakan - MekanikmitsubishiBeberapa Tips dan Cara Hemat BBM Saat Dijalan Tanjakan Tanpa Boros Bahan Bakar

Mekanikmitsubishi.com – Tips hemat BBM memang merupakan hal yang sedang banyak dicari oleh orang-orang saat ini. Hal tersebut banyak dilakukan oleh orang-orang karena harga BBM yang kian lama kian melambung. BBM merupakan poin pokok yang sangat dibutuhkan oleh kita untuk berbagai aktivitas. Bahan bakar ini paling sering digunakan oleh kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua dan roda empat.

Baca juga : Cara aman parkir ditanjakan bagi pemula.

Mobil merupakan kendaraan yang paling banyak menggunakan subsidi BBM ini jika dibandingkan dengan motor. Sekali isi bahan bakar pun mobil dapat mengeluarkan uang sampai beratus-ratus ribu. Hal ini tentu saja menyebabkan orang-orang yang menggunakan kendaraan mobil menjadi pusing.

Hal tersebut semakin diperparah jika kita melewati jalur tanjakan. Mengendarai di jalur yang menanjak memang menantang, namun jalur menanjak dapat membuat bahan bakar menjadi lebih boros dan cepat habis. Maka dari itu tidak heran jika banyak sekali orang yang mencari tips hemat BBM.

Jika Anda merupakan salah satu orang tersebut, Anda tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan informasi tentang tips hemat BBM. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat membaca artikel dibawah ini.

Cara Mudah Menghemat Bahan Bakar Saat Berada Dijalur Menanjak

Baca juga : Tips mudah mobil berhenti ditanjakan dengan setengah kopling.

Saat berada pada jalur menanjak memang penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan pada saat berada pada jalur lurus biasa. Hal tersebut dikarenakan pada saat jalur menanjak mesin membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menggerakan kendaraan tersebut. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang mencari berbagai macam tips hemat BBM.

Terdapat beberapa cara dan tips hemat BBM pada saat berada pada jalur menanjak. Cara-cara tersebut dapat Anda gunakan jika Anda ingin mengemat bahan bakar Anda. berikut adalah beberapa tips hemat BBM yang dapat Anda lakukan.

Menginjak Pedal Gas Lebih Dalam

Tips hemat BBM yang pertama adalah dengan menginjak pedal gas lebih dalam. Sebelum melalui jalur menanjak, sebaiknya injaklah pedal gas lebih dalam. Menginjak pedal gas lebih dalam dapat berguna untuk menghindari pemborosan bahan bakar.

Pedal gas yang terinjak lebih dalam dapat menaikan kecepatan mobil. Kecepatan mobil yang lebih tinggi dapat membuat tenaga yang dikeluarkan oleh mesin lebih sedikit karena kecepatan mobil tersebut bertambah.

Menghindari Penekanan Pedal Gas Berulang-Ulang

Penekanan pedal gas secara berulang kali dapat membuat bahan bakar lebih boros. Kesalahan ini merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh banyak orang. Sebaiknya nyalakanlah mobil secara wajar dan berikanlah waktu pada mobil untuk membuat oli mesin bekerja terlebih dahulu.

Tidak perlu waktu lama, Anda dapat melakukan ini sampai temperatur mobil berada pada titik sedang. Hal ini berguna sebagai tips hemat BBM bagi kendaraan Anda.

Menjaga Jarak Aman Pada Mobil

Tips hemat BBM juga dapat digunakan dengan cara menjaga jarak aman pada mobil yang berada di depan pada saat di jalur tanjakan. Jika jarak mobil sudah aman, jalankanlah mobil dengan memindahkan ke gigi satu sambil menekan pedal gas. Kemudian lepaskanlah kopling secara perlahan hingga mobil berjalan dan turunkanlah rem tangan. Cara ini dapat menghindari seringnya penggunaan kopling.

Menggunakan Rem Kaki

Menggunakan rem kaki dapat Anda lakukan untuk dijadikan tips hemat BBM yang aman pada saat berada dijalan tanjakan. Teknik ini merupakan cara yang aman jika Anda berada pada jalur tanjakan dalam waktu yang sebentar.

Caranya adalah injak pedal kopling dan pedal rem kaki. Jika ingin berjalan kembali angkat pedal kopling sampai terasa getaran pada mobil, kemudian lepas rem kaki secara perlahan dibantu dengan menginjak gas.

Artikel terkait :

Tips mengemudi saat berhenti ditanjakan dengan rem tangan degan mudah.

Tips paling baik saat menyalip kendaraan dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *