Tips Dan Cara Diagnosis Kerusakan Mesin Dari Suaranya

kenali-penyebab-suara-aneh-pada-mobil-dan-cara-mengatasinya-mekanikmitsubishiTips Dan Cara Diagnosis Kerusakan Mesin Dari Suaranya Secara Akurat.

Mekanikmitsubishi.com – Kendaraan yang usianya sudah tua kadang mengalami kerusakan pada mesinnya. Kerusakan ini bisa terlihat dari kerja mesin yang tidak seperti dulu lagi. Misalnya saja ketika di starter tidak langsung hidup, kendaraan tiba-tiba mogok, dan masih banyak lagi lainnya. Mesin yang sudah rusak sebenarnya sudah bisa dideteksi dari suaranya. Suara mesin kendaraan yang sudah rusak akan berbeda sekali dengan suara kendaraan yang masih baru.

Baca juaga : 5 cara sederhana bikin awet mesin mobil,tak banyak yang tau..!!

Ada 2 jenis suara pada mesin yaitu growl (suara berderak), dan rattle (suara berderik). Komponen mesin yang rusak juga dibagi menjadi 2 yaitu blok mesin atau kalter dan kepala silinder. Suara kepala silinder contohnya suara sistem klep, suara rantai mesin, dan suara piston.

Berikut adalah tips dan cara diagnosis kerusakan mesin dari suaranya :

Baca juga : Cara mengganti oli mesin mobil yang baik dan benar.

  1. Tips dan cara diagnosis kerusakan sistem klep

Sistem penggerak klep yang sudah berfungsi dengan abnormal biasanya bisa diketahui ketika kendaraan di rem. Suara berderak keras akan muncul apabila mobil direm, apalagi ketika remnya ditambah akan terdengar lebih keras suaranya. Jika mesin dalam keadaan dingin ketika direm, maka suaranya akan bertambah jelas. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka periksalah bagian sistem penggerak klep. Bianya klep yang rusak akan mengalami keausan, khususnya pada sistem, dohc karena membutuhkan kepresisian yang lebih.

  1. Tips dan cara diagnosis kerusakan rantai mesin

Rantai mesin atau yang sering disebut dengan cam chain adalah bagian mesin yang tidak akan pernah lepas dari yang namanya kerusakan. Cara mengetahui apakah rantai mesin sudah rusak yaitu dari suaranya, atau juga karena rantai yang lepas biasanya pada sepeda motor.

Cham chain yang sudah rusak biasanya akan mengeluarkan bunyi ketika mesinnya hidup. Suara tersebut yaitu suara berderik, akan tetapi ketika gasnya dibuka suaranya akan hilang. Apabila Anda mengalami hal ini maka sudah dipastikan bahwa cham chain mesin sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

  1. Tips dan cara diagnosis kerusakan kalter mesin

Terdapat dua suara kalter mesin yang bisa Anda ketahui yaitu ada sistem kopling, dan cranksaft. Pada suara sistem kopling Anda bisa mengeceknya dengan melihat sistem kopling kendaraan Anda, lalu periksalah.

Sistem kopling yang sudah rusak suaranya hampir mirip seperti suara cranksaft. Cara mendiagnosis suaranya yaitu dengan mengetes asal suara, apabila asal suara cranksaft berada di bagian tengah kalter mesin maka suara kerusakan sistem kopling asalnya di kalter luar. Pengecekan untuk kerusakan ini bisa Anda lakukan pada karet damper yaitu kopling utama dan juga kopling ganda.

Sedangkan tanda-tanda sistem crankshaft yang sudah rusak yaitu terdengar suara berderak apabila rem naik cepat. Cara mengeceknya yaitu dengan memeriksa knalpot, jika knalpot ditutup menggunakan lap lalu motor pada posisi gigi dan rem diinjak. Selain itu bisa juga dilakukan dengan melihat kelonggaran big end dari stang piston dan bearing crankshaft.

  1. Tips dan cara diagnosis kerusakan piston

Tips dan cara diagnosis kerusakan mesin dari suaranya yang terakhir yaitu dengan melihat kerusakan pada piston. Untuk mengetahui apakah piston mengalami kerusakan atau tidak yaitu bisa dengan cek asap yang keluar dari knalpot. Akan tetapi hal ini jika kelonggaran piston terhadap linier blok telah besar.

Apabila kerusakannya masih dini, maka bisa dideteksi dengan mendengarkan suaranya. Suaranya yaitu berderak tetapi saat rpm turun dari 3000 rpm ke posisi idle maka bisa terdengar jelas. Jika knalpot ditutup menggunakan lap dan snapping dilakukan dengan menginjak pedal rem dan juga gear motor posisi 1.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui tentang tips dan cara diagnosis kerusakan mesin dari suaranya. Semoga di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Artikel terkait :

Tips dan cara membersihkan mesin mobil sendiri dengan benar dan aman.

Cara terbaik mengatasi mesin mobil bergetar dengan mudah.

Penyebab knalpot mobil bersuara menembak-nembak dan tips mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *