Tips Dan Cara Ampuh Menghilangkan Noda Aspal Pada Velg Mobil

tips-dan-cara-ampuh-menghilangkan-noda-aspal-pada-velg-mobil-mekanikmitsubishiTips Dan Cara Ampuh Menghilangkan Noda Aspal Pada Velg Mobil Dengan Cepat.

Mekanikmistubishi.com – Kualitas aspal yang buruk kerap kali membuat velg mobil ternoda. Noda yang disebutkan ini yaitu adanya bintik-bintik aspal di velg dan body mobil sehingga membuat eksterior mobil tidak enak dipandang.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pemilik mobil mencuci mobilnya dengan sering atau secara rutin. Namun yang perlu diingat bahwa membersihkan noda pada vleg atau body mobil tidak boleh menggosok pada bagian yang terdapat noda aspalnya.

Baca juga : Cara memilih velg mobil berkualitas dengan harga terjangkau.

Sebaiknya gunakan tar remover atau minyak tanah untuk mengangkat noda. Fungsi membersihkan noda aspal pada veld dan juga body mobil menggunakan minyak tanah atau tar remover yaitu untuk mencegah kekusaman pada cat mobil.

Selain itu bisa mencegah body mobil yang terkelupas, yang penting dilakukan dengan cara yang benar. Perlu Anda perhatikan juga jangan sekali-kali membersihkan noda aspal menggunakan tiner atau cairan campuran.

Untuk itu, berikut ini adalah tips dan cara ampuh menghilangkan noda aspal pada velg mobil.

Baca juga : Bahaya dan tidaknya menggunakan cairan tambal ban ajaib.

  1. Pertama siapkanlah alat-alat pembersih seperti kuas, kain halus. Siapkan juga tar remover atau minyak tanah.
  2. Kedua bersihkan terlebih dahulu noda aspal yang terdapat pada velg dan body mobil dengan air. Setelah itu biarkan hingga kering atau Anda bisa mengeringkannya menggunakan kain halus tadi.
  3. Kemudian yang ketiga, oles atau semprotkan tar remover pada bagian mobil yang ada noda aspalnya.
  4. Biarkan hingga 5 menit supaya cairan tar remover tadi bekerja. Waktu pembiaran selama 5 menit tersebut akan membuat aspal menjadi lunak.
  5. Apabila aspal telah lunak, maka bersihkan bagian tersebut menggunakan kain yang halus. Jika aspal sudah lunak, maka ulangilah proses tadi untuk membersihkan noda percikan-percikan aspal.
  6. Jika pembersihan noda aspal telah selesai, maka cucilah mobil hingga seluruh bodynya bersih menggunakan sabun. Lalu keringkan.

Proses pembersihan noda aspal ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel ataupun jasa cuci mobil.

Selain tips dan cara ampuh menghilangkan noda aspal pada velg mobil, ada pula cara untuk merawat velg mobil supaya tetap awet dan tidak kusam. Caranya adalah sebagai berikut:

Baca juga : Mengapa perlu Spooring dan Balancing? dan berapa biaya yang dibutuhkan?

  • Ketika mencuci mobil di bagian velg, gunakanlah cairan khusus pembersih velg. Jangan gunakan detergen untuk mencuci velg mobil karena bisa menyebabkan velg mobil kusam serta meninggalkan bekas sabun.
  • Apabila telah usai mencuci mobil, sebaiknya keringkan velg menggunakan kain halus sampai kering. Jangan sisakan bercak air di velg karena bisa menyebabkan bercak-bercak air. Ingat gunakan satu kain yang memang khusus untuk membersihkan velg, karena mengeringkan seluruh body mobil dengan satu kain yang sama bisa menyebabkan kotoran berpindah selain itu juga bisa menyebabkan goresan.
  • Bersihkan velg mobil dengan sikat halus untuk jenis velg yang memiliki banyak palang atau bermotif jari. Bersihkan celah-celah jari atau palang supaya kotorannya benar-benar hilang.
  • Apabila ada kotoran seperti lumpur, oli, dan aspal, maka bersihkan velg menggunakan cairan khusus seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Bersihkan mobil secara berkala dan teratur, salah satu caranya yaitu dengan melepas velg mobil. Setelah itu bersihkan bagian dalam dan luarnya. Apabila Anda tidak ingin melepasnya, maka Anda bisa membersihkan bagian luarnya saja. Untuk tips tambahan, bersihkan semua bagian velg setiap 6 bulan sekali.

Itulah beberapa tips dan cara ampuh dan mudah menghilangkan noda aspal pada velg mobil yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda.

Artikel terkait :

Bahaya terlalu sering mencuci mobil yang jarang diketahui.

Tips memilih pembersih mobil yang bagus dan aman untuk cat dan boy mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *