Tips Dan Cara Ampuh Hilangkan Bekas Cat Meleleh Di Body Mobil

Tips Dan Cara Ampuh Hilangkan Bekas Cat Meleleh Di Mobil Dengan AmanCara Ampuh Hilangkan Bekas Cat Meleleh Pada Body Mobil Dengan Aman

Mekanikmitsubishi.com – Pada dasarnya setiap  pemilik mobil tentu menginginkan cat mobil yang terlihat sempurna, mengkilap, mulus, dan tanpa adanya cacat sedikitpun. Akan tetapi terkadang hasil yang diterima ketika melihat hasil proses pengecatan ulang dirasa kurang sempurna. Salah satu akibatnya adalah adanya bercak cat pernis yang meleleh pada mobil.

Baca juga : Tips dan cara terbaik merawat cat mobil agar terlihat mengkilap dan tahan lama.

Beberapa Penyebab Dan Faktor Adanya Bekas Cat Meleleh Pada Mobil

Dengan adanya bercak cat pernis pada body mobil tentu disebabkan oleh beberapa faktor yakni dikarenakan proses pengecetan yang tidak tepat, kondisi lingkungannya yang kurang baik, dan adanya kecerobohan dari orang yang mengecat mobil tersebut. Meleleh ini tentu terjadi dikarenakan cat mobil atau pernisnya yang terlalu tebal dan kental yang dapat membentuk aliran.

Hal tersebut juga biasanya terjadi karena campuran terlalu kental atau tekanan udara di-spray gun kurang kencang. Untuk mengatasinya Anda dapat menghilangkan cat mobil yang berceceran dengan cara diampelas. Akan tetapi jika lelehannya terlalu tebal setelah proses penghalusan maka Anda perlu menyemprot ulang.

Apabila teknik pengecetan akhir atau tahap penyemprotan pernis tidak dilakukan dengan cara-cara yang benar dan tepat maka akan ada istilah paint defect setelah kering atau cacat ketika kondisinya kering. Untuk menghilangkan bekas pernis cat mobil yang meleleh tentu bisa dengan cara teknik poles bodi. Untuk tahap awal juga bekas pernis tentu saja harus diampelas dengan tahapan tingkat kasar 1.000 sampai dengan 2000.

Anjuran Tahapan Proses Pengampelasan

Jika Anda mengampelas cat mobil maka sebaiknya Anda jangan melakukannya dengan cara ditekan dan jangan sampai menggunakan ampelas yang kasar karena dapat merusak cat dasarnya. Jika sudah hilang bekas pernisnya maka lebih baik Anda menggunakan cairan poles.

Tips Pencegahan Cat Meleleh Pada Mobil Yang Tepat

Baca juga : Tips membedakan cat mobil asli dengan pengecatan ulang.

Jika Anda melakukan pengecetan pada mobil khususnya bagian body mobil serta berusaha menghindari terjadinya cat mobil yang meleleh setelah kering, maka Anda harus dengan sabar menunggu agar lapisan clear coat mulai mengering sebelum melapisinya lagi. Beberapa lapisan tipis juga tentu saja akan memberikan hasil yang lebih baik dari satu kali lapisan yang tebal dan nantinya akan mengurangi resiko cat meleleh.

Cara mengatasi clear coat meleleh juga tentu ada solusinya bagi Anda. Meskipun hal tersebut sangat tidak disukai oleh Anda karena dapat membuat tampilan cat mobil Anda menjadi tidak bagus.  Pertama, Anda harus mengenali terlebih dahulu apa penyebabnya. Jika penyebabnya adalah komposisi yang terlalu encer atau kelebihan dalam memberi thinner maka dapat menambahkan lagi clear coat dan hardernya agar mendapat komposisi yang tepat.

Tips  Ampuh Hilangkan Bekas Cat Pada Mobil Dengan Aman

Setelah itu Anda dapat melanjutkan prosesnya dengan cara melapisi clear coat sebagaimana mestinya lalu Anda dapat mengeringkannya. Jika Anda ingin memberikan lapisan clear coat cat mobil maka sebaiknya melanjutkan ke tahap seperti biasa saja. Jika sudah selesai maka keringkan lapisan clear coat yang sudah kering sampai sempurna.

Sebaiknya  Anda juga beri waktu 3 hari untuk dapat melanjutkan ke tahap polish agar dapat meratakan bagian yang meleleh. Amplas bagian clear coat yang meleleh dengan menggunakan kertas amplas 1000 atau 1500 dengan bantuan air. Anda dapat melakukannya dengan cara perlahan agar tidak mengikis terlalu banyak lapisan clear coat cat mobil di bagian lainnya.

Ketika bagian yang meleleh menjadi rata maka akan terdapat bagian yang buram lantaran sudah terkikis. Agar kembali mengkilap maka gosoklah rubbing compound dengan menggunakan kain yang halus. Untuk menjaga agar kilat cat tahan lama maka Anda dapat menggunakan pengkilap cat mobil sebagaimana dapat memberi perawatan cat kendaraan pada umumnya.

Demikian penjelasan artikel kami mengenai tips dan cara ampuh hilangkan cat meleleh pada mobil yang benar dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat memberikan jawaban serta dapat memberikan solusi mengenai sisa cat meleleh pada mobil. Terimakasih.

Artikel terkait :

Tips dan cara atasi cat mobil timbul bercak gelembung dengan mudah.

Bocoran kelebihan dan kekurangan cat oven.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *