Tips Buat Mobil yang Akan Ditinggal atau Diparkir Untuk Waktu yang Lama

mekanikmitsubishi.comMenjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari lagi, banyak sebagian dari masyarakat yang sudah mulai melakukan persiapan mudik, baik mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika Anda memiliki kendaraan atau mobil pribadi tapi hendak mudik dengan menggunakan angkutan umum, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa hal sebelum meninggalkan mobil Anda dalam jangka waktu yang lama.

Mungkin banyak sebagian dari Anda yang kurang memperhatikan faktor yang satu ini, yakni meninggalkan atau memarkir mobil dalam jangka waktu yang lama. Membiarkan mobil diam dalam jangka waktu yang lama tanpa digunakan sama sekali atau tanpa memanasi mesin mobil ternyata memiliki efek yang kurang baik pada komponen mobil Anda.

Misalnya saja pada komponen rem tangan pada mobil Anda yang bisa saja mengalami masalah atau kerusakan saat akan digunakan kembali. Hal ini dikarenakan rem tangan membutuhkan pelumas yang berfungsi untuk melancarkan atau melicinkan sistem kerjanya, sedangkan untuk waktu yang lama komponen yang satu ini tidak digunakan, sehingga bisa saja mengalami kekeringan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan dengan seksama setiap resiko yang bisa saja terjadi.

Untuk mengatasi hal tersebut di atas, tips pertama yang bisa Anda lakukan saat hendak meninggalkan mobil dalam jangka waktu yang lama adalah jangan menarik tuas rem tangan mobil Anda; biarkan mobil Anda dalam posisi atau keadaan bebas. Karena jika dibiarkan terlalu lama, ternyata hal ini memungkinkan terjadinya kelengketan antara disk brake dengan minyak rem. Dan efek yang paling bisa dirasakan adalah jika mobil Anda menggunakan sistem rem tromol.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada mobil kesayangan Anda, Anda bisa mencari alternatif lain yang bisa berfungsi sebagai rem mobil Anda agar tidak bergerak dengan memberikan ganjalan tambahan berupa kayu atau batu atau apa saja yang bisa Anda manfaatkan pada masing-masing roda

Hal lain yang juga sering terlupakan yaitu bagianĀ  wiper pada kaca depan mobil Anda. Sebaiknya Anda juga mengganjal wiper mobil Anda dengan menggunakan kain lap atau apa saja yang bisa Anda manfaatkan asal tidak merusak wiper maupun kaca depan mobil Anda. Hal ini dikarenakan jika wiper dibiarkan terlalu lama menempel pada kaca mobil Anda, karet wiper pada mobil Anda bisa saja mengeras dan jika akan digunakan kembali dikhawatirkan akan menimbulkan baret pada kaca dan merusak wiper itu sendiri.

Dan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melepas kabel aki mobil Anda. Hal ini bertujuan agar aki mobil Anda menjadi lebih awet. Karena jika mobil ditinggalkan terlalu lama tanpa mesinnya dipanasi sama sekali, misal selama dua minggu atau lebih, maka ada kemungkinan aki mobil Anda akan menjadi tekor. Oleh karena itu, sebelum berpergian pastikan terlebih dahulu Anda sudah melepas kabel-kabel aki dari kutupnya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum meninggalkan mobil Anda untuk jangka waktu yang lama. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *