Tips Bermanfaat Saat Mengemudikan Mobil di Pegunungan

Tips Bermanfaat Saat Mengemudikan Mobil di PegununganTips Bermanfaat Saat Mengemudikan Mobil di Pegunungan

Mekanikmitsubishi.com – Saat berada di daerah pegunungan dengan mengendarai mobil tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tak hanya bisa menikmati pemandangan yang indah saja, saat anda berada di daerah pegunungan anda pun bisa menghirup udara segar tanpa adanya populasi udara.

Baca juga  : Tips aman saat mengemudikan kendaraan pada lintasan naik dan sering terjadi kemacetan.

Meskipun terlihat indah, ternyata daerah pegunungan mempunyai kondisi jalan yang berkelok-kelok yang disertai dengan tanjakan. Untuk para pengemudi terutama pemula, hal tersebut tentu menjadi sebuah ancaman tersendiri. Apabila kendaraan berada di jalanan yang berkelok-kelok kelok dan menanjak maka ban, rem tranmisi dan mesin mobil akan bekerja lebih keras untuk menaklukan jalanan tersebut.

Supaya perjalanan anda berjalan lancar, berikut beberapa tips mengemudikan mobil di pegunungan yang wajib anda ketahui.

  1. Mempersiapkan diri dan kendaraan

Sebelum anda memulai perjalanan, tips mengemudikan mobil di pegunungan yang pertama yaitu memastikan tubuh anda dalam keadaan sehat dan bugar. Mengendarai kendaraan pada daerah tanjakan dan tikungan membutuhkan banyak energy dan konsentrasi tinggi.

Tak hanya itu, pastikan juga anda mengecek kendaraan khususnya pada bagian transmisi dan rem masih bagus. Periksa pula bagian ketebalan kampas rem, tangki bahan bakar dan tekanan angina.

 

  1. Menanjak dengan gigi rendah

Pastikan mobil anda dalam posisi gigi rendah sebelum mulai menanjak. Hal ini dikarenakan agar mobil mendapatkan tenaga dan torsi yang maksimal saat berada di tanjakan.

Apabila mobil anda menggunakan sistem transmisi manual, maka anda bisa meletakkan tuas porseneling ke posisi gigi 1. Apabila tanpa kopling langsung atau otomatis anda bisa memposisikan tongkat transmisi ke posisi L atau 1.

Selain pada bagian kemudi, mengemudikan mobil di pegunungan juga harus memperhatikan pula temperature mesin. Mesin yang bekerja pada putaran tinggi dengan posisi gigi rendah, maka akan membuat mesin menjadi lebih panas dari biasanya. Dan apabila indicator suhu dalam keadaan yang membahayakan, anda bisa segera berhenti sebentar di tempat yang aman untuk mengistirahatkan mesin mobil anda.

  1. Manfaatkan engine brake di tanjakan

Pergunakan sedikit putaran mesin serta memanfaatkan gravitasi untuk membuat mobil menggelinding saat berada di turunan. Perlu diingat, anda tidak perlu berjalan terlalu kencang karena hal tersebut bisa membuat anda kesulitan dalam mengendalikannya. Sehingga, tips mengemudikan mobil di pegunungan juga jangan terlalu banyak mengandalkan rem. Anda bisa memanfaatkan engine brake dengan cara memindahkan gigi ke posisi yang lebih rendah.

 

  1. Jangan menikung kencang

Tips mengemudikan mobil di pegunungan yang terakhir yakni jangan lupa untuk mengurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan. Selain itu, janganlah menikung secara kencang karena banyak tikungan tajam yang sering tidak terdapat area untuk menghindar bagi pengemudi dari arah berlawanan. Sebaiknya, ketika mengambil tikungan tetap berada di jalur anda. Jangan mencoba untuk mengambil posisi di tengah maupun mengambil jalur mobil lain.

 

Saat mengemudikan mobil didaerah pegunungan sebaiknya selalu memperhatikan system pengereman dan lampu-lampu, jalan yang meliuk-liuk dan naik turun serta berkabut sangat disaankan kondisi lampu dan rem bekerja dengan baik tanpa ada masalah. Jika sampai poin tersebut tidak mecukupi sangat dikhawatirkan akan timbul kecelakaan. Demikian artikel kami yang membahas mengenai tips dan poin-poin penting saat mengemudikan kendaraan di daerah pegunungan agar perjalanan Anda nyaman dan aman. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Beberapa langkah mudah engine break yang benar dan aman.

Penyebab dan tips mengatasi ban mobil mudah selip dengan mudah dan efektif.

Tips mengemudikan mobil saat berhenti ditanjakan dengan setengah kopling secara aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *