Tips Berkendara Aman Menembus Kabut Asap

tips-berkendara-aman-menembus-kabut-asapTips Berkendara Aman Menembus Kabut Asap

Mekanikmitsubishi.com – Kabut asap memang bukan hal yang baru terjadi di Indonesia. Beberapa waktu lalu, daerah di Indonesia pernah dihebohkan dengan kabut asap yang pernah terjadi selama beberapa minggu lamanya. Akibatnya, banyak aktivitas masyarakat yan terhambat adanya hal tersebut.

Baca juga : Tips mengemudi yang baik aman mudik atau perjalanan jauh. 

Kabut asap sendiri diakibatkan adanya pembakaran hutan yang saat ini masih marak terjadi. Tak hanya itu, cuaca yang semakin tidak menentu sering tiba-tiba muncul terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dataran tinggi. Hal ini tentu akan membuat jarak pandang ketika berkendara akan menjadi terganggu sehingga harus di waspadai. Jalan satunya-satunya yang dapat di lakukan ketika mendapati kondisi tersebut yaitu dengan mengurangi kecepatan serta mengubah gaya berkendara yang lebih aman.

Untuk itu, berikut tips berkendara aman menembus kabut asap yang bisa anda terapkan jika berada dalam keadaan berkabut.

Baca juga : Tips paling baik dan aman saat mendahului kendaraan dengan mobil.

                    1. Gunakan Perlengkapan Berkendara

Tips berkendara aman menembus kabut asap yang pertama yaitu anda harus menggunakan atribut pakaian berkendara lengkap terutama bagi para pengguna roda dua, seperti helm, sarung tangan, jaket sepatu hingga celana panjang. Hal ini tentu sudah menjadi hal wajib untuk di penuhi ketika berkendara, namun jika anda mendapati kondisi jalanan yang berkabut asap anda bisa menggunakan atribut masker sebagai tambahan.

Untuk pengguna roda empat, hal yang harus anda lakukan yaitu anda harus mengecek kondisi filter udara yang masuk pada bagian kabin. Meskipun menggunakan mobil, ketika keadaan kabut asap pun anda tetap harus menggunakan masker untuk menghindari ancaman terkena gangguan pernapasan. Gunakan pula sabuk pengaman sebagai pengamanan ketika berada di belakang kemudi.

                     2. Pastikan Lampu Depan Menyala

Untuk kendaraan roda dua dan empat, wajib menyalakan lampu pada siang hari ketika kabut menghalangi jarak pandang ketika berkendara. Untuk sepeda motor, anda bisa menggunakan lampu utama bukan hanya high beam. Sedangkan untuk mobil, tips berkendara aman menembus kabut asap anda bisa menyalakan lampu utama jika berada di posisi kabut tebal. Hal ini bertujuan agar pengguna jalan yang lain bisa mengetahui posisi anda dengan jelas.

                    3. Rencanakan Rute Perjalanan

Ketika memutuskan berkendara, ada baiknya anda juga perlu merencanakan terlebih dahulu rute perjalanan sebelum berangkat. Yips berkendara aman menembus kabut asap ini bertujuan untuk mengefisiensi waktu perjalanan supaya terhindar dari resiko menghirup asap terlalu banyak ketika berada di ruang terbuka bisa di minimalisir.

                    4. Jarak Dengan Kendaraan Lain

Ketika sudah melakukan perjalannan, usahakan untuk selalu menjaga jarak aman kendaraan anda dengan kendaraan lainnya ketika berada di jarak pandang tidak optimal. Anda bisa memberikan jeda sekitar 5 detik dengan kendaraan lain supaya lebih aman. Tips berkendara aman menembus kabut asap ini bertujuan memberi waktu ketika pengendara melakukan pengeraman mendadak. Selai itu, anda harus menghindari gerakan secara tiba-tiba untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

                    5. Tetap Fokus

Hal penting sebagai tips berkendara aman menembus kabut asap ini memang tidak boleh di abaikan. Konsentrasi dalam berkendara memang sangat di perlukan, terlebih jika jalanan sedang terjadi kabut asap. Fokus sendiri tidak hanya di lakukan oleh si pengendara saja, namun penumpang juga harus tetap fokus. Sebagai contoh, tidak menggunakan gadget saat berkendara karena hal tersebut dapat membahayakan ketika melakukan perjalanan.

Itulah beberapa tips berkendara aman menembus kabut asap yang harus anda ketahui. Dengan adanya hal ini tentunya akan meningkatkan kewaspadaan anda ketika berkendara terutama saat berada di situasi kabut asap.

Artikel terkait :

Tips pintar mengendaraai mobil saat terjadi kemacetan panjang yang jarang diketahui.

Cara mendeteksi dan mengatsi mobil mogok dengan mudah dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *