Tips aman berpergian, dan beberapa factor penyebab kecelakaan – Mekanikmitsubsihi

Tips aman berpergian, dan beberapa factor penyebab kecelakaan - Mekanikmitsubsihi

Jangan Abaikan 3 Hal ini ! Beberapa Pemicu Utama Kecelakaan Di Jalan Yang Harus Anda Hindari!
Mekanikmitsubishi.com – Di era modern ini, kendaraan seolah berubah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Tak memungkiri, kendaraan memang memberikan kemudahan bagi Anda dalam melakukan aktifitas. Bahkan menurut penelitian dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), pada tahun 2010-2013, terdapat 866 sepeda motor terjual tiap jamnya. Menakjubkan bukan?
Meningkatnya jumlah kendaraan di jalan raya tentu memberikan efek positif dan juga efek negatif. Salah satu efek negatif dari banyaknya kendaraan adalah memicu kemacetan dan menambah angka kecelakaan. Tak hanya jumlah kendaraan, beberapa faktor ini juga disebut sebagai faktor utama yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan. Apa saja faktor tersebut?
1) Faktor Pengemudi
Kondisi tubuh Anda saat mengemudi sangatlah penting. Biasanya, kecelakaan dapat dipicu ketika seseorang memiliki tubuh yang terlampau lelah. Kelelahan itu dapat membuat pikiran menjadi tak konsentrasi dan bahkan yang paling berbahaya adalah mengantuk. Hilangnya konsentrasi pengemudi merupakan 55% penyebab kecelakaan yang terjadi di jalanan.
Tak hanya disebabkan oleh rasa lelah, Anda juga dapat kehilangan konsentrasi ketika terfokus pada hal lain seperti membaca teks ataupun bertelepon. Kebiasaan menggunakan ponsel ketika berkendara merupakan faktor yang dapat membahayakan keselamatan Anda.
Selain kelelahan, kondisi tubuh yang kurang fit juga dapat memicu timbulnya kecelakaan. Ketika Anda mengendarai dalam kondisi tubuh yang tak sehat, berbagai gangguan kesehatan tentu dapat menganggu fokus Anda terhadap jalanan. Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa kurang sehat, disarankan untuk menggunakan supir dan jangan paksakan diri untuk mengemudi.
Faktor lain yang dapat memicu kecelakaan adalah berkendara di bawah pengaruh alkohol ataupun obat-obatan. Alkohol dan obat-obatan merupakan penyumbang 30% penyebab kecelakaan di jalan raya. Ketika Anda mengonsumsi alkohol, zat yang ada didalamnya memicu hilangnya kemampuan kontrol otak. Sehingga, kesadaran dan juga kewaspadaan Anda ketika berkendara, dapat berkurang atau hilang sama sekali.
2) Faktor Lingkungan
Ketika Anda berkendara, memperhatikan keadaan sekitar adalah hal dasar yang harus selalu dilakukan. Salah satu kebiasaan yang seharusnya dikurangi adalah memacu kendaraan Anda pada kecepatan di atas rata-rata dan tak memperhatikan rambu lalu lintas. Meski Anda merasa telah berpengalaman di jalanan, menaati rambu lalu lintas merupakan etika dasar bagi pengendara.
Berkendara dalam cuaca buruk juga dapat mendasari terjadinya kecelakaan. Cuaca ekstrem seperti angin badai, hujan deras, dan lain sebagainya tentu dapat membuat fokus berkendara Anda menjadi berkurang. Selain itu, jarak pandang yang dimiliki pengemudi juga dapat terhalang akibat cuaca di sekitar.

3) Faktor Kendaraan
Coba lihat kembali tanggal produksi kendaraan Anda dan apakah masih layak pakai? Kondisi kendaraan yang tak baik biasanya dapat membuat kenyamanan Anda dalam berkendara menjadi berkurang. Terutama apabila kelebihan beban angkut.
Selain itu, kondisi komponen lain seperti rem, ban dan lain sebagainya juga harus Anda cek sebelum Anda mengendarainya. Sepuluh sampai empatbelas persen kecelakaan, disebabkan oleh rusaknya komponen kendaraan. Jangan menunggu hingga terdapat gejala-gejala tertentu, biasakanlah untuk selalu merawat dan mengecek kondisi komponen kendaraan. Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai tips aman berpergian, dan beberapa factor penyebab kecelakaan.
Selamat mengemudi dengan aman! Terimakasih – Mekanikmitsubishi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *