Tips Agar Rem Motor Skutic Pakem Maksimal

Beberapa Tips Mudah Dan Aman Agar Rem Motor Skutic Pakem Maksimal - MekanikmitsubishiBeberapa Tips Mudah Dan Aman Agar Rem Motor Skutic Pakem Maksimal

Mekanikmistubishi.com – Motor Anda pernah mengalami rem kurang pakem saat dikendarai, padahal Anda belum lama mengganti kampas rem. Mungkin banyak orang pernah mengalami hal semacam itu.

Bagi yang sangat awam pengetahuannya soal motor, tentu hal ini akan menjadi masalah yang cukup merepotkan. Namun tahukah Anda jika rem yang kurang pakem tidak harus langsung di bawa ke bengkel. Anda bisa merawat rem motor Anda sendiri dengan mudah di rumah.

Untuk motor jenis skuter matic, kebanyakan menggunakan rem cakram pada bagian depan, dan rem tromol pada bagian belakang. Perawatan masing-masing rem tentu berbeda.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan membahas tips agar rem motor skutic Anda bekerja secara maksimal mengingat rem adalah bagian yang sangat vital bagi sebuah kendaraan. Rem yang tidak pakem bisa saja mencelakakan Anda sebagai pengendara.

Untuk itu ketahui lebih dalam tentang bagaimana cara agar rem motor Anda bekerja maksimal saat digunakan.

  1. Ganti prodo.

Ketika motor Anda mengalami rem yang kurang pakem, cek prodo pada rem. Ingat-ingat kapan terakhir Anda mengganti prodo atau kampas rem.

Jika prodo sudah tipis segera ganti dengan yang baru. Sebaiknya pilihlah kampas rem yang berkualitas atau original agar nantinya bisa lebih awet digunakan.

  1. Gunakan ampelas.

Apabila didapati kampas rem masih dalam kondisi yang bagus, artinya kampas rem masih tebal, Anda tidak perlu untuk buru-buru menggantinya. Cukup ampelas bagian yang keras, rem kurang pakem biasanya pada bagian luar prodo mengeras, sehingga gesekan dengan tromol menjadi licin.

Gunakan ampelas kasar untuk menghilangkan bagian yang mengeras tersebut sampai terbentuk permukaan yang menyerupai bidang baru.

Selain itu Anda juga harus bersihkan tromol dari debu, dan gunakan ampelas yang tidak terlalu kasar untuk mengampelas bagian tromol, agar nantinya tidak licin jika bergesekan dengan kampas rem.

  1. Ganti tuas rem.

Dengan mengganti lebih panjang tuas rem yang terdapat pada tromol, atau menyamakan dengan motor yang tuasnya lebih panjang. Apabila Anda memakai step underbone, maka bagian belakang lebih pendek dari bagian yang depan.

Jika cara ini masih dirasa kurang pakem, Anda bisa memanjangkan tuas bagian depan, atau buat lebih pendek lagi tuas yang berada di bagian belakang. Trik  ini menggunakan cara kerja sebuah pengungkit.

  1. Dengan menggunakan sabun colek.

Hal yang sangat unik memang menggunakan sabun colek pada bagian rem. Namun sudah banyak bengkel atau orang yang memakai teori ini agar rem kembali menjadi lebih pakem.

Setelah Anda membongkar rem motor skuter matic Anda, ambil sedikit sabun colek, oleskan pada bagian kampas rem dan tromol secukupnya. Trik ini banyak diakui sebagai cara yang sangat jitu untuk mengatasi rem yang kurang pakem.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai beberapa tips mudah agar rem pada motor skutic Anda  bekerja secara pakem maksimal. Semoga membantu. Terimaksih.

Artikel terkait :

Beberapa penyebab dan cara paling mudah hilangkan suara berdecit pada kanvas rem.

Penyebab utama dan cara mengatasi rem blong mendadak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *