Tips Agar Ban Mobil Lebih Awet dan Berumur Panjang

mekanikmitsubishi.comBan merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan. Komponen yang berbentuk bulat dan berwarna hitam ini berfungsi sebagai perantara untuk menyalurkan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin ke jalan, sehingga mobil pun bisa bergerak. Selain itu, fungsi lain dari ban adalah untuk meredam getaran bersama dengan suspensi, yang disebabkan oleh kondisi jalan yang tidak rata.

Meskipun ban terbuat dari karet dan memiliki batas waktu pemakaian yang singkat, namun jika penggunaannya tidak sembarangan, maka ban bisa awet dan tahan lama. Banyak faktor yang menyebabkan umur ban menjadi lebih pendek dari yang seharusmya, misalnya karena beban kendaraan yang melebihi batas, cara mengemudikan kendaraan yang kurang tepat, kondisi jalan dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Dan salah satu faktor utama penyebab ban menjadi tidak awet atau cepat halus dikarenakan cara mengemudikan mobil yang kurang tepat. Nah, pada artikel kali ini penulis akan memberikan tips-tips bagaimana cara agar ban mobil anda lebih awet dan berumur panjang.

Tips agar ban mobil lebih awet, tahan lama dan berumur panjang:

1. Saat mengemudikan mobil jangan terlalu sering melakukan pengereman dan akselerasi secara sepontan atau mendadak.

2. Lakukan pemeriksaan ban mobil secara berkala (satuminggu sekali) dan periksa tekanan angin ban mobil anda, berikan tekanan angin sesuai dengan spesifikasi dan jenis ban yang digunakan. Biasanya tekanan angin ban tertulis dibagian samping ban.

3. Jangan memberikan beban yang berlebihan pada mobil anda, karena menyebabkan tekanan ban pada aspal jadi lebih “menggigit” sehingga bisa memperpendek umur ban. Selain itu, beban yang berlebihan juga akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

4. Periksa secara berkala komponen-komponen yang berhubungan erat dengan ban, contohnya bearing atau hub, sehingga akan terdeteksi sejak dini jika terjadi kerusakan pada komponen tersebut. Karena apabila terjadi kerusakan pada bagian bearing, akan terjadi ke-aus-an yang tidak rata pada bagian telapak ban.

5. Khusus untuk roda depan lakukan pengecekan sporing dan balancing secara berkala, untuk menghindari ke-aus-an ban di salah satu sisinya.

6. Saat mengendara, usahakan memilih jalan yang baik atau rata dan hindari jalan yang berlubang.

7. Dan yang terakhir adalah, jadilah pengemudi yang baik, sopan, tidak ugal-ugalan dan menghargai pengemudi lain saat anda sedang mengemudi di jalan umum dan jangan lupa untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar ban mobil Anda lebih awet dan berumur panjang. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu Anda merawat ban mobil Anda, sehingga momen berkendara Anda menjadi lebih nyaman dan Anda pun selamat sampai di tujuan. Semoga bermanfaat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *