Tindakan Dan Penyebab Lampu Water Sedimeter Mobil Diesel Berkedip

Tindakan Dan Penyebab Lampu Water Sedimeter Mobil Diesel Berkedip - MekanikmitsubishiPenyebab Lampu Water Sedimeter Mobil Diesel Berkedip Atau Menyala Dan Cara Mengatasinya

Mekanikmitsubishi.com – Mobil diesel atau mobil berbahan bakar solar merupakan mobil yang menggunakan jenis diesel pada mesinnya. Mobil diesel belakangan ini banyak diminati oleh masyarakat karena berbagai kelebihannya. Kelebihan yang dimiliki mobil bermesin diesel adalah selain irit bahan bakar, yakni tenaga yang besar dan sangat cocok digunakan pada perjalanan yang jauh.

Mobil diesel sama halnya dengan mobil berbahan bakar bensin. keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan serta masalah pada mesin atau perangkat lain yang ada di dalam mobil tersebut. Sebagian permasalahan/kerusakan tersebut tidak jarang membuat Anda panik sekaligus kesal.

Baca juga : Penyebab mobil diesel tak bertenaga dan tips mengatasinya.

Salah satu masalah yang biasanya sering dihadapi oleh pemilik mobil diesel adalah lampu berkedip pada water sedimeter. Water sedimeter merupakan komponen yang berfungsi untuk memisahkan air yang berada di bahan bakar pada sistem mobil diesel. 

Jika lampu water sedimeter berkedip tentu saja terdapat masalah pada sistem bahan bakar. Jika mengalami hal tersebut, Sebaiknya harus ada pengcekan dan penanganan serius untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau akan terjadi kerusakan yang lebih parah.

Anda tidak usah bingung untuk mengatasi lampu indikator water sendimeter berkedip, karena kami akan menyajikan informasi tentang beberapa langkah dan cara mudah mengatasi lampu berkedip water sedimeter pada mobil diesel Anda. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak informasi dibawah ini.

Arti lampu water sedimeter berkedip pada mobil diesel dan cara menanganinya :

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mobil diesel adalah lampu water sedimeter yang berkedip. Lampu water sedimeter tersebut dapat berkedip ataupun tetap menyala. Penyebab yang membuat water sedimeter tetap menyala adalah terdapat masalah dalam sistem bahan bakar mobil diesel Anda.

Sedangkan yang kedua jika lampu water sedimeter tersebut berkedip itu pertanda bahwa terdapat endapan air pada serervoir saringan filter solar yang telah melebihi batas.

Jika endapan air tersebut melebihi batas maka maka magnet yang terdapat pada pelampung akan menutup reed switch kemudian lampu water sedimeter pada dashboard tersebut akan menyala sebagai peringatan bahwa terdapat air pada water sedimeter.

Untuk menangani lampu water sedimeter yang berkedip pada mobil diesel, Anda dapat melakukan berbagai cara mudah berikut ini :

Baca juga : Ciri-ciri mobil perlu spooring dan balancing serta tips menanganinya.

Memutar Kunci Kontak Ke Posisi OFF

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memutar kunci kontak pada mobil diesel ke posisi off.  Kemudian setelah itu lepaskanlah konektor switch lampu water sedimeter pada filter solar.

Untuk melepaskan konektor tersebut cukup mudah. Anda hanya perlu menekan pengunci konektor yang berada pada tengah-tengah sampai ujungnya bisa masuk ke dalam lubang penguncinya. Kemudian tariklah konektor tersebut.

Putar Kembali Kunci Kontak Selama 3 Detik Pada Posisi ON

Setelah konektor terlepas putarlah kembali kunci kontak selama 3 detik pada posisi on. Cara yang dilakukan diatas sebaiknya Anda lakukan tanpa menyalakan mesin agar aman.

Pasang Kembali Konektor Switch Lampu Sedimeter

Setelah 3 detik, pasanglah kembali konektor switch lampu sedimeter pada filter solar dalam waktu kurang dari 57 detik. Konektor lampu yang terpasang pada mobil diesel harus berbunyi klik agar konektor lampu tersebut terpasang dengan sempurna. Jika Anda melebihi batas waktu tersebut Anda harus mengulangi prosesnya dari awal.

Pastikan Lampu Water Sedimeter Telah Mati

Proses terakhir adalah Anda harus memastikan lampu water sedimeter tersebut mati setelah melalui proses tersebut. Selain itu juga sebaiknya gantilah filter solar secara berkala dan rutin sesuai waktu yang telah dianjurkan buku service dan jangan lupa juga ganti oli secara rutin agar mobil diesel dapat memiliki performa yang baik serta terjaga.

Demikian penjelasan mengenai penyebab lampu indikator water sendimeter berkedip / menyala serta cara mengatasinya dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Cara mengukur tekanan fuel pump mobil ijeksi dengan mudah.

Tanda-tanda ECU mobil mulai rusak dan dampak yang ditimbulkan.

Apa penyebab bertambahnya umur kendaraan membuat boros bahan bakar dan tips pecegahannya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *